TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pemain Jerman Euro 2024 yang Juga Tampil di 3 Edisi Terakhir

Sosok legenda yang masih diberi kepercayaan

Toni Kroos. (instagram.com/toni.kr8s)

Intinya Sih...

  • Manuel Neuer, kiper Timnas Jerman, tampil di Euro 2024 untuk keempat kalinya dengan usia 38 tahun.
  • Toni Kroos, pemain Timnas Jerman, kembali bermain setelah absen sejak Euro 2020 dan sudah mencatatkan 14 caps selama bermain di Euro.
  • Thomas Muller, pemain dengan gol terbanyak untuk Timnas Jerman, dipanggil untuk skuad Euro 2024 setelah tampil di tiga edisi sebelumnya.

Jerman dalam beberapa hari mendatang akan bertindak sebagai tuan rumah Euro 2024. Sebanyak 26 pemain juga telah dipanggil oleh Julian Nagelsmann untuk memperkuat Timnas Jerman.

Menariknya, terdapat tiga pemain yang masuk daftar final skuad Timnas Jerman Euro 2024 juga terlibat pada tiga edisi sebelumnya. Meski mereka sudah memasuki usia di atas 33 tahun, kontribusi dan kepemimpinan mereka masih sangat dibutuhkan di ruang ganti. Siapa saja mereka?

1. Manuel Neuer masih dipercaya sebagai penjaga gawang

Manuel Neuer. (instagram.com/manuelneuer)

Usia hanyalah angka bagi Manuel Neuer yang masih mendapat kesempatan untuk menjadi kiper utama Timnas Jerman di Euro 2024. Pemain yang sudah berusia 38 tahun itu akan kembali tampil di Euro untuk yang keempat kalinya. Sebelumnya, dia juga bermain pada Euro 2012, 2016, dan 2020.

Neuer juga tidak tergantikan sebagai kiper utama Timnas Jerman pada tiga edisi tersebut. Sayangnya, dia belum pernah membawa Die Mannschaft meraih juara Euro. Prestasi terbaiknya bermain di Euro ketika mengantarkan Timnas Jerman mencapai semifinal Euro 2012 dan 2016.

Kariernya dimulai saat menjadi kiper Timnas Jerman U-18. Berselang 5 tahun, ia debut bersama tim utama saat usianya masih 23 tahun. Saat ini, Neuer sudah memiliki 119 caps bersama Timnas Jerman. Trofi Piala Dunia 2014 menjadi satu-satunya gelar juara yang berhasil diraih bersama Timnas Jerman.

Baca Juga: 8 Kiper dari Klub Serie A Italia yang Bermain di Euro 2024

2. Toni Kroos akan menambah kuat lini tengah

Toni Kroos berseragam Timnas Jerman. (instagram.com/toni.kr8s)

Setelah Euro 2020 berakhir, Toni Kroos tidak lagi memperkuat Timnas Jerman. Dia baru kembali bermain saat Die Mannschaft melawan Prancis di Laga Uji Coba Internasional pada Maret 2024. Kini, pemain kelahiran Greifswald, Jerman, tersebut juga dipanggil ke Timnas Jerman untuk Euro 2024.

Sebelum masuk daftar skuad Euro 2024, dia sudah pernah bermain untuk Timnas Jerman pada Euro 2012, 2016, dan 2020. Toni Kroos telah mencatatkan 14 caps selama bermain di Euro. Dia juga menyarangkan satu assist saat Jerman melawan Ukraina di babak penyisihan grup Euro 2016.

Kepiawaian Toni Kroos bermain sepak bola sudah terlihat sejak masih bersama Timnas Jerman U-17. Dilatih oleh Bernd Stober, kala itu dia bisa mencetak 18 gol dari 36 penampilan. Bersama tim utama, dia memiliki 109 caps dengan menorehkan 17 gol, 21 assist, serta meraih trofi Piala Dunia 2014.

Verified Writer

Moh Ikhsani

Menulis topik tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya