TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pengguna Nomor 10 sebelum Julian Brandt di Borussia Dortmund

Nomor punggung keramat

Julian Brandt (bvb.de)

Dengan hengkangnya Marco Reus, Julian Brandt akan menjadi pemain dengan masa bakti terlama di skuad Borussia Dortmund 2024/2025. Untuk menyambut musim baru, pemain berkebangsaan Jerman itu memutuskan untuk mengganti nomor punggung. Setelah 5 tahun mengenakan nomor punggung 19, kini ia memilih memakai nomor 10.

Nomor tersebut bisa disebut sebagai nomor keramat di sepak bola. Pasalnya, banyak pentolan tim mengenakan nomor punggung tersebut. Hal tersebut juga berlaku di Borussia Dortmund, yakni nomor punggung 10 sering dipakai oleh pemain ternama.

Sebelum Brandt terdapat beberapa pemain besar yang pernah menggunakan nomor 10 saat berseragam Die Borussen. Siapa saja? Berikut inilah ulasan mengenai lima pemain terakhir yang mengenakan nomor punggung tersebut.

1. Mohamed Zidan hanya bersinar pada 2 musim awal

Mohamed Zidan (twitter.com/BVB)

Nama yang pertama ialah Mohamed Zidan. Penyerang asal Mesir ini datang ke Borussia Dortmund pada musim panas 2008 dari Hamburg SV. Ia memakai nomor punggung 10 selama 3,5 tahun berseragam Borussia Dortmund.

Namun, ia hanya tampil apik pada 2 musim pertamanya (2008--2010) saja. Sedangkan, pada 1,5 musim terakhirnya (2010--2012), ia justru tampil melempem. Secara keseluruhan, ia hanya mencatat 73 penampilan dengan torehan 15 gol dan 10 assist.

2. Mario Goetze memiliki dua masa berbeda di Borussia Dortmund

Mario Goetze (bvb.de)

Mario Goetze memang cukup lekat dengan nomor punggung 10 di Borussia Dortmund. Hal ini cukup wajar mengingat ia pernah jadi bintang bagi timnya. Pemain asal Jerman ini memiliki dua masa berbeda membela Die Borussen.

Momen pertama terjadi pada 2009--2013. Sedangkan, momen keduanya terjadi pada 2016--2020. Dalam kurun waktu tersebut, ia mencatat 45 gol dan 61 assist dari 219 laga sebagai seorang gelandang serang.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil Terakhir di Borussia Dortmund sebelum Yan Couto

3. Henrikh Mkhitaryan tampil sangat produktif sebagai gelandang serbabisa

Henrikh Mkhitaryan (twitter.com/BVB)

Saat Mario Goetze berseragam Bayern Munich, nomor punggung 10 di Borussia Dortmund digunakan oleh Henrikh Mkhitaryan. Pemain asal Armenia itu mengenakan nomor punggung tersebut selama 3 tahun. Momen tersebut terjadi pada 2013--2016.

Selama berseragam The Yellow Black, ia tampil sangat hebat sebagai seorang gelandang yang serbabisa. Ia sangat produktif baik dalam hal gol maupun assist. Torehan 41 gol dan 49 assist dari 140 laga menjadi buktinya.

4. Thorgan Hazard menghabiskan 3,5 musim berseragam The Yellow Black

Thorgan Hazard (twitter.com/BlackYellow)

Thorgan Hazard pernah mengenakan nomor punggung 23 dan 10 ketika berseragam Borussia Dortmund. Ia mengenakan nomor 23 selama 1 musim (2019/2020), sedangkan mengenakan nomor 10 selama 2,5 musim (2020--2023). Itu artinya, pemain asal Belgia ini bertahan selama 3,5 tahun.

Selama berseragam Borussia Dortmund, ia tampil cukup gemilang meski tak begitu konsisten. Selain itu, ia juga sering dipasang sebagai pemain pengganti. Dengan penampilannya itu, ia mencatat 18 gol dan 22 assist dari 123 laga sebagai seorang winger kiri.

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya