TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sosok yang Raih Penghargaan Individu Bergengsi EuroLeague 2023/2024

Pembagian cukup merata

Mike James (euroleaguebasketball.net)

Intinya Sih...

  • Panathinaikos juara EuroLeague 2023/2024 setelah mengalahkan Real Madrid di final Berlin.
  • Gabriele Procida dari Alba Berlin meraih penghargaan EuroLeague Rising Star sebagai pemain muda terbaik.
  • Thomas Walkup terpilih sebagai EuroLeague Best Defender, sementara Mike James menjadi EuroLeague MVP.

EuroLeague 2023/2024 resmi berakhir dengan menahbiskan Panathinaikos sebagai juara. Meski sempat diragukan pada musim reguler, Panathinaikos asuhan Ergin Ataman mampu memperbaiki performa pada akhir musim. Setelah itu, Panathinakos tampil menggila pada babak playoff.

Pada laga final yang digelar di Berlin, Jerman, Panathinaikos pun menang dengan skor 95-85 atas Real Madrid. Dengan juaranya Panathinaikos, maka berakhir sudah EuroLeague 2023/2024. Hasil tersebut membuat Panathinaikos meraih gelar juara EuroLeague ketujuh dalam sejarah mereka.

Pada musim ini, beberapa sosok patut berbangga karena prestasinya. Sebab, penghargaan bergengsi berhasil didapatkan mereka. Dari lima penghargaan individu yang tersedia di EuroLeague 2023/2024, siapa sajakah pemenangnya?

1. Gabriele Procida jadi orang Italia ketiga yang meraih EuroLeague Rising Star

Gabriele Procida (euroleaguebasketball.net)

Gabriele Procida tampil cemerlang di tengah kiprah buruk timnya, Alba Berlin. Meski tak selaras dengan timnya, Procida akhirnya sukses meraih penghargaan EuroLeague Rising Star. Penghargaan tersebut merupakan gelar yang diberikan untuk pemain muda terbaik EuroLeague dalam semusim.

Kehebatan yang ditunjukkan Procida membuat para saingannya gigit jari. Sebut saja James Nnaji, Hugo Gonzalez, Matteo Spagnolo, dan Tristan Vukcevic. Keberhasilan Procida ini juga sedikit mencatatkan sejarah. Sebab, Procida resmi menjadi pebasket Italia ketiga yang meraih gelar EuroLeague Rising Star, setelah Andrea Bargnani (2006) dan Danilo Gallinari (2009).

2. EuroLeague Best Defender jadi penghargaan individu pertama Thomas Walkup di EuroLeague

Thomas Walkup (olympiacosbc.gr)

Thomas Walkup mulai berkarier di EuroLeague sejak 2018. Ia tampil cemerlang sebagai salah satu defender yang terkenal jago dalam hal steal. Hal tersebut juga berlaku saat ia membela Olympiacos pada 2023/2024.

Dengan permainan apiknya sebagai pemain bertahan, Walkup pun berhasil terpilih sebagai EuroLeague Best Defender 2023/2024. Ini merupakan gelar individu pertama bagi Walkup selama berkarier di Eropa. Dalam persaingan meraih EuroLeague Best Defender, point guard kelahiran Amerika Serikat ini berhasil menyingkirkan Vincent Poirier, Edmond Sumner, Serge Ibaka, dan Semi Ojeleye.

Baca Juga: 4 Pemain yang Debut di All-EuroLeague Team pada 2023/2024

3. Penampilan apik Mike James mengantarnya meraih EuroLeague MVP

Mike James (euroleaguebasketball.net)

Mike James terpilih sebagai EuroLeague MVP 2023/2024. Point guard asal Amerika Serikat tersebut memang sangat layak meraih penghargaan ini. Sebab, ia tampil sangat hebat dengan menorehkan rata-rata 17,9 poin, 5,1 assist, dan 4,1 rebound dengan permainan yang amat efektif musim ini.

Dalam persaingannya, James mengalahkan sejumlah nama besar. Mereka adalah Matthias Lessort, Facundo Campazzo, dan Wade Baldwin IV. Selain jadi EuroLeague MVP, pemain AS Monaco ini juga sukses masuk ke dalam EuroLeague First Team.

4. Kostas Sloukas jadi pahlawan Panathinaikos dan memenangkan EuroLeague Final Four MVP

Kostas Sloukas (euroleaguebasketball.net)

Kostas Sloukas sangat pantas meraih gelar Final Four MVP di EuroLeague 2023/2024. Pemain asal Yunani ini tampil mentereng pada babak playoff bersama Panathinaikos. Kerja kerasnya juga berhasil membawa timnya meraih gelar juara EuroLeague 2023/2024.

Sloukas sendiri pernah empat kali menjadi pemenang EuroLeague. Namun, Sloukas baru memenangkan penghargaan EuroLeague Final Four MVP pada musim ini saja. Keberhasilan ini benar-benar sangat membanggakan bagi Sloukas.

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya