TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Brasil Terakhir di Borussia Dortmund sebelum Yan Couto

Ada Reinier Jesus

Yan Couto (bvb.de)

Intinya Sih...

  • Borussia Dortmund mendatangkan 13 pemain asal Brasil hingga Agustus 2024, termasuk Yan Couto dari Manchester City.
  • Pemain Brasil sebelumnya seperti Tinga, Dede, Antonio Da Silva, dan Felipe Santana memiliki kiprah beragam di klub ini.
  • Reinier Jesus, yang dipinjam dari Real Madrid, gagal bersinar dengan hanya mencetak 1 gol dan 1 assist dari 39 laga.

Borussia Dortmund sangat gemar mendatangkan pemain berkebangsaan Brasil. Negara yang terletak di wilayah Amerika Selatan itu menjadi negara yang paling banyak memasok pemain asing ke Die Borussen. Hingga awal Agustus 2024, telah ada 13 pemain asal Brasil yang pernah bergabung dengan klub ini.

Baru-baru ini, Borussia Dortmund mendatangkan pemain asal Brasil. Dia adalah Yan Couto yang diboyong dari Manchester City. Pemain berposisi bek kanan ini dipercaya akan menjadi kekuatan baru Die Borussen.

Namun, ia perlu waspada karena tak semua pemain Brasil yang bermain untuk Borussia Dortmund mampu bersinar. Hal tersebut bisa dilihat dari kiprah lima pemain Brasil terakhir sebelum dirinya yang membela klub ini.

Siapa sajakah pemain Brasil terakhir di Borussia Dortmund sebelum Yan Couto?

1. Tinga tampil sangat baik bersama Borussia Dortmund

Tinga (twitter.com/BlackYellow)

Paulo Cesar Fonseca do Nascimento atau yang dikenal dengan nama Tinga merupakan pemain Borussia Dortmund pada 2006--2010. Pemain berposisi gelandang tengah ini didatangkan dari klub Brasil, Internacional. Saat hengkang dari Borussia Dortmund, ia juga pulang ke Internacional.

Saat membela Borussia Dortmund, Tinga sendiri menjadi salah satu pemain penting. Ia tampil dalam banyak laga dengan menit bermain yang cukup memuaskan. Ada total 113 penampilan dengan sumbangan 13 gol dan 14 assist yang dicetaknya selama 4 tahun berseragam Borussia Dortmund.

2. Dede dikenang sebagai legenda Borussia Dortmund

Dede (twitter.com/BVB)

Leonardo de Deus Santos atau Dede layak disebut sebagai legenda Borussia Dortmund. Pemain asal Brasil ini pertama kali bergabung dengan Borussia Dortmund pada musim panas 1998. Ia bertahan selama 13 tahun sebelum akhirnya pindah ke Eskisehirspor pada musim panas 2011.

Dede menjalani banyak peran di Borussia Dortmund. Ia pernah dipasang sebagai bek tengah, bek kiri, bek kanan, gelandang bertahan, gelandang tengah, sayap kiri, hingga penyerang kiri. Meski begitu, ia lebih sering menjalani peran sebagai bek kiri. Selama berseragam Borussia Dortmund, ia mencatat 13 gol dan 55 assist dari 398 laga.

Baca Juga: 4 Pemain VfB Stuttgart Terakhir yang Pindah ke Borussia Dortmund

3. Antonio da Silva hanya diandalkan pada musim pertama

Antonio Da Silva (dfb.de)

Antonio Da Silva didatangkan dari FC Basel pada musim panas 2010. Pada musim pertamanya, ia dipercaya sebagai gelandang serang utama Borussia Dortmund. Namun, penampilannya kurang mengesankan.

Alhasil, Silva kehilangan posisinya pada 2011/2012. Meski begitu, ia masih mampu menjadi pelapis Shinji Kagawa dan Mario Goetze. Setelah sulit mendapatkan tempat, ia hengkang pada musim panas 2012. Silva hanya mencatat 33 laga dengan catatan 1 gol dan 3 assist.

4. Felipe Santana mengabdi selama 5 tahun kepada Borussia Dortmund

Felipe Santana (twitter.com/bvb)

Felipe Santana datang ke Borussia Dortmund pada musim panas 2008. Selama berseragam Die Borussen, pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini memiliki kiprah yang beragam. Ia sukses menjadi andalan dalam beberapa musim dan hanya menjadi pelapis pada beberapa musim lainnya.

Santana sendiri mencatat 113 penampilan dengan sumbangan 8 gol dan 1 assist. Pada 2013, Santana menyebrang ke Schalke 04 yang notabene merupakan rival terbesar dari Borussia Dortmund. Dengan hal tersebut, 5 tahun pengabdian Santana di Borussia Dortmund berakhir.

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya