TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Dinamo Zagreb, Wakil Kroasia di Liga Champions 2024/2025

Banyak mengoleksi trofi dan melahirkan pemain bintang

Para pemain Dinamo Zagreb setelah selesai pertandingan. (instagram.com/gnkdinamo)

Intinya Sih...

  • Dinamo Zagreb menelan kekalahan telak 9-2 dari Bayern Munich di Liga Champions 2024/2025.
  • Klub ini memiliki koleksi 25 trofi SuperSport HNL dan merupakan klub paling berjaya di Kroasia.
  • Dinamo Zagreb melahirkan banyak pemain bintang seperti Mario Mandzukic, Luka Modric, Marcelo Brozovic, Josko Gvardiol, dan Dani Olmo.

Dinamo Zagreb mengawali Liga Champions 2024/2025 dengan menelan kekalahan telak dari Bayern Munich. Bermain di Allianz Arena, Bruno Petkovic dan kawan-kawan harus menyerah dengan skor 9-2.

Hal itu menjadi kekalahan terbesar yang pernah diterima Dinamo Zagreb selama bermain di Liga Champions. Dinamo Zagreb adalah klub dari SuperSport HNL dengan koleksi gelar juara paling banyak.

Tim yang kini dilatih oleh Sandro Perkovic tersebut menjadi wakil Kroasia di Liga Champions 2024/2025. Simak ulasan lengkap mengenai fakta-fakta menarik Dinamo Zagreb berikut, yuk!

1. Wakil dari Kroasia di Liga Champions 2024/2025

Bruno Petkovic menjadi kapten saat Dinamo Zagreb melawan Bayern Munich di Liga Champions 2024/2025. (instagram.com/gnkdinamo)

Dinamo Zagreb akhirnya kembali ke Liga Champions setelah absen pada 2023/2024 lalu. Saat itu, mereka hanya bermain di kasta ketiga sepak bola antarklub Eropa, yakni Liga Konferensi. Namun, sebelum itu, Dinamo Zagreb juga sempat mengikuti Kualifikasi Liga Champions dan Kualifikasi Liga Europa.

Kini, mereka menjadi satu-satunya klub dari Kroasia di Liga Champions 2024/2025. Hal ini merupakan keikutsertaan yang kesepuluh Dinamo Zagreb di Liga Champions. Tantangan berat menanti Dinamo Zagreb pada UCL musim ini. Setelah dibabat oleh Bayern Munich, lawan-lawan kuat lainnya, seperti AC Milan, Arsenal, dan Borussia Dortmund sudah menanti mereka.

Baca Juga: 4 Klub Debutan asal Inggris yang Menang di Laga UCL Pertama

2. Sebagai klub paling sukses di persepakbolaan Kroasia

Dinamo Zagreb menjuarai Piala Kroasia 2023/2024. (instagram.com/gnkdinamo)

Koleksi 25 trofi SuperSport HNL menahbiskan Dinamo Zagreb sebagai klub paling berjaya di Kroasia. Jumlah tersebut jauh meninggalkan HNK Hajduk Split yang menempati urutan kedua dengan kepemilikan sembilan gelar juara. Dominasi Dinamo Zagreb masih terus bertahan dalam 19 musim terakhir.

Bukan hanya SuperSport HNL, Dinamo Zagreb juga sering menjadi kampiun pada turnamen-turnamen domestik lain. Mereka juga tercatat mengoleksi sebanyak 17 trofi Piala Kroasia dan 8 Piala Super Kroasia. Hebatnya, Dinamo Zagreb berhasil menyapu bersih semua kejuaraan tersebut pada 2023/2024 lalu.

3. Melahirkan banyak pemain hebat dan potensial

Josko Gvardiol (instagram.com/josko_gvardiol)

Tidak perlu diragukan lagi bahwa Dinamo Zagreb sangat masyhur karena melahirkan banyak pemain bintang. Para pemain yang pernah bermain di Maksimir, seperti Mario Mandzukic, Luka Modric, Marcelo Brozovic, Josko Gvardiol, dan Dani Olmo. Mereka adalah para pemain yang memiliki kualitas tinggi. Mereka merasakan kasta tertinggi dari sepak bola bersama klub masing-masing.

Bahkan, biaya transfer kepindahan Josko Gvardiol ke RB Leipzig pada 1 Juli 2021 menjadi yang termahal dalam sejarah klub. Saat itu, Dinamo Zagreb mematok mahar hingga Rp639 miliar untuk melepas sang pemain belakang ke Red Bull Arena. Kini, Josko Gvardiol menjadi salah satu pilar penting yang diandalkan oleh Pep Guardiola di lini belakang Manchester City.

Verified Writer

Moh Ikhsani

Menulis topik tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya