TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Kiper Fiorentina yang Pernah Bermain di EPL sebelum David De Gea

Ada yang pernah berseragam Barcelona

David De Gea (instagram.com/acffiorentina)

Fiorentina membuat pergerakan sensasional di bursa transfer musim panas 2024. Setelah sukses merekrut Moise Kean dari Juventus, La Viola berhasil mendapatkan tanda tangan mantan kiper Manchester United, David De Gea. De Gea bergabung dengan status bebas transfer setelah kontraknya bersama Setan Merah berakhir sejak awal musim 2023/2024.

Kedatangan kiper asal Spanyol ini makin memperkuat barisan pertahanan Fiorentina untuk musim 2024/2025. Namun, David De Gea bukanlah satu-satunya kiper Fiorentina yang pernah merasakan atmosfer English Premier League. Terdapat sejumlah nama yang pernah bermain di kasta teratas Liga Inggris sebelum David De Gea.

Termasuk David De Gea, berikut kiper Fiorentina yang pernah bermain di English Premier League.

1. Artur Boruc hanya 2 musim di Fiorentina

Artur Boruc (instagram.com/arturboruc)

Nama pertama dalam daftar ini adalah kiper asal Polandia, Artur Boruc. Boruc didatangkan oleh Fiorentina setelah tampil impresif bersama klub Skotlandia, Celtic. Selama berseragam Celtic, ia berhasil meraih 3 gelar juara Premiership Skotlandia, 2 Piala Super Skotlandia, dan 1 Piala Skotlandia. Sejak kedatangannya, ia langsung menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang La Viola. 

Namun, petualangannya bersama Fiorentina hanya berlangsung selama 2 musim. Ia lebih memilih hijrah ke English Premier League bersama Southampton pada 2012. Selain Southampton, Boruc juga pernah memperkuat klub EPL lain, Bournemouth. Sepanjang kariernya di Inggris, ia telah mencatatkan 179 penampilan dan menorehkan 58 nirbobol.

2. Emiliano Viviano datang ke Fiorentina sebagai pinjaman pada 2012/2013

Emiliano Viviano (instagram.com/officialviviano)

Emiliano Viviano memiliki karier sepak bola yang unik. Kiper kelahiran Fiesole ini sering kali berpindah-pindah klub, baik sebagai pinjaman maupun permanen pada tiap musimnya. Namun, kariernya sering dihabiskan di Serie A Italia, salah satunya bersama Fiorentina. Viviano bergabung dengan La Viola sebagai pemain pinjaman selama dari Palermo pada musim 2012/2013.

Meski berstatus pinjaman, ia tampil impresif dalam 32 laga bersama Fiorentina. Penampilan apiknya itu membuat Arsenal kepincut untuk meminjamnya pada musim panas 2013. Sayangnya, Viviano tidak pernah tampil untuk tim utama The Gunners. Ia hanya tercatat bermain sekali untuk tim junior, saat Arsenal U-21 kalah telak 1-5 dari Sunderland U-21.

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol yang Direkrut Fiorentina sebelum David De Gea

3. Pierluigi Gollini tidak dipermanenkan meski tampil apik selama di Fiorentina

Pierluigi Gollini (instagram.com/piergollo)

Pierluigi Gollini pertama kali datang ke Fiorentina sebagai pemain pinjaman dari Atalanta pada 2022/2023. Ia direkrut sebagai pesaing utama bagi Pietro Terracciano dan Salvatore Sirigu. Meski hanya tampil 9 laga, Gollini menorehkan 4 nirbobol. Namun, penampilannya tidak cukup menarik perhatian pelatih Fiorentina saat itu, Vincenzo Italiano, Ia pun dikembalikan kepada Atalanta.

Sebelum berseragam Fiorentina, Gollini pernah merasakan atmosfer English Premier League bersama Tottenham Hotspur pada 2021/2022. Sayangnya, ia tidak pernah tampil di liga, Gollini hanya bermain di turnamen mayor seperti FA Cup, EFL Cup, dan UEFA Conference League. Kini, Gollini bermain untuk Genoa di Serie A 2024/2025.

Verified Writer

Muhamad Luthfi Maruf

COYG

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya