TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pelatih Asing yang Menangani Timnas Negara Eropa, Mampu Bersaing?

Sebagian lolos ke Piala Eropa 2024

Roberto Martinez (fifa.com)

Tim nasional sepak bola sebuah negara biasanya ditangani pelatih asal negara tersebut. Khususnya apabila negara tersebut mampu menghasilkan pelatih berkualitas. Hal itu sudah menjadi tradisi di berbagai negara, termasuk negara-negara Eropa.

Meski begitu, tentu selalu ada pengecualian. Beberapa timnas negara Eropa lebih memilih pelatih asing untuk jadi nakhoda mereka. Inilah lima pelatih di antaranya yang saat ini tengah menjabat.

1. Roberto Martinez dipercaya Timnas Portugal setelah tinggalkan Timnas Belgia

Roberto Martinez (twitter.com/selecaoportugal)

Pertama, ada Roberto Martinez, pelatih asal Spanyol yang dipercaya menangani Timnas Portugal. Martinez bukan nama asing di kancah sepak bola internasional. Sebelumnya, ia menjabat sebagai pelatih Timnas Belgia pada 2016–2022.

Martinez sukses membawa Timnas Belgia jadi juara ketiga Piala Dunia 2022. Di bawah kepemimpinannya pula The Red Devils anteng di puncak peringkat FIFA selama hampir 3 tahun. Sayangnya, Martinez gagal mengantarkan generasi emas Timnas Belgia meraih trofi apa pun.

Meski demikian, Martinez tetap dinilai sosok yang tepat untuk membesut Timnas Portugal. Ia menjabat mulai Januari 2023. Sejak itu, Martinez sudah meloloskan Portugal ke Piala Eropa 2024 yang digelar di Jerman. Bahkan, Selecao das Quinas jadi salah satu tim pertama yang lolos.

Baca Juga: Awal Manis Roberto Martinez Bersama Timnas Portugal

2. Domenico Tedesco bakal pimpin Timnas Belgia di Piala Eropa 2024

Domenico Tedesco (rbfa.be)

Pelatih yang ditunjuk menggantikan Roberto Martinez di Timnas Belgia adalah Domenico Tedesco. Ia merupakan pelatih asal Italia yang baru berusia 39 tahun. Ia pernah menangani beberapa klub Eropa. Salah satunya RB Leipzig yang sempat dibawanya juara DFB-Pokal 2021/2022.

Bersama Tedesco, Timnas Belgia sudah melakoni delapan laga. Hasilnya, mereka belum terkalahkan dan sudah lolos ke Piala Eropa 2024. Tedesco sendiri hanya dikontrak hingga selesai Piala Eropa 2024. Namun, tentu kontraknya bisa diperpanjang jika ia mampu membawa Belgia meraih hasil bagus.

3. Ralf Rangnick tegaskan tuah pelatih asing di Timnas Austria

Ralf Rangnick (oefb.at)

Timnas Austria pun sudah meraih tiket ke Piala Eropa 2024. Mereka sukses melakukannya bersama pelatih asal Jerman, Ralf Rangnick. Tuah pelatih asing di Timnas Austria pun makin terbukti. Sebelumnya, mereka juga lolos ke Piala Eropa 2016 dan 2020 di bawah asuhan pelatih asing.

Rangnick sendiri awalnya kesulitan saat baru menangani Timnas Austria. Ia sempat gagal membawa anak asuhnya menang dalam lima laga beruntun. Untungnya, mereka sukses bangkit. Saat ini, Timnas Austria hanya kalah sekali dalam sepuluh laga terakhir di semua ajang.

4. Vincenzo Montella belum lama menjadi pelatih Timnas Turki

Vincenzo Montella (twitter.com/TFF_Org)

Ada pula Vincenzo Montella, pelatih asal Italia yang amat populer saat masih bermain. Sementara, sebagai pelatih, Montella belum banyak berprestasi. Saat ini, ia dipercaya membesut Timnas Turki. Jabatan itu belum lama ia pegang, tepatnya baru sejak September 2023.

Montella baru memimpin Timnas Turki dalam dua laga kualifikasi Piala Eropa 2024. Hasilnya, kedua laga tersebut sukses dimenangi tanpa kebobolan. Turki pun dipastikan lolos ke Piala Eropa 2024. Itu adalah kelolosan ketiga Turki ke Piala Eropa secara beruntun.

Baca Juga: Rangnick Dukung Ten Hag Bikin Revolusi di Manchester United

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya