TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kiprah Timnas Prancis di 5 Edisi Euro Terakhir

Punya kiprah yang beragam #EURO2024

Kylian Mbappe (twitter.com/KMbappe)

Dengan koleksi dua gelar juara, Prancis tentu sering dianggap sebagai tim unggulan pada setiap penyelenggaraan Euro. Hal ini juga didukung dengan materi pemain Prancis yang dihuni oleh banyak pemain bintang. Bahkan, Prancis hampir selalu kesulitan untuk menyeleksi pemain terbaik guna menghadapi turnamen mayor seperti Euro.

Namun, kiprah Prancis di lima edisi terakhir Euro tak begitu konsisten. Mereka pernah tersingkir pada fase grup dan pernah mencapai babak final. Untuk mengetahui kiprah lengkap Prancis di lima edisi terakhir Euro yang mereka ikuti, mari simak ulasan berikut ini! 

1. Prancis gagal total di Euro 2008

Franck Ribery (twitter.com/FIFAcom)

Skuad Prancis di Euro 2008 tak jauh berbeda dengan skuad mereka di Piala Dunia 2006. Namun, Prancis justru gagal total di Euro 2008, padahal Prancis sukses menembus final di Piala Dunia 2006. Pemain-pemain seperti Franck Ribery, Thierry Henry, Lilian Thuram, Willy Sagnol, dan Claude Makelele masih ada dalam skuad Le Bleus.

Pada edisi kali ini, Prancis langsung gugur pada fase grup. Prancis hanya menjadi juru kunci di Grup C di bawah Belanda, Italia, dan Rumania. Parahnya lagi, Prancis hanya mampu mengumpulkan 1 poin dan 1 gol pada turnamen tersebut.

2. Spanyol singkirkan Prancis pada babak delapan besar Euro 2012

Hugo Lloris (fifa.com)

Prancis masih gagal melangkah jauh di Euro 2012. Pada edisi kali ini, Prancis tersingkir pada babak delapan besar. Le Bleus kalah dari Spanyol dengan skor 0-2 lewat dua gol yang dicetak oleh Xabi Alonso. Hal ini sebetulnya cukup wajar mengingat Spanyol kala itu bertabur pemain bintang.

Di sisi lain, skuad Prancis di Euro 2012 juga tak kalah mentereng. Prancis dihuni oleh sejumlah nama besar. Sebut saja, Franck Ribery, Hugo Lloris, Karim Benzema, Laurent Koscielny, Samir Nasri, dan Olivier Giroud. Namun, skuad Prancis masih didominasi oleh pemain muda kala itu.

Baca Juga: 4 Pemain Belanda dan Inggris yang Bersaing di Papan Top Skor Euro 2024

3. Prancis tumbang pada final Euro 2016

Antoine Griezmann (twitter.com/euro2024)

Prancis bertindak sebagai tuan rumah di Euro 2016. Pada edisi kali ini, kiprah Prancis melesat dibandingkan dua turnamen sebelumnya. Deretan pemain baru yang tak ada di skuad Prancis di Euro 2012 sukses menggendong Prancis hingga babak final.

Mereka adalah Antoine Griezmann, N'Golo Kante, Paul Pogba, Dimitri Payet, dan Moussa Sissoko. Sayangnya, Prancis kalah dari Portugal dengan skor 0-1. Alhasil, Prancis harus puas dengan prestasinya sebagai runner-up di Euro 2016. 

4. Prancis kalah lewat adu penalti di Euro 2020

N'Golo Kante (twitter.com/euro2024)

Dengan statusnya sebagai juara Piala Dunia 2018, Prancis percaya diri menghadapi Euro 2020. Pada edisi kali ini, sejumlah pemain bintang dari Euro 2016 masih ada di skuad Prancis. Sebut saja, Antoine Griezmann, Olivier Giroud, N'Golo Kante, dan Paul Pogba. Mereka berkolaborasi dengan nama-nama lain, seperti Kylian Mbappe, Karim Benzema, dan Benjamin Pavard.

Prancis sebetulnya tampil perkasa di Euro 2020. Mereka sukses menjadi juara Grup F di atas deretan tim kuat, Jerman, Portugal, dan Hungaria. Sayangnya, Prancis kurang beruntung pada babak 16 besar. Sebab, Prancis gugur lewat adu penalti oleh Swiss.

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya