TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Manajer yang Meloloskan Tottenham ke UCL, Ange Postecoglou Menyusul?

Mauricio Pochettino paling sukses

Ange Postecoglou (twitter.com/SpursOfficial)

Totttenham Hotspur tampil di luar dugaan pada awal musim 2023/2024. The Lilywhites memimpin klasemen sementara English Premier League (EPL) setelah sembilan pekan. Padahal, Tottenham memasuki musim ini dengan sejumlah perubahan drastis.

Salah satunya adalah kedatangan manajer baru, Ange Postecoglou. Tottenham juga kehilangan top skor mereka, Harry Kane, yang hijrah ke Bayern Munich. Maka, siapa sangka Tottenham bisa langsung tancap gas pada awal musim. Postecoglou yang jadi juru taktik pun patut mendapat sanjungan.

Berkat Postecoglou, fans Tottenham kini bisa mulai bermimpi. Mimpi juara EPL masih terbuka atau setidaknya bisa lolos ke UEFA Champions League (UCL) musim depan. Jika berhasil, Postecoglou bakal menyusul tiga manajer yang pernah meloloskan Tottenham Hotspur ke UCL.

Baca Juga: Ange Postecoglou Ciptakan Rekor saat Tottenham Kalahkan Fulham

1. Harry Redknapp membawa Tottenham Hotspur ke UCL 2010/2011

Harry Redknapp (uefa.com)

Pertama, ada Harry Redknapp, manajer yang menangani Tottenham Hotspur pada 2008–2012. Redknapp diserahi jabatan manajer Tottenham saat mereka terpuruk pada awal musim 2008/2009. Di tangannya, The Lilywhites bertransformasi jadi klub pesaing tiket ke zona Eropa.

Redknapp membawa Tottenham finis di empat besar EPL pada musim keduanya pada 2009/2010. Tottenham pun berhak tampil di UCL 2010/2011. Itu adalah penampilan perdana mereka di Liga Champions sejak 1962. Hebatnya, Spurs dibawa Redknapp melaju hingga babak perempat final.

Masih bersama Redknapp, Tottenham kembali finis di peringkat keempat EPL 2011/2012. Namun, saat itu mereka hanya berhak lolos ke Europa League. Pasalnya, satu tiket terakhir ke UCL direbut Chelsea, sang juara UCL 2011/2012 yang finis di luar empat besar EPL.

2. Mauricio Pochettino antar Tottenham raih prestasi terbaik di UCL

Mauricio Pochettino (twitter.com/SpursOfficial)

Mauricio Pochettino pantas disebut manajer Tottenham Hotspur tersukses pada era modern. Pochettino memang tak berhasil mempersembahkan trofi bagi Tottenham. Namun, manajer asal Argentina itu membuat Tottenham jadi klub yang disegani di EPL.

Tottenham bahkan mulai diakui sebagai klub besar EPL pada era Pochettino. Bersama Pochettino, Tottenham tampil di UCL 4 musim beruntun pada 2016–2020. Mereka pun tak sekadar menumpang lewat. Dalam tiga kesempatan, Tottenham berhasil mencapai babak knockout.

Penampilan Tottenham di UCL 2018/2019 jadi catatan sejarah yang luar biasa. Mereka mencapai final usai melewati adangan Borussia Dortmund, Manchester City, dan Ajax Amsterdam. Meski akhirnya gagal juara, itu tetap merupakan prestasi terbaik Tottenham dalam sejarah UCL.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Ange Postecoglou, Juru Taktik Tottenham Hotspur

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya