TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Wakil Italia yang Mentas di Liga Champions 2024/2025

Salah satunya Inter Milan!

Inter Milan (x.com/Inter)

Serie A Italia mengirimkan lima wakilnya untuk berkompetisi di Liga Champions Eropa 2024/2025. Jumlah tersebut bertambah satu slot berkat nilai koefisien liga yang meningkat. Ini membuat klub-klub yang berada di lima besar musim sebelumnya berhak tampil.

Lantas, klub mana saja yang bakal menjadi wakil Serie A di Liga Champions 2024/2025? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Inter Milan berpartisipasi di Liga Champions dengan status juara Serie A 2023/2024

Inter Milan (x.com/Inter)

Inter Milan mentas di Liga Champions 2024/2025 dengan status kampiun Serie A 2023/2024. Tentunya, ini menjadi modal penting untuk mentas memperebutkan trofi Si Kuing Besar musim ini. I Nerazzurri punya misi untuk mengulangi pencapaian final pada 2022/2023 lalu. 

Statusnya tersebut juga membuat Inter Milan menjadi salah satu favorit juara di Liga Champions musim ini. Namun, langkah pasukan SImone Inzaghi tidak akan mudah. Pada fase liga, lawan-lawan yang dihadapi cukup berat. Pada laga perdana, mereka sudah harus melawan Manchester City. Laga ini merupakan final ulangan musim 2022/2023 lalu. 

Setelah itu, lawan lebih mudah akan dihadapi, yakni Red Star Belgrade dan Young Boys. Kemudian, Inter Milan akan bermain di dua laga kandang melawan Arsenal dan RB Leipzig. Pada tiga laga terakhir, Inter Milan berpotensi bisa memenangi laga sebab keunggulan kualitas pemain. Mereka bakal bertemu Bayer Leverkusen, Sparta Praha, dan AS Monaco.

2. AC Milan mentas di Liga Champions dengan pelatih baru

AC Milan (x.com/acmilan)

AC Milan sebagai tim Italia tersukses di Eropa juga tak ketinggalan meramaikan Liga Champions 2024/2025. Di Serie A 2023/2024 lalu, mereka finis di urutan kedua. Namun, musim ini bakal berbeda sebab kursi pelatih diisi nama baru, yakni Paulo Fonseca. 

Tantangan AC Milan terletak pada laga-laga awal di fase liga. Pada laga pembuka, AC Milan sudah harus bertemu Liverpool. Setelah itu, mereka bakal menghadapi Bayer Leverkusen dan Club Brugge. Duel melawan Real Madrid juga harus dilakoni pada laga keempat. 

Setelah itu, lawan-lawan AC Milan terbilang mudah. Potensi untuk menang meyakinkan terbuka lebar sebab secara kualitas masih di bawah mereka. AC Milan bakal menghadapi Slovan Bratislava, Red Star Belgrade, Girona, dan Dinamo Zagreb.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Kemenangan Liverpool Atas AC Milan

3. Juventus siap kompetitif di Liga Champions setelah absen pada edisi sebelumnya

Juventus (x.com/juventusfc)

Juventus kembali berpartisipasi di Liga Champions pada 2024/2025. Setelah pada musim lalu harus absen, I Bianconeri kini siap menyambut lagi kompetisi prestise antarklub Eropa ini. Terlebih lagi, Thiago Motta bakal memimpin tim sebagai pelatih muda potensial.

Jadwal Juventus bisa dibilang tidak terlalu sulit. Namun, mereka tetap perlu waspada sebab komposisi pemain dengan pelatih baru belum sepenuhnya padu. Juventus bakal memulai Liga Champions musim ini dengan melawan kampiun Eredivisie Belanda 2023/2024, PSV Eindhoven.

Juventus kemudian akan menghadapi dua wakil Bundesliga Jerman, yakni RB Leipzig dan VfB Stuttgart. Setelah itu, Juventus bakal melakoni dua laga tandang melawan LOSC Lille dan Aston Villa. Lawan sulit juga dihadapi pada tiga laga terakhir. Juventus akan bertemu Manchester City, Club Brugge, dan Benfica.

4. Atalanta berlaga di Liga Champions dengan status juara Liga Europa 2023/2024

Atalanta (x.com/Atalanta_BC)

Atalanta berhasil mentas di Liga Champions 2024/2025 berkat statusnya sebagai juara Liga Europa 2023/2024. Namun, Atalanta juga sejatinya finis keempat di Serie A musim lalu. Ini yang membuat persiapan mereka apik sebab punya modal konsisten pada musim lalu. 

Skuad asuhan Gian Piero Gasperini mendapatkan lawan-lawan yang terbilang seimbang. Pada laga pembuka, Atalanta menjamu Arsenal. Setelah itu, ada Shakhtar Donetsk dan Celtic yang sudah menunggu. Young Boys dan Stuttgart juga punya potensi seimbang. 

Laga berat baru akan dijalani Atalanta ketika melawan Real Madrid pada laga keenam. Setelah itu, laga cukup mudah bakal dijalani dengan menerima kunjungan klub Austria, SK Sturm Graz. Barcelona akan menjadi laga penutup fase liga yang harus dijalani Atalanta.

Verified Writer

Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya