TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pemain Kelahiran Basque yang Membela Spanyol di Euro 2024

Hanya Unai Simon yang jadi pilihan utama #EURO2024

Unai Simon (instagram.com/sefutbol)

Intinya Sih...

  • Basque memberikan kontribusi besar dalam sepak bola Spanyol
  • Mikel Oyarzabal, Martin Zubimendi, Dani Vivian, dan Unai Simon lahir di Basque dan bermain untuk Timnas Spanyol di Euro 2024
  • Mereka memiliki peran yang berbeda-beda di timnas Spanyol, dari pemain pelapis hingga kiper utama

Tak jauh berbeda dengan Catalan, Basque juga memiliki citra sebagai sebuah wilayah separatis di Spanyol. Meski begitu, Basque telah memberikan banyak kontribusi untuk Spanyol, terutama dalam hal sepak bola. Faktanya, Basque menjadi salah satu wilayah yang cukup maju dalam sepak bola.

Banyak pemain ternama yang lahir di Basque dan membela Timnas Spanyol. Empat di antaranya sedang berjuang membawa nama Spanyol di Euro 2024. Kira-kira seperti apa kiprah keempat nama tersebut di Euro 2024?

1. Mikel Oyarzabal berperan sebagai pemain pelengkap

Mikel Oyarzabal (instagram.com/mikel10oyar)

Nama yang pertama ialah Mikel Oyarzabal, kapten Real Sociedad yang lahir di Eibar, Basque. Pemain yang berposisi winger ini besar di Basque dan mencatatkan kariernya di wilayah ini. Ia pernah menimba ilmu di tim akademi Eibar sebelum pindah dan menjadi ikon Real Sociedad.

Permainan apiknya itu membawa Oyarzabal menjadi salah satu pemain langganan di Timnas Spanyol. Pada Euro 2024, Oyarzabal berperan sebagai pemain pelapis. Meski baru masuk pada pertengahan laga, ia tak pernah absen pada setiap laga yang dijalani La Furia Roja hingga sampai final.

Baca Juga: 6 Pemain Kelahiran London yang Bawa Inggris ke Final Euro 2024

2. Martin Zubimendi tertutup oleh kegemilangan Rodri

Martin Zubimendi (instagram.com/martin_zubimendi)

Rekan setim Mikel Oyarzabal di Real Sociedad, Martin Zubimendi, juga lahir di wilayah Basque. Ia lahir di San Sebastian, kota yang menjadi markas dari Real Sociedad. Tak heran jika ia sangat lekat dengan klub berjuluk Txuri-Urdin itu.

Zubimendi dipanggil Luis De la Fuente ke skuad Spanyol untuk memperkuat posisi gelandang bertahan. Namun, posisinya selalu diisi oleh Rodri yang memang menunjukkan penampilan gemilang. Oleh karena itu, Zubimendi baru mencatat 95 menit dari 3 laga sejauh ini.

3. Dani Vivian baru dua kali tampil

Dani Vivian (instagram.com/danivivian5)

Dani Vivian lahir di Vitoria-Gasteiz, kota yang menjadi ibu kota dari wilayah Basque. Saat masih muda, Vivian pernah menimba ilmu di beberapa tim akademi di wilayah tersebut. Sebut saja tim akademi San Viator, Deportivo Alaves, Lakua, Ariznabarra, Santutxu, dan Basconia. Saat memasuki usia senior, Vivian berhasil tampil hebat bersama Athletic Bilbao.

Oleh karena itu, Vivian dibawa Spanyol untuk berlaga di Euro 2024. Sejauh ini, Vivian baru tampil sebanyak dua kali. Ia hanya menjadi pelapis dari posisi bek tengah yang biasanya diisi oleh Robin Le Normand, Aymeric Laporte, ataupun Nacho Fernandez.

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya