TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Raphael Varane Umumkan Pensiun di Usia 31 Tahun

Terima kasih, Varane

potret Raphael Varane (realmadrid.com)

Jakarta, IDN Times - Pesepak bola asal Prancis, Raphael Varane memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola pada usia 31 tahun.

Keputusan ini diumumkan Varene dalam akun Instagramnya (@raphaelvarene) pada Rabu (25/9/2024).

"Mereka bilang segala sesuatu yang baik akan menemukan titik akhir. Dalam karier saya, saya telah melalui banyak tantangan, bangkit dalam berbagai kesempatan, hampir semuanya itu seharusnya mustahil dilakukan," kata pesepak bola kelahiran 25 April 1993 itu.

Mengenang perjalanan, emosi, momen, dan kenangan tak terlupakan selama menjadi atlet sepak bola, Varane mengumumkan keputusannya untuk pensiun.

"Berkaca dari momen-momen itu, dengan rasa bangga yang besar dan perasaan puas, saya mengumumkan bahwa saya pensiun dari permainan yang kita semua cintai ini," kata Varane.

1. Perjalanan klub Varane

Raphael Varane (kiri) (twitter.com/premierleague)

Varane merupakan salah satu pesepak bola terbaik yang dimiliki timnas Prancis. Dalam unggahannya soal pensiun, Varane mengingat perjalannya mulai berkarier di Lens hingga namanya besar di Real Madrid.

Pada 2021 lalu, Varane meninggalkan Real Madird dan bergabung dengan Manchester United. Tiga musim setelahnya, Varane minggat ke Como dan bertahan di sana hingga memtuskan gantung sepatu.

Baca Juga: 6 Fakta Raphael Varane, Punya 20 Gelar Juara!

2. Tanpa penyesalan

Raphael Varane (twitter.com/premierleague)

Varene menegaskan dia memutuskan gantung sepatu tanpa penyesalan. Dia mengaku tidak akan mengubah apa pun dari keputusan yang sudah pernah diambilnya selama berkarier.

"Saya telah memenangkan lebih dari yang dapat saya impikan, tetapi di luar penghargaan dan trofi, saya bangga bahwa apa pun yang terjadi, saya telah berpegang teguh pada prinsip saya untuk bersikap tulus dan telah mencoba untuk meninggalkan tempat mana pun dengan lebih baik daripada saat saya datang," kata Varane.

3. Masih akan di Como

Raphael Varane saat diperkenalkan Comi 1907. (instagram.com/raphaelvarane)

Varane menyampaikan kelanjutan perjalanannya. Varane memastikan dirinya akan tetap berada di Como, hanya kali ini di luar lapangan.

"Saya akan tetap bersama Como. Hanya saja tanpa sepatu dan pelindung tulang kering saya. Ada sesuatu yang ingin saya bagikan segera," kata Varane.

Dia juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada setiap klub, rekan setim, klub, dan penggemar yang senantiasa mendukungnya.

"Terima kasih, sepak bola," kata Varane.

Baca Juga: Raphael Varane Sepakat Gabung Klub Serie A Milik Konglomerat Indonesia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya