TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Manajer Paling Mengandalkan Leonardo Bonucci di Level Klub

Sang legenda akhirnya gantung sepatu

Leonardo Bonucci (juventus.com)

Intinya Sih...

  • Leonardo Bonucci resmi pensiun dari sepak bola setelah bermain bersama Fenerbahce.
  • Bonucci paling sering dimainkan oleh Massimiliano Allegri di Juventus dengan 247 penampilan dan 22 gol.
  • Antonio Conte, Gian Piero Ventura, Maurizio Sarri, Luigi Delneri, dan Andrea Pirlo juga melatih Bonucci di Juventus.

Leonardo Bonucci resmi memutuskan gantung sepatu pada Kamis (30/5/2024). Mantan bek andalan Timnas Italia ini pensiun bersama Fenerbahce. Namun, kiprah Bonucci di level klub lebih dikenal saat bermain apik sebagai benteng kokoh di lini pertahanan Juventus.

Tak heran jika banyak mantan manajer Juventus yang masuk daftar manajer paling sering memainkan Bonucci di level klub. Siapa sajakah mereka? Untuk mengetahui enam manajer yang paling sering memainkan Bonucci di level klub, yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Massimiliano Allegri (247 laga) jadi yang paling sering memainkan Leonardo Bonucci

Maximiliano Allegri (juventus.com)

Nama Leonardo Bonucci dikenal publik sepak bola ketika berseragam Juventus. Di klub asal Turin itu, Bonucci paling sering dimainkan Massimiliano Allegri. Di bawah arahan Allegri, Bonucci terlibat dalam 247 laga dengan mencatatkan 22 gol  dan 5 assist. Momen tersebut terjadi pada 2014--2017, 2018/2019, dan 2021--2023. Allegri benar-benar berhasil mengangkat nama Bonucci.

2. Antonio Conte membentuk Leonardo Bonucci sebagai bek tangguh dalam 112 laga

Antonio Conte (premierleague.com)

Serupa dengan Massimiliano Allegri, Antonio Conte juga melatih Leonardo Bonucci di Juventus. Keduanya bekerja sama selama 3 musim, tepatnya dari 2011--2012. Selama periode tersebut, Conte mampu membentuk Bonucci sebagai bek tangguh yang ditakuti lawan. Proses tersebut terjadi dalam 112 penampilan. Dalam kurun waktu tersebut, Bonucci mencatat 5 gol dan 4 assist.

3. Gian Piero Ventura mengangkat nama Leonardo Bonucci di Bari dalam 52 laga

Gian Piero Ventura (.udinese.it)

Satu-satunya manajer yang tak melatih Leonardo Bonucci di Juventus dalam daftar ini ialah Gian Piero Ventura. Manajer asal Italia itu memiliki peran besar dalam karier Bonucci. Bila tak ada Ventura, nama Bonucci mungkin tak akan dikenal dan bisa saja meredup kala berseragam Bari. Keduanya bekerja sama ketika berada di Bari pada 2009--2010. Dalam kurun waktu tersebut, Bonucci mencatat 52 laga dengan mencetak 1 gol dan 1 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Juventus Terakhir yang Dilepas ke Bundesliga sebelum Bonucci

4. Maurizio Sarri (47 laga) hanya melatih Leonardo Bonucci selama semusim

Maurzio Sarri (twitter.com/en_sscnapoli)

Leonardo Bonucci menjadi salah satu pemain yang paling diandalkan Maurizio Sarri ketika menangani Juventus. Bayangkan saja, Bonucci mampu mencatat 47 pertandingan dengan mencetak 4 gol selama musim 2019/2020. Selain itu, Sarri juga mempercayakan ban kapten Juventus kepada Bonucci kala itu. Akan tetapi, kerja sama keduanya hanya bertahan selama musim tersebut.

5. Luigi Delneri (44 laga) jadi sosok yang membawa Leonardo Bonucci ke Juventus

Luigi Delneri (juventus.com)

Leonardo Bonucci patut berterima kasih kepada Luigi Delneri. Pasalnya, manajer asal italia itu menjadi sosok yang berjasa memboyong Bonucci dari Bari ke Juventus pada musim panas 2010. Akan tetapi, kerja sama antara Delneri dan Bonucci hanya bertahan selama semusim, tepatnya pada 2010/2011. Sebab, Delneri dipecat dari jabatannya sebagai manajer Juventus pada Mei 2011. Selama dilatih Delneri, Bonucci mencatat 44 laga dengan torehan 3 gol dan 1 assist.

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya