TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pemain Asia yang Pernah Berseragam AS Roma, Abdulhamid Terbaru

Ada yang memenangi scudetto

Saud Abdulhamid (asroma.com)

AS Roma telah mendatangkan tujuh pemain baru pada bursa transfer musim panas 2024. Salah satunya terbilang tak disangka, yaitu Saud Abdulhamid. Abdulhamid adalah bek kanan Arab Saudi berusia 25 tahun. Ia diboyong AS Roma dari raksasa Saudi Pro League, Al Hilal.

Keputusan AS Roma mendatangkan Abdulhamid terbilang mengejutkan. Giallorossi memang sudah pernah memiliki sejumlah pemain dari Benua Asia. Namun, baru kali ini mereka bakal diperkuat pemain Arab Saudi. Termasuk Abdulhamid, inilah empat pemain Asia yang pernah berseragam AS Roma.

1. Hidetoshi Nakata turut membawa AS Roma meraih scudetto 2000/2001

Hidetoshi Nakata (asroma.com)

Pemain Asia pertama yang pernah memperkuat AS Roma adalah Hidetoshi Nakata. Nakata merupakan eks gelandang Jepang yang menghabiskan hampir seluruh kariernya di Eropa. Ia didatangkan AS Roma dari Perugia pada Januari 2000.

Sejak bergabung, Nakata langsung menjadi andalan di lini tengah AS Roma. Ia tampil 18 kali dalam setengah musim pertamanya, semuanya sebagai starter. Namun, menit bermain Nakata menurun pada 2000/2001. Ia hanya tampil 15 kali di Serie A dan lebih sering menjadi pemain pengganti.

Meski demikian, Nakata tetap berjasa membawa AS Roma menjuarai Serie A 2000/2001. Ia mencetak 2 gol dan 2 assist krusial pada pengujung musim. Sumbangsih Nakata turut mempertahankan posisi Giallorossi di puncak klasemen Serie A. Nakata pun menjadi pemain Asia pertama yang sukses meraih scudetto.

2. Eldor Shomurodov masih membela AS Roma sejak bergabung pada 2021

Eldor Shomurodov (instagram.com/shomurodov.eldor)

Setelah kepergian Nakata pada 2001, AS Roma sempat lama tak memiliki pemain Asia. Giallorossi baru kedatangan pemain Asia lagi 2 dekade kemudian. Eldor Shomurodov digaet AS Roma pada musim panas 2021 usai gemilang bersama Genoa.

Bersama AS Roma, Shomurodov kesulitan menembus tim inti. Striker Uzbekistan itu tampil 40 kali sepanjang 2021/2022, tetapi hanya 8 kali jadi starter. Shomurodov masih mampu menyumbang 5 gol dan 6 assist meski minim menit bermain. Namun, nasibnya tak berubah dalam 2 musim berikutnya.

Shomurodov dipinjamkan ke Spezia pada 2022/2023 lalu ke Cagliari pada 2023/2024. Ia pun baru tampil 49 kali bagi AS Roma dan mencetak 7 gol. Itu termasuk golnya ke gawang Empoli pada pekan kedua Serie A 2024/2025. Namun, Shomurodov tampaknya masih akan tetap menjadi pelapis sepanjang musim ini.

Baca Juga: 6 Pemain yang Mengenakan Nomor 8 AS Roma sebelum Edoardo Bove

3. Sardar Azmoun minim gol saat dipinjam AS Roma pada 2023/2024

Sardar Azmoun (instagram.com/sardar_azmoun)

Pada 2023/2024 lalu, AS Roma juga sempat dibela Sardar Azmoun, striker asal Iran. Namun, Azmoun hanya berstatus pinjaman di AS Roma. Ia dipinjam dari Bayer Leverkusen setelah gagal tampil tajam bagi mereka. Padahal, Azmoun sempat menjadi mesin gol saat masih membela Zenit St Petersburg.

Bersama AS Roma, Azmoun pun ternyata gagal tampil maksimal. Ia hanya mencetak 3 gol dalam 29 penampilan di semua ajang pada 2023/2024. Salah satu sebabnya adalah karena Azmoun jarang diberi kesempatan tampil penuh. Tak heran jika AS Roma akhirnya tak mempermanenkan Azmoun meski punya opsi tersebut.

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya