TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Invasi Bintang ke Saudi Pro League dan Kekhawatiran Mancini

Bisa rekrut sampai delapan pemain

potret Roberto Mancini (Instagram.com/saudint)

Intinya Sih...

  • Kompetisi Saudi Pro League menarik perhatian dengan kedatangan bintang sepak bola Eropa seperti Cristiano Ronaldo dan Neymar.
  • Pelatih Arab Saudi, Roberto Mancini, menyambut baik kedatangan para bintang Eropa karena dapat meningkatkan kualitas kompetisi di Arab Saudi.
  • Mancini juga menyoroti banyaknya pemain Timnas Indonesia yang tampil di luar negeri, menjadi indikator perkembangan sepak bola Indonesia yang cukup signifikan.

Jakarta, IDN Times - Naiknya pamor Saudi Pro League, kompetisi kasta tertinggi Arab Saudi, menjadi sorotan tersendiri. Sebab, belakangan banyak bintang yang memutuskan buat merumput di jazirah Arab demi mencari tantangan baru.

Masuknya Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, N'Golo Kante, Neymar, dan lainnya, telah menjadi fenomena tersendiri. Banyak yang memprediksi Saudi Pro League akan memberikan dimensi baru di sepak bola Asia.

Namun, pelatih Arab Saudi, Roberto Mancini, memiliki pandangannya sendiri. Satu sisi, Mancini menyambut baik kedatangan para bintang ke Saudi Pro League, namun mengingatkan pula ada batasan yang harus diterapkan.

"Merekrut banyak pemain papan atas dari kompetisi Eropa adalah ide bagus. Tapi, jangan dalam jumlah besar," kata Mancini mengutip Arab News.

1. Bisa berdampak baik buat Arab Saudi

Cristiano Ronaldo (uefa.com)

Kedatangan para bintang dari Eropa, diakui Mancini, bisa meningkatkan kualitas kompetisi di Arab Saudi. Secara aspek sporting, Mancini menilai akan ada transfer ilmu dari bintang-bintang tersebut kepada para pemain lokal, hingga terdongkraknya performa di klub hingga Timnas.

"Di sisi lain, mendatangkan banyak pemain papan atas dari kompetisi Eropa pasti akan memberikan hasil yang positif. Sebab, pemain lokal akan belajar dari mereka," kata Mancini.

Baca Juga: Mancini Sambut Positif Anak Asuhnya di Arab Saudi ke AS Roma

2. Menanti pemain Arab Saudi migrasi ke Eropa

Roberto Mancini (figc.it)

Sejauh ini, belum banyak pemain Arab Saudi yang tampil di kompetisi Eropa. Terbaru, Asud Abdulhamid, mencatatkan sejarah dengan menjadi pemain Arab Saudi pertama di Serie A usai gabung AS Roma.

"Saya berharap melihat lebih banyak pemain pergi ke luar negeri untuk merasakan profesionalisme sejati. Senang rasanya melihat sekelompok pemain Saudi berkompetisi di liga-liga top Eropa. Ini tentu memperkuat skuad kami," kata Mancini.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya