TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Bournemouth dari Chelsea sebelum Kepa

Tak semuanya bernasib lebih baik

Kepa Arrizabalaga (x.com/afcbournemouth)

Intinya Sih...

  • Bournemouth meminjam Kepa Arrizabalaga dari Chelsea sebagai pengganti Neto yang pindah ke Arsenal.
  • Sejumlah pemain lain sebelumnya juga didatangkan Bournemouth dari Chelsea dengan tujuan untuk mendapatkan lebih banyak waktu bermain.
  • Nathan Ake dan Asmir Begovic adalah contoh pemain yang sukses berkembang setelah pindah dari Chelsea ke Bournemouth.

Bournemouth kehilangan kiper utama mereka pada 2024/2025. Neto yang harusnya jadi andalan di bawah mistar lebih memilih untuk jadi pinjaman di Arsenal. Beruntung, Bournemouth bisa segera menemukan pengganti yang sepadan. The Cherries meminjam Kepa Arrizabalaga dari Chelsea.

Keputusan Bournemouth meminjam Kepa adalah langkah positif bagi kedua pihak. Bournemouth butuh kiper bermutu, sedangkan Kepa butuh banyak menit bermain. Kiper asal Spanyol itu kemungkinan besar tak akan mendapatkannya di Chelsea. Pasalnya, The Blues lebih memilih mengandalkan Robert Sanchez.

Kepa sendiri bukanlah pemain pertama yang didatangkan Bournemouth dari Chelsea. Ada beberapa nama yang lebih dulu melakukannya pada masa lalu. Sebagian besar pun memiliki tujuan yang sama, yaitu lebih banyak tampil. Inilah lima pemain Bournemouth yang digaet dari Chelsea sebelum Kepa.

1. Warren Cummings tak terpakai di Chelsea lalu melegenda bersama Bournemouth

Warren Cummings (x.com/afcbournemouth)

Beberapa pemain Chelsea memilih hengkang karena tak sekali pun dapat kesempatan tampil. Salah satunya Warren Cummings, bek yang menjadi bagian tim senior Chelsea pada 2000–2003. Namun, Cummings tak pernah bermain dan selalu dipinjamkan ke klub-klub lain. Salah satu klub yang meminjam bek Skotlandia itu adalah Bournemouth.

Bournemouth meminjam Cummings dua kali lalu membelinya secara permanen pada 2003. Bersama The Cherries, Cummings memang hanya berkompetisi di divisi bawah. Namun, ia bisa banyak tampil. Cummings bahkan layak disebut legenda Bournemouth. Ia bertahan hingga 2012 dan mencatat total 277 penampilan di semua ajang.

2. Ryan Bertrand tak banyak kesempatan tampil saat dipinjam Bournemouth dari Chelsea

Ryan Bertrand (x.com/ChelseaFC)

Ryan Bertrand juga pernah didatangkan Bournemouth dari Chelsea. Bertrand adalah bek kiri jebolan akademi Chelsea. Tak lama setelah menembus tim senior The Blues pada 2006, Bertrand dipinjamkan ke Bournemouth. Namun, Bertrand yang saat itu berusia 17 tahun hanya tampil tujuh kali saja bersama The Cherries.

Tak hanya Bournemouth, Bertrand juga sempat dipinjamkan ke beberapa klub lain. Namun, ia terus setia membela Chelsea hingga 2014. Secara total, Bertrand akhirnya mengoleksi 57 penampilan bersama Chelsea. Ia juga turut memenangi tiga trofi, termasuk Liga Champions 2011/2012.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berseragam Chelsea dan Luton Town sebelum Victor Moses

3. Christian Atsu tak terpakai di Chelsea, tetapi juga gagal di Bournemouth

Christian Atsu (chelseafc.com)

Pemain lain yang pernah dipinjam Bournemouth dari Chelsea adalah Christian Atsu. Eks winger asal Ghana itu dipinjamkan oleh The Blues karena tak terpakai. Ia bahkan tak mencatat satu penampilan pun selama berstatus pemain Chelsea pada 2013–2017. Sialnya, nasib Atsu bersama Bournemouth pun tak lebih baik.

Atsu dipinjam The Cherries pada awal 2015/2016. Ia sempat tampil 2 kali pada putaran awal Piala Liga dan menyumbang 1 assist. Namun, Atsu tak pernah diberi kesempatan bermain lagi setelah itu. Peminjaman Atsu pun akhirnya hanya berlangsung setengah musim. Ia dipanggil pulang Chelsea pada Januari 2016.

4. Nathan Ake berkembang jadi bek kelas dunia usai pindah dari Chelsea ke Bournemouth

Nathan Ake (premierleague.com)

Ada pula pemain yang sukses berkembang jadi bintang usai dilepas Chelsea ke Bournemouth. Ia adalah Nathan Ake, bek yang kini menjadi andalan Manchester City. Sebelum namanya mendunia, Ake sempat mengalami periode sulit pada awal kariernya. Ia hanya mencatat 17 penampilan selama membela Chelsea pada 2012–2017.

Beruntung, Ake menemukan klub yang tepat untuk berkembang, yaitu Bournemouth. Bermula sebagai pinjaman, Ake sah menjadi pemain The Cherries pada 2017. Ia terus diandalkan Bournemouth hingga diangkut Manchester City pada 2020. Secara keseluruhan, Ake tampil 121 kali bagi Bournemouth dalam hanya 3,5 musim.

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya