TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Transfer dari EPL ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

Sejumlah bintang hengkang ke liga ini

Joao Cancelo (instagram.com/alhilal)

Selama bursa transfer musim panas 2024, Saudi Pro League sangat aktif dalam berita. Klub-klub kasta tertinggi sepak bola Arab Saudi ini masih ramai mendatangkan pemain dari klub yang bermain di liga top Eropa. Salah satunya ialah English Premier League (EPL).

Pada bursa transfer kali ini, sebanyak enam pemain pindah dari EPL ke Saudi Pro League. Tak hanya pemain medioker, beberapa di antaranya justru merupakan pemain besar berstatus bintang. Siapa sajakah pemain yang dimaksud?

1. Ivan Toney pindah ke Al Ahli dengan gaji yang naik 20 kali lipat

Ivan Toney (instagram.com/ivantoney1)

Ivan Toney akhirnya berpisah dengan Brentford, klub yang sudah dibelanya selama 4 tahun. Penyerang berkebangsaan Inggris ini pindah ke Al Ahli dengan banderol 40 juta euro (Rp683 miliar). Saat pindah ke Al Ahli, ia ditawari dengan gaji yang fantastis, yakni sebesar 400 ribu euro (Rp6,83 miliar) per minggu. Angka tersebut naik 20 kali lipat dibandingkan gajinya dulu di Brentford. Hal inilah yang berhasil menarik Toney untuk pindah ke Al Ahli.

2. Marek Rodak mendapatkan tempat utama di Al Ettifaq

Marek Rodak (instagram.com/rody.1)

Marek Rodak tak mendapatkan tempat utama setelah kedatangan Bernd Leno di Fulham. Pada akhirnya, ia pun hengkang pada musim panas 2024. Ia pindah ke Al Ettifaq dengan status bebas transfer. Kiper berkebangsaan Slovakia ini langsung dipilih sebagai kiper utama klub yang dilatih Steven Gerrard tersebut.

3. Joao Cancelo pindah ke Al Hilal karena sudah tak dibutuhkan Pep Guardiola

Joao Cancelo (instagram.com/alhilal)

Joao Cancelo tampaknya sudah tak dibutuhkan lagi oleh Pep Guardiola di Manchester City. Hal tersebut terbukti ketika ia selalu dipinjamkan ke klub lain selama 1,5 musim terakhir. Pada bursa transfer musim panas 2024, tawaran pun datang dari Al Hilal. Manchester City pun langsung melepasnya dengan banderol 25 juta euro (Rp427 miliar). Kedatangan bek kanan berkebangsaan Portugal ini semakin memperkuat materi pemain bintang dari klub ini.

Baca Juga: 4 Eks Manchester City yang Merumput di Asia, João Cancelo Terbaru

4. Moussa Diaby (Al Ittihad) jadi yang termahal pada bursa transfer kali ini

Moussa Diaby (spl.com.sa)

Gelar pemain termahal yang pindah ke klub Saudi Pro League pada bursa transfer musim panas 2024 jatuh kepada Moussa Diaby. Winger berkebangsaan Prancis itu dibeli Al Ittihad dengan biaya 60 juta euro (Rp1,031 triliun) dari Aston Villa. Kepindahannya ini diproyeksikan untuk menggantikan posisi Jota yang pindah ke Stade Rennes.

5. Angelo Gabriel diboyong Al Nassr

Angelo Gabriel (chelseafc.com)

Angelo Gabriel telah semusim jadi bagian dari Chelsea. Namun, selama 2023/2024, ia dipinjamkan ke RC Strasbourg yang membuatnya tak memiliki satu pun penampilan bersama Chelsea. Apalagi, ia telah pindah ke Al Nassr pada musim panas 2024. Winger muda asal Brasil ini cukup potensial untuk menjadi proyek jangka panjang bagi Al Nassr. Untuk saat ini, ia bisa melengkapi trio lini serang yang sebelumnya telah diisi Cristiano Ronaldo dan Sadio Mane,

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya