TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Prancis Paling Menonjol di Euro 2024

Bersinar di tengah kekecewaan #EURO2024

Kylian Mbappe (twitter.com/euro2024)

Intinya Sih...

  • Performa Prancis di Euro 2024 dinilai buruk dan membosankan
  • Mike Maignan layak menggantikan Hugo Lloris sebagai kiper utama Prancis dengan catatan 16 penyelamatan, 6 pukulan, 3 high claim, dan 8 clearence selama turnamen
  • Jules Kounde dinobatkan sebagai bek terbaik Prancis dengan rata-rata 3,2 clearence, 0,3 intersep, 3 tekel, 3 ball recovered, dan 60 persen kemenangan duel dalam 6 pertandingan

Meski mampu mencapai semifinal, performa Prancis di Euro 2024 jauh dari kata memuaskan. Juara Piala Dunia 2018 ini disebut-sebut membosankan dengan permainan yang sulit berkembang. Bahkan, Prancis kalah atraktif dari beberapa tim kuda hitam, seperti Rumania, Swiss, dan Austria.

Di tengah buruknya performa Prancis di Euro 2024, ada lima pemain yang sebetulnya layak mendapatkan apresiasi. Kelima pemain tersebut dinilai tampil paling menonjol dibandingkan 26 pemain yang ada. Untuk mengetahui lima pemain yang dimaksud, yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Mike Maignan tak tergantikan di bawah mistar

Mike Maignan (twitter.com/mmseize)

Mike Maignan membuktikan jika dirinya layak menggantikan Hugo Lloris sebagai kiper utama Prancis. Kiper AC Milan ini tak pernah tergantikan selama enam laga yang dijalani Les Bleus. Itu artinya, Maignan bermain selama 570 menit, termasuk 30 menit extra time kala menghadapi Portugal pada babak delapan besar.

Maignan sendiri tampil cukup hebat di bawah mistar Prancis. Ia mencatat 16 penyelamatan, 6 pukulan, 3 high claim, dan 8 clearence selama Euro 2024. Hal tersebut menjadi bukti dari kerja kerasnya mengawal gawang Prancis.

2. Jules Kounde menjalankan tugas dengan baik sebagai bek kanan

Jules Kounde (fifa.com)

Penghargaan bek terbaik Prancis selama Euro 2024 pantas jatuh kepada Jules Kounde. Bek Barcelona ini sebetulnya berposisi sebagai bek tengah. Namun, ia sukses menjalankan tugas sebagai bek kanan saat Prancis membutuhkannya.

Didier Deschamps amat menyukai permainan Kounde yang serba bisa dan disiplin ini. Oleh karena itu, Kounde tak pernah tergantikan semenit pun. Kounde sendiri mencatat rata-rata 3,2 clearence, 0,3 intersep, 3 tekel, 3 ball recovered, dan 60 persen kemenangan duel dalam 6 pertandingan. Kounde juga pernah mendapat penghargaan Man of the Match pada babak 16 besar kontra Belgia.

Baca Juga: Kiprah Timnas Prancis di 5 Edisi Euro Terakhir

3. N'Golo Kante membuktikan dirinya belum habis

N'Golo Kante (twitter.com/euro2024)

Sempat absen di Piala Dunia 2022, N'Golo Kante kembali ke Timnas Prancis untuk Euro 2024. Kehadiran Kante awalnya diragukan karena dinilai sudah habis. Namun, ia membuktikan dirinya masih bisa tampil dengan bekerja keras selama Euro 2024.

Dari 6 laga yang dijalani bersama Timnas Prancis di Euro 2024, Kante sukses meraih 2 penghargaan Man of the Match. Ia dinilai mampu menjadi penyeimbang sekaligus penjegal aliran bola lawan. Meski tak mencetak gol maupun assist, Kante layak masuk daftar ini.

4. Kylian Mbappe tetap jadi yang paling menonjol

Kylian Mbappe (twitter.com/euro2024)

Kylian Mbappe memang tampil di luar ekspektasi. Mbappe yang awalnya dinilai bisa menjadi penggebrak Prancis justru minim kontribusi, terutama pada fase grup. Namun, hingga akhirnya gugur pada semifinal, Mbappe justru tetap menonjol dibandingkan rekan setimnya yang lain.

Secara statistik, Mbappe menyumbang 1 gol dan 2 assist selama Euro 2024. Catatan tersebut lebih produktif ketimbang 25 nama lain di skuad Prancis. Mbappe benar-benar menjaga namanya sebagai pemain bintang.

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya