TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Laga Pertama Everton di EPL 2024/2025, Kembali Terancam Degradasi

Everton baru meraih satu poin

Everton tampil buruk pada awal Premier League 2024/2025. (premierleague.com)

Everton sempat menjadi klub yang disegani di English Premier League (EPL). Selama periode 2004–2021, Everton jarang finis di luar sepuluh besar klasemen. The Toffees bahkan kerap bersaing di papan atas dan beberapa kali lolos ke kompetisi Eropa. Namun, performa Everton di EPL mulai anjlok pada 2021/2022.

Everton sempat terancam degradasi pada musim tersebut. Meski akhirnya mampu bertahan di EPL, kiprah The Toffees kian memburuk. Dalam 3 musim terakhir, fans Everton senantiasa dibayangi ancaman turun kasta. Capaian terbaik mereka di EPL bahkan hanya peringkat 15.

Memasuki 2024/2025, Everton tentu ingin menyudahi masa kelam tersebut. Namun, sejauh ini kenyataan malah berkata sebaliknya. Inilah hasil yang mereka dapat dalam lima laga pertama Premier League musim ini.

1. Everton dibantai Brighton 0-3 di Goodison Park pada pekan pembuka EPL 2024/2025

Everton melawan Brighton di EPL 2024/2025. (premierleague.com)

Everton sudah menuai hasil buruk di EPL 2024/2025 sejak pekan pertama. Menjamu Brighton & Hove Albion, anak asuh Sean Dyche terbantai 0-3. Everton sebenarnya tampil agresif pada awal laga. Mereka bahkan sempat mencetak gol, tetapi dianulir karena offside.

Brighton pun memanfaatkan keadaan untuk unggul lebih dulu. Kaoru Mitoma mencetak gol via serangan balik cepat pada menit ke-25. Brighton pun mendapat momentum untuk balas menekan. The Seagulls mulai mendominasi dan lebih terlihat seperti pemilik Goodison Park dibanding Everton.

Gol Danny Welbeck pada babak kedua membuat Everton makin tertinggal. The Toffees lalu harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Ashley Young dikartu merah. Satu gol Simon Adingra jelang akhir laga melengkapi nestapa Everton. Kekalahan 0-3 menjadi hasil terburuk yang diraih Everton pada pekan pertama EPL sejak 2009.

2. Bertandang ke markas Tottenham Hotspur, Everton juga digilas empat gol tanpa balas

Everton melawan Tottenham Hotspur di EPL 2024/2025. (premierleague.com)

Everton kembali dikuliti lawannya pada pekan kedua Premier League 2024/2025. Kali itu, giliran Tottenham Hotspur yang menjadikan mereka lumbung gol. Bermain di markas Tottenham, Everton tak bisa berbuat banyak. The Toffees kalah di segala segi dan harus takluk 0-4.

Son Heung Min menjadi bintang Tottenham dengan dua golnya. Ada pula torehan Yves Bissouma dan Cristian Romero yang merobek jala Everton. Tim tamu sendiri nyaris tak menciptakan peluang. Mereka bahkan hanya membuat satu sepakan ke gawang dalam 90 menit.

Baca Juga: 4 Pemain Everton dengan Koleksi Gol Terbanyak di Premier League

3. Comeback dramatis Bournemouth batalkan kemenangan Everton pada pekan ketiga

Everton melawan Bournemouth di EPL 2024/2025. (premierleague.com)

Pada pekan ketiga, Everton akhirnya menunjukkan tanda perbaikan. The Toffees yang menjamu Bournemouth tampil lebih baik, khususnya dalam menyerang. Everton pun sukses mencetak gol pertama musim ini via Michael Keane pada menit ke-50. Tak lama kemudian, Dominic Calvert-Lewin mempertebal keunggulan tuan rumah.

Skor 2-0 bertahan hingga menit-menit akhir. Everton pun berada di ambang kemenangan perdana mereka pada 2024/2025. Sialnya, mereka gagal menunaikan tugas. Bournemouth membuat keajaiban dengan mencetak tiga gol balasan pada pengujung laga.

Gol Antoine Semenyo mengawali comeback gemilang Bournemouth pada menit ke-87. Lewis Cook dan Luis Sinisterra lalu menjebol gawang Everton pada injury time. Everton pun melewatkan peluang untuk mendapat poin pertama mereka musim ini.

4. Everton kembali gagal mempertahankan keunggulan dua gol saat melawan Aston Villa

Everton melawan Aston Villa di EPL 2024/2025. (premierleague.com)

Seolah tak belajar dari kesalahan, Everton kembali terkena comeback pada laga EPL berikutnya. Bahkan, prosesnya pun serupa. Everton yang bertamu ke markas Aston Villa sukses mencetak dua gol lebih dulu. Dwight McNeil dan Dominic Calvert-Lewin membawa The Toffees unggul dalam 30 menit pertama.

Sayangnya, Everton lagi-lagi kebobolan tiga gol balasan. Mereka tak mampu menahan gempuran Aston Villa yang bermain amat agresif. Dua gol penyama kedudukan dicetak Aston Villa melalui Ollie Watkins. Jhon Duran lalu memastikan kemenangan The Villans melalui gol indah pada menit ke-76.

5. Everton meraih poin pertama di EPL 2024/2025 usai mengimbangi Leicester City

Everton melawan Leicester City di EPL 2024/2025. (instagram.com/everton)

Everton akhirnya meraih poin di EPL 2024/2025 pada pekan kelima. Mereka mencuri satu poin berkat hasil imbang 1-1 di markas tim promosi, Leicester City. Seperti dua laga sebelumnya, Everton sempat unggul lebih dulu. Iliman Ndiaye membobol gawang Leicester City pada menit ke-12.

Sempat mempertahankan keunggulan hingga babak kedua, Everton kembali kecolongan. Stephy Mavididi memanfaatkan kemelut di depan gawang Everton untuk mencetak gol. Meski belum menang, setidaknya Everton berhasil meraih poin pertama. Mereka juga naik dari posisi terbawah klasemen ke peringkat 19.

Everton senantiasa berkutat di zona degradasi Premier League dalam 3 musim terakhir. Nasib serupa juga sedang mereka alami pada awal 2024/2025. Apakah Everton akan selamat lagi atau akhirnya terdegradasi?

Baca Juga: 3 Rekrutan Baru Everton dari Ligue 1 pada Musim Panas 2024

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya