TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Afrika yang Jadi Top Skor Klub Eropa pada 2023/2024

Ada yang membawa klubnya juara liga

Mohamed Salah (liverpoolfc.com)

Kiprah para pemain Afrika di liga-liga top Eropa kerap menarik perhatian. Pasalnya, banyak pemain Afrika yang mampu bersinar bersama klubnya masing-masing. Mereka mampu memberikan kontribusi maksimal hingga menjadi andalan.

Salah satu bentuk kontribusi terpenting seorang pemain bagi klubnya adalah torehan gol. Soal itu, beberapa pemain Afrika terbukti sebagai jagonya pada 2023/2024. Di antaranya adalah lima pemain berikut yang sukses menjadi top skor klubnya di semua ajang.

1. Mohamed Salah konsisten menjadi pemain tertajam Liverpool sejak 2017/2018

Mohamed Salah (liverpoolfc.com)

Salah satu pemain Afrika terbaik yang saat ini bermain di Eropa adalah Mohamed Salah. Striker asal Mesir itu konsisten tampil apik bersama Liverpool sejak bergabung pada 2017. Performa Liverpool sendiri kadang menurun, seperti yang terjadi pada 2023/2024. Namun, Salah tetap mampu menunaikan tugasnya sebagai pendulang gol utama The Reds.

Sepanjang 2023/2024, Salah membuat 25 gol dan 14 assist dalam 44 laga. Kontribusinya setara dengan lebih dari seperempat total gol Liverpool di semua ajang. Salah pun lagi-lagi mengakhiri musim sebagai pemain tertajam Liverpool. Sejak 2017/2018, ia tak pernah putus menyandang predikat tersebut.

2. Victor Osimhen masih tajam meski Napoli menurun pada 2023/2024

Victor Osimhen (instagram.com/officialsscnapoli)

Penurunan performa pada 2023/2024 juga dialami oleh Napoli. Berstatus juara bertahan Serie A Italia, Napoli gagal mempertahankan gelar. Mereka bahkan hanya finis di peringkat ke-10 klasemen. Namun, beberapa pemain Napoli masih tetap menarik perhatian. Salah satunya tentu sang striker andalan, Victor Osimhen.

Osimhen kembali menjadi top skor Napoli di semua ajang dengan torehan 17 gol. Jumlah itu memang menurun jika dibandingkan dengan koleksinya pada 2022/2023. Namun, striker Nigeria tersebut punya alasan valid. Osimhen sempat melewatkan cukup banyak laga bersama Napoli karena cedera dan dipanggil timnas ke Piala Afrika 2023.

Baca Juga: 8 Penyerang Nigeria Mentas di Serie A Italia 2023/2024, Ada Osimhen!

3. Victor Boniface membawa Bayer Leverkusen menjuarai Bundesliga Jerman dan DFB-Pokal

Victor Boniface (instagram.com/boniface_jrn)

Ada pula pemain Afrika yang tak sekadar jadi top skor klub, tetapi juga meraih gelar juara liga. Ia adalah Victor Boniface, striker kompatriot Osimhen di Timnas Nigeria. Boniface baru bergabung ke Bayer Leverkusen pada musim panas 2023. Namun, musim debutnya di Jerman langsung berbuah manis.

Boniface mencatat sejarah dengan membawa Bayer Leverkusen juara Bundesliga Jerman untuk pertama kali. Selain itu, Leverkusen juga merebut trofi DFB-Pokal 2023/2024. Boniface punya andil luar biasa dalam kedua kesuksesan tersebut. Ia menjadi pemain Leverkusen paling produktif dengan catatan 21 gol dan 10 assist di semua ajang.

4. Serhou Guirassy menciptakan 30 gol bagi VfB Stuttgart di semua ajang

Serhou Guirassy (instagram.com/guirassy19off)

Serhou Guirassy juga bersinar di Bundesliga Jerman pada 2023/2024. Striker asal Guinea itu tampil beringas bersama VfB Stuttgart. Guirassy mencetak 28 gol di Bundesliga 2023/2024, hanya kalah dari Harry Kane. Ia juga membuat 2 gol di ajang DFB-Pokal hingga mengoleksi total 30 gol. Semuanya itu ia hasilkan hanya dalam 30 penampilan.

Ketajaman Guirassy memang tidak membuahkan trofi bagi Stuttgart. Namun, mereka finis sebagai runner-up Bundesliga dan lolos ke Liga Champions Eropa musim depan. Itu akan jadi penampilan perdana Stuttgart di Liga Champions sejak 2010.

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya