TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Rekrutan Terakhir Borussia Dortmund dari Klub Inggris

Ada dua pemain baru

Pascal Gross (dfb.de)

Intinya Sih...

  • Borussia Dortmund resmi mendatangkan Yan Couto dari Manchester City dan Pascal Gross dari Brighton & Hove Albion.
  • Borussia Dortmund memiliki rekam jejak sukses dengan rekrutan dari klub Inggris, seperti Michy Batshuayi, Jude Bellingham, dan Ian Maatsen.
  • Pascal Gross kembali ke Jerman setelah 7 tahun bersama Brighton & Hove Albion, sedangkan Yan Couto dibeli seharga 25 juta euro.

Borussia Dortmund resmi mendatangkan dua pemain baru dari klub Inggris pada Selasa (30/7/2024). Dua pemain tersebut ialah Yan Couto dari Manchester City dan Pascal Gross dari Brighton & Hove Albion. Kabar tersebut datang dari jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano, melalui postingan di akun Instagramnya, Rabu (31/7/2024).

Borussia Dortmund sendiri memang cukup sering mendatangkan pemain dari klub Inggris. Kebanyakan dari mereka berhasil menunjukkan performa yang diinginkan. Termasuk Yan Couto dan Pascal Gross, inilah enam rekrutan terakhir Borussia Dortmund dari klub Inggris.

1. Michy Batshuayi mampu bersinar meski singkat membela Borussia Dortmund

Michy Batshuayi (bvb.de)

Mungkin banyak yang lupa jika Michy Batshuayi pernah berseragam Borussia Dortmund. Hal ini cukup wajar mengingat penyerang asal Belgia itu hanya bertahan selama setengah musim, tepatnya pada paruh kedua 2017/2018. Kala itu, ia datang sebagai pemain pinjaman dari Chelsea. Meski singkat, ia sukses bersinar bersama Borussia Dortmund. Ia mencatat 9 gol dan 1 assist dari 14 laga.

2. Jude Bellingham jadi bintang di Borussia Dortmund

Jude Bellingham (bvb.de)

Jude Bellingham didatangkan dengan harga yang cukup mahal dari Birmingham City pada musim panas 2020. Kala itu, ia didatangkan pada usia 19 tahun. Hal itu sebetulnya menjadi sebuah perjudian bagi Borussia Dortmund. Beruntung bagi mereka karena Bellingham berhasil bersinar dan menjadi bintang selama berada di Jerman. Ia sukses mencetak 24 gol serta 35 assist dari 132 laga dan akhirnya dijual ke Real Madrid dengan harga yang tiga kali lebih mahal.

3. Jadon Sancho dipinjamkan ke Borussia Dortmund untuk mengembalikan performa

Jadon Sancho (bvb.de)

Jadon Sancho pernah sukses bersama Borussia Dortmund pada 2017--2021. Pemain asal Inggris ini pun pindah ke Manchester United pada musim panas 2021. Akan tetapi, ia gagal bersinar bersama The Red Devils. Pada paruh kedua musim 2023/2024, Borussia Dortmund memiliki inisiatif untuk mengembalikan performa Sancho dengan meminjamnya dari Manchester United selama setengah musim. Sayangnya, pemain yang berposisi sebagai winger ini tak begitu mentereng dan hanya mampu mencatat 3 gol dan 1 assist dari 21 laga.

Baca Juga: 3 Eks Borussia Dortmund yang Masih Berstatus Tanpa Klub

4. Ian Maatsen mampu menarik perhatian

Ian Maatsen (bvb.de)

Ian Maatsen juga dipinjam Borussia Dortmund pada paruh kedua musim 2023/2024 selama setengah musim. Pemain asal Belanda ini dipinjam dari Chelsea. Selama berseragam Borussia Dortmund, ia tampil ciamik dan mampu menarik perhatian. Total ada 23 laga yang dijalaninya dengan sumbangsih 3 gol dan 2 assist sebagai bek kiri.

5. Pascal Gross memilih pulang ke Jerman

Pascal Gross (premierleague.com)

Setelah 7 tahun bermain dengan Brighton & Hove Albion di Premier League, Pascal Gross memilih untuk pulang ke Jerman pada musim panas 2024. Pemain serbabisa ini memilih untuk bergabung dengan Borussia Dortmund. Untuk mendapatkan Gross, Borussia Dortmund perlu membayar 7 juta euro (Rp123 miliar). Uang tersebut sebetulnya cukup besar bagi seorang gelandang yang telah berusia 33 tahun. Namun, jika melihat kemampuannya yang masih prima, hal tersebut masih dinilai wajar.

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya