TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Barcelona yang Dipinjam Klub EPL sebelum Ansu Fati

Ada yang dipermanenkan setelah dipinjam

Ansu Fati (fcbarcelona.com)

Ansu Fati dipinjamkan Barcelona kepada Brighton & Hove Albion pada 2023/2024. Dengan kualitasnya, tentu Fati punya kans tampil moncer di English Premier League (EPL). Apalagi, Fati membela Brighton, klub yang telah banyak membantu pemain muda menjadi bintang.

Ansu Fati sendiri bukan pemain Barcelona pertama yang dipinjamkan kepada klub EPL. Ada banyak pendahulunya dengan nasib yang berbeda-beda. Berikut ini lima pemain Barcelona yang dipinjam klub EPL sebelum Ansu Fati.

1. Gerard Deulofeu dipermanenkan Watford setelah dipinjam

Gerard Deulofeu (instagram.com/gerarddeulofeu)

Gerard Deulofeu adalah striker Spanyol jebolan akademi Barcelona. Deulofeu memulai kariernya di Barcelona, tetapi hengkang karena minim menit bermain. Setelah itu, Deulofeu sempat kembali ke Barcelona pada 2017/2018. Namun, lagi-lagi ia jarang mendapat kesempatan tampil.

Deulofeu dipinjamkan Barcelona kepada Watford pada paruh kedua musim 2017/2018. Bersama Watford, ia tampil 7 kali di EPL dan membuat 1 gol. Ternyata, catatan itu sudah cukup membuat Watford mau memermanenkan status Deulofeu pada musim panas 2018.

Usai dipermanenkan, Deulofeu sukses jadi andalan Watford. Ia bersinar pada 2018/2019 dengan catatan 12 gol di semua ajang. Namun, produktivitasnya menurun pada musim berikutnya. Watford pun terdegradasi dari EPL, disusul dengan hengkangnya Deulofeu.

Baca Juga: 5 Pemain Barcelona 2023 yang Direkrut dari Sesama Klub LaLiga

2. Andre Gomes sempat menjadi andalan di lini tengah Everton

Andre Gomes (instagram.com/aftgomes21)

Pada musim berikutnya (2018/2019), Barcelona kembali meminjamkan pemain kepada klub EPL. Ia adalah Andre Gomes, gelandang asal Portugal. Gomes saat itu dipinjam Everton selama semusim. Ternyata, ia sukses jadi andalan di lini tengah hingga akhirnya dipermanenkan The Toffees.

Gomes akhirnya bertahan di Everton hingga 2023/2024 ini. Sejauh ini, ia telah melakoni tepat seratus laga bareng Everton di semua ajang. Sayangnya, Gomes sudah tak lagi jadi andalan. Musim lalu saja ia dipinjamkan ke klub lain. Sedangkan, musim ini, ia belum pernah tampil.

3. Denis Suarez minim penampilan saat dipinjam Arsenal

Denis Suarez (arsenal.com)

Denis Suarez juga dipinjam klub EPL dari Barcelona pada 2018/2019. Gelandang Spanyol itu dipinjam Arsenal, tetapi hanya selama paruh kedua musim tersebut. Suarez dipinjamkan karena kalah bersaing di lini tengah Barcelona hingga jarang tampil.

Sayangnya, peminjaman ke Arsenal tak mengubah nasib Suarez. Ia tampil enam kali saja, bahkan hanya menghabiskan total 95 menit di atas lapangan. Suarez pun tidak dipermanenkan Arsenal. Ia pulang ke Barcelona pada musim panas 2019, lalu dilepas kepada Celta Vigo.

4. Philippe Coutinho bersinar saat dipinjam Aston Villa

Philippe Coutinho (instagram.com/phil.coutinho)

Ada pula Philippe Coutinho, gelandang Brasil yang sempat bersinar di EPL bareng Liverpool. Coutinho kemudian dijual kepada Barcelona pada Januari 2018 dengan harga mahal. Namun, selama berseragam Blaugrana, Coutinho gagal menduplikasi performa hebatnya seperti saat membela Liverpool.

Coutinho pun sempat dipinjamkan Barcelona kepada dua klub. Salah satunya Aston Villa, yang meminjamnya pada paruh kedua 2021/2022. Ternyata, Coutinho sukses memberi kesan positif. Ia pun dipermanenkan Aston Villa setelah musim berakhir.

Sayangnya, setelah resmi jadi milik Aston Villa, Coutinho meredup lagi. Ia hanya mencetak 1 gol dalam 22 penampilan sepanjang 2022/2023. Saat ini, Coutinho sedang dipinjamkan ke klub klub Qatar, Al-Duhail, untuk 2023/2024.

Baca Juga: 6 Pemain Portugal yang Juara LaLiga Spanyol Bareng Barcelona

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya