TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kapten Tim Bundesliga 2023/2024 dengan Masa Bakti Terpendek di Klub

Kapten tak selalu berasal dari pemain senior

Emre Can (bvb.de)

Bundesliga Jerman selalu dihuni oleh pemain dengan talenta berbakat setiap musimnya. Setiap pemain pasti memiliki kemampuannya masing-masing, termasuk menjadi seorang pemimpin di lapangan. Tak heran pemain dengan kepemimpinan hebat selalu dipilih sebagai kapten tim.

Namun, pemilihan kapten tak melulu soal masa bakti. Faktanya, beberapa kapten tim Bundesliga 2023/2024 diketahui memiliki masa bakti yang terhitung pendek dibandingkan rekan setimnya yang lain. Dari 18 kapten tim Bundesliga 2023/2024, inilah 5 kapten dengan masa bakti terpendek di klubnya.

1. Jonas Omlin belum genap setahun di Borussia Monchengladbach

Jonas Omlin (borussia.de)

Jonas Omlin belum genap setahun berseragam Borussia Monchengladbach. Namun, pemain yang baru bergabung pada Januari 2023 ini telah dipilih sebagai kapten tim Borussia Monchengladbach. Pemilihan Omlin didasarkan kepada pengalaman dan jiwa kepemimpinan yang ia miliki.

Kiper asal Swiss ini dipilih secara mendadak untuk menggantikan Lars Stindl yang menolak perpanjangan kontrak dan memilih untuk pulang ke Karlsruher. Pemilihannya ini dinilai cukup kontroversial. Pasalnya, Omlin merupakan pemain baru dan dinilai memiliki kedekatan pribadi dengan sang pelatih, Gerardo Seoane, yang sama-sama berasal dari Swiss.

Baca Juga: 4 Pemain Mahal Bundesliga yang Belum Tampil Apik pada Awal 2023/2024

2. Ermedin Demirovic pimpin skuad FC Augsburg

Ermedin Demirovic (fcaugsburg.de)

Pada awal musim 2023/2024, Enrico Maassen menunjuk Ermedin Demirovic sebagai kapten baru FC Augsburg. Ia ditunjuk untuk menggantikan Jeffrey Gouweleeuw yang sebetulnya masih ada di skuad Augsburg. Namun, sang pelatih memilih merombak struktur tim dengan tak menempatkan Gouweleeuw di posisi kapten ataupun wakil kapten 1 dan 2.

Demirovic sendiri baru bergabung dengan FC Augsburg pada musim panas 2022. Meski terhitung singkat dan masih berusia 25 tahun, Demirovic telah dipercaya menjadi kapten karena peran vitalnya di dalam tim. Pria asal Bosnia & Herzegovina ini adalah penyerang utama di FC Augsburg.

3. Silvan Widmer belum bermain bersama Mainz 05 musim ini

Silvan Widmer (mainz05.de)

Musim 2023/2024 merupakan musim ketiga bagi Silvan Widmer berseragam Mainz 05. Namun, jabatan kapten yang ia pegang sekarang, telah Widmer dapatkan pada musim keduanya. Kala itu, ia ditunjuk untuk menggantikan Moussa Niakhate yang pindah ke Nottingham Forest.

Meski berstatus kapten pada musim ini, pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini justru belum pernah tampil di ajang Bundesliga 2023/2024. Sebab, ia kerap tak masuk dalam skema Jan Siewert yang sering menggunakan formasi 3-5-2. Oleh karena itu, jabatan kapten Mainz 05 lebih sering dipegang oleh Robin Zentner yang menjabat sebagai wakil kapten.

4. Waldemar Anton gantikan Wataru Endo

Waldemar Anton (vfb.de)

Kepindahan Wataru Endo ke Liverpool membuat Waldemar Anton dipilih sebagai kapten VfB Stuttgart pada musim 2023/2024. Anton terhitung promosi untuk jabatan ini karena sebelumnya ia berstatus sebagai wakil kapten. Padahal, Anton baru bergabung dengan VfB Stuttgart pada musim panas 2020.

Di bawah komando Anton, penampilan VfB Stuttgart cukup meningkat. Ia dinilai bisa memberikan arahan yang baik dari lini pertahanan. Hal ini terbukti dari peningkatan performa tim pada musim 2023/2024.

Baca Juga: Konsistensi Dortmund dalam Memprotes Hal-Hal Berbau Uang

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya