TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Moussa Diaby, Rekrutan Termahal Al-Ittihad pada Musim Panas 2024

Bakal memiliki peran penting

Moussa Diaby memperkuat Al-Ittihad. (instagram.com/moussadiabyofficial)

Al-Ittihad melakukan perubahan imbas finis di urutan kelima Saudi Pro League 2023/2024. Capaian tersebut tidak sebanding dengan pengeluaran besar dalam mendatangkan banyak pemain bintang.

Selain menunjuk Laurent Blanc sebagai pelatih anyar, Al-Ittihad juga merekrut Moussa Diaby untuk mengisi posisi sayap. Kehadiran eks Aston Villa diharapkan bisa membawa Al-Ittihad kembali ke papan atas SPL.

Moussa Diaby sendiri tampil fantastis bersama Aston Villa pada 2023/2024 lalu. Lantas, seperti apa profilnya? Berikut sekilas tentang Moussa Diaby, rekrutan termahal Al-Ittihad pada musim panas 2024.

1. Hasil pembinaan akademi PSG

Moussa Diaby di akademi Paris Saint-Germain. (instagram.com/moussadiabyofficial)

Pada 1 Juli 2014, Moussa Diaby bermain dengan Paris Saint-Germain U-17 setelah membela PSG Youth. Selang 3 tahun kemudian, ia berseragam PSG B dengan memainkan 14 pertandingan dan mencetak 2 gol. Prestasi itu tidak serta merta membuatnya langsung memperkuat tim utama PSG.

Moussa Diaby juga sempat menjalani masa peminjaman bersama Crotone pada 31 Januari 2018—30 Juni 2018. Kendati saat itu tidak banyak bermain, ia justru dipromosikan ke tim utama PSG. Bersama Les Parisiens, ia mencatatkan 34 penampilan, 4 gol, 7 assist, dan mengoleksi 2 gelar juara.

2. Bersinar bersama Bayer Leverkusen

Moussa Diaby bermain untuk Bayer Leverkusen. (instagram.com/moussadiabyofficial)

Setelah 5 tahun membela PSG, Moussa Diaby bergabung dengan Bayer Leverkusen pada 1 Juli 2019. Untuk merealisasikan kepindahannya, Die Werkself harus membayar Rp260 miliar kepada Les Parisiens. Meskipun cukup mahal, ia berhasil tampil impresif selama di BayArena.

Pada musim pertamanya, ia melakoni 28 pertandingan Bundesliga Jerman 2019/2020. Ia menunjukkan peningkatan penampilan dengan lebih sering bermain pada 3 musim berikutnya. Moussa Diaby mencatatkan 172 penampilan, 49 gol, dan 48 assist sebelum dijual ke Aston Villa.

Baca Juga: 5 Pemain Aston Villa yang Cetak Gol pada Debut Resmi, Diaby Terbaru

3. Membawa Aston Villa lolos ke Liga Champions Eropa

Moussa Diaby berseragam Aston Villa. (instagram.com/moussadiabyofficial)

Penampilan mengesankan Moussa Diaby berlanjut saat pindah ke Inggris. Pada 22 Juli 2023, ia menerima pinangan dari Aston Villa. Pemain kelahiran Paris, Prancis, tersebut diboyong dengan biaya Rp955 miliar dan menerima gaji 100 ribu pound sterling atau Rp2 miliar per pekan.

Di bawah asuhan Unai Emery, ia tampil luar biasa dengan memainkan seluruh pertandingan English Premier League 2023/2024. Moussa Diaby menyarangkan 10 gol dan 9 assist selama di Villa Park. Prestasi terbaiknya ketika membantu The Villans lolos ke Liga Champions Eropa 2024/2025.

4. Pernah memperkuat Timnas Prancis

Moussa Diaby berlatih bersama Timnas Prancis. (instagram.com/moussadiabyofficial)

Moussa Diaby sudah membela Les Blues sejak berusia 17 tahun. Saat itu, ia memulai dengan bermain bersama Prancis U-17 dan tampil dalam sebelas pertandingan laga uji coba internasional. Pada 22 Maret 2017, ia kemudian membela Prancis U-19 pada usia yang sama.

Debutnya bersama Timnas Prancis berlangsung pada 1 September 2021. Pertandingan melawan Bosnia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 menjadi penampilan pertamanya bersama tim senior. Moussa Diaby saat ini memiliki 11 caps dengan 1 trofi UEFA Nations League 2021.

Verified Writer

Moh Ikhsani

Menulis topik tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya