TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Bundesliga Jerman yang Dibawa Republik Ceko ke Euro 2024

Terdapat tiga pemain Bayer Leverkusen #EURO2024

Patrik Schick (kiri) (instagram.com/p_schicky)

Republik Ceko tampil apik pada Kualifikasi Euro 2024 usai finis sebagai runner-up dengan raihan 15 poin. Euro 2024 akan menjadi partisipasi untuk ke-10 kalinya di turnamen antarnegara Eropa. Pencapaian terbaik mereka menjadi juara pada 1976 saat masih memakai nama Czechoslovakia.

Tergabung di Grup D bersama Turki, Georgia, dan Portugal, skuad asuhan Ivan Hasek ini siap tampil spartan. Dihiasi pemain-pemain yang bermain di liga top Eropa, lima di antaranya bermain di Bundesliga Jerman. Ceko diprediksi akan memberikan kejutan meski mereka tidak difavoritkan untuk lolos ke fase berikutnya.

Ini pemain Bundesliga Jerman yang dibawa Republik Ceko ke Euro 2024. Mereka bisa diandalkan.

1. Matej Kovar rutin bermain bersama Bayer Leverkusen di Liga Europa 2023/2024

Matej Kovar (instagram.com/mkovar1705)

Pemain Bundesliga pertama di skuad Republik Ceko di Euro 2024 adalah Matej Kovar. Ia nama baru yang hadir setelah tampil sukses bersama Bayer Leverkusen musim ini. Penampilan apiknya di bawah mistar gawang menarik perhatian Ivan Hasek, pelatih Republik Ceko, untuk memanggilnya ke timnas.

Meskipun berstatus kiper kedua Bayer Leverkusen, Xabi Alonso rutin memainkannya di Liga Europa 2023/2024. Tercatat, ia selalu tampil dalam 12 laga dengan torehan 41 penyelamatan dan 5 nirbobol. Kehadiran Kovar tentu menambah ketatnya persaingan kiper utama Republik Ceko di Euro 2024.

2. David Jurasek bermain apik bersama TSG Hoffenheim sejak dipinjam dari Benfica

David Jurasek (instagram.com/dava33__)

David Jurasek menjadi andalan di sektor kiri TSG Hoffenheim sejak dipinjamkan Benfica pada Januari 2024. Selama di Bundesliga, ia langsung tampil 13 pertandingan dengan 23 kali menang duel, 79 persen tekel sukses, dan 1 assist. Kehadirannya seakan memberikan keterangan bagi pertahanan Hoffenheim.

David Jurasek baru mencatatkan sembilan caps bagi Republik Ceko. Meskipun begitu, kehadirannya sangat dibutuhkan. Itu terlihat dari tujuh laga yang ia mainkan sebagai pemain utama. Debutnya sendiri terjadi saat Republik Ceko menang 3-1 atas Polandia di Kualifikasi Euro 2024. Satu assist-nya menjadi kunci kemenangan Republik Ceko.

Baca Juga: 6 Pemain TSG Hoffenheim yang Berpartisipasi di Euro 2024

3. Vaclav Cerny memiliki peran dalam kelolosan Republik Ceko di Kualifikasi Euro 2024

Vaclav Cerny (instagram.com/vacacernyjr)

Vaclav Cerny telah menjadi langganan Republik Ceko sejak debutnya pada 2020. Berposisi sebagai sayap kanan, Cerny saat ini bermain untuk klub Bundesliga, VfL Wolfsburg. Pemain yang kini berusia 26 tahun itu telah mencatat 25 pertandingan dengan torehan 5 gol dan satu assist di seluruh kompetisi.

Pada babak Kualifikasi Euro 2024, peran Vaclav Cerny bagi Republik Ceko sangat penting. Bermain dalam 5 pertandingan, ia berhasil mencetak 3 gol dan membantu Republik Ceko lolos sebagai runner-up grup. Banyaknya pengalaman yang dimiliki membuat Cerny diprediksi menjadi andalan Ivan Hasek di Euro.

4. Adam Hlozek menjadi penyerang andalan Republik Ceko meskipun masih berusia muda

Adam Hlozek (instagram.com/ahlozek)

Adam Hlozek merupakan striker muda berbakat yang menjadi salah satu pilar penting Bayer Leverkusen. Meskipun statistiknya belum terlalu spesial, Hlozek berhasil mendapatkan tempat di skuad Xabi Alonso. Dalam 23 pertandingan di Bundesliga, ia mencetak 3 gol dan 2 assist bagi Bayer Leverkusen.

Berbeda dengan di klub, Hlozek adalah pilar utama Republik Ceko sejak 2020. Bermain selama 1.737 menit dalam 32 pertandingan bagi tim senior, Hlozek telah mencatatkan 2 gol dan 2 assist. Kehadirannya menjadi salah satu kunci keberhasilan Republik Ceko lolos ke Euro 2024 setelah menjadi runner-up pada babak kualifikasi.

5. Patrik Schick selalu tampil ganas dan berbahaya bagi lini pertahanan lawan

Patrik Schick (instagram.com/p_schicky)

Selain Adam Hlozek, Bayer Leverkusen juga memiliki striker andalan lainnya dari Republik Ceko. Dia adalah Patrik Schick, sosok predator yang sangat berbahaya di kotak penalti lawan. Pemain berusia 28 tahun itu telah mencatatkan 33 pertandingan di seluruh kompetisi dengan berkontribusi dalam 16 gol (13 gol dan 3 assist).

Selain diandalkan Bayer Leverkusen, Schick juga menjadi pilar utama Republik Ceko. Sejak debut pada 2016, Schick sudah menciptakan 39 caps bersama Republik Ceko dengan catatan 19 gol dan 6 assist. Memiliki stiker seperti Patrik Schick di lini depan, tentu sangat menguntungkan bagi Republik Ceko pada Euro 2024.

Kehadiran kelima pemain di atas tentu memberikan harapan besar bagi Republik Ceko di Euro 2024. Adanya pemain dari liga top Eropa seperti Bundesliga diharapkan mampu membawa Republik Ceko berbicara banyak pada edisi kali ini. Menarik untuk melihat penampilan mereka di Euro 2024.

Baca Juga: 4 Pemain Barcelona Mewarnai Spanyol di Euro 2024, Muda Semua!

Verified Writer

Muhamad Luthfi Maruf

COYG

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya