TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Spanyol vs Inggris, Duel Pembuktian Raja Eropa

Bentrok di final Euro 2024 #EURO2024

Selebrasi para pemain Spanyol usai mencetak gol ke gawang Georgia pada babak 16 besar Euro 2024. (uefa.com)

Euro 2024 akan memasuki partai final. Spanyol dan Inggris bentrok memperebutkan trofi di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Senin (15/7/2024) pukul 02:00 WIB. Pertarungan ini diprediksi berjalan ketat. 

Bertaburnya pemani bintang di dalam kedua tim akan menjadi suguhan. Semuanya tentu akan beradu kualitas demi meraih kemenangan. Tak cuma itu, adu taktik antara kedua pelatih juga dinantikan. Spanyol dan Inggris berpeluang menghadirkan duel keras pada partai final kali ini.

Lantas, seperti apa catatan yang mewarnai jelang bentrokan Spanyol dan Inggris pada partai final Euro 2024? Simak pratinjau laga kedua tim berikut ini.

1. Inggris unggul atas Spanyol dari riwayat pertemuan

Spanyol melawan Inggris pada perempat final Euro 1996. (uefa.com)

Spanyol dan Inggris sudah bersua sebanyak 27 kali di berbagai kompetisi. Inggris unggul dengan mencatatkan 13 kemenangan, berbanding Spanyol yang membuat 10 kemenangan. Sementara, empat laga sisanya berakhir imbang bagi kedua tim. 

Pertemuan terakhir keduanya terjadi pada UEFA Nations League 2018/2019. Saat itu, Inggris berhasil menumbangkan Spanyol dengan skor 3-2. Brace Raheem Sterling dan gol Marcus Rashford hanya bisa dibalas dua gol Paco Alcacer dan Sergio Ramos.

Jika melihat duel di Euro, Spanyol dan Inggris baru bertemu sebanyak dua kali. Bentrokan pertama terjadi pada fase grup Euro 1980. Inggris menang 2-1 atas Spanyol. Sementara, yang kedua pada perempat final Euro 1996, duel keduanya berakhir tanpa gol pada waktu normal. Inggris berhasil mengalahkan Spanyol via adu penalti dengan skor 4-2.

2. Misi Spanyol mengukuhkan diri sebagai penguasa Eropa

Selebrasi para pemain Spanyol usai lolos ke final Euro 2024. (uefa.com)

Final ini bakal menjadi penampilan kelima Spanyol sepanjang keikutsertannya di Euro. La Furia Roja sudah memenangi tiga kali. Keberhasilan juara tersebut diraih pada edisi 1964, 2008, dan 2012. Sementara, mereka hanya mengalami kegagalan sekali pada final. Ini terjadi ketika kalah dari Prancis dua gol tanpa balas pada 1984.

Spanyol mengusung misi untuk mengukuhkan diri sebagai penguasa Eropa. Jumlah tiga gelar yang dimiliki tersebut saat ini menjadi yang terbanyak, sejajar dengan Jerman. Andai bisa memenangi Euro 2024, maka La Furia Roja bakal memastikan diri menyandang titel sebagai negara pengoleksi trofi juara terbanyak. 

Baca Juga: 4 Rekor Gareth Southgate sebagai Manajer Timnas Inggris di Euro

3. Ambisi Inggris menebus kegagalan Euro 2020

Selebrasi para pemain Inggris usai lolos ke final Euro 2024. (uefa.com)

Sementara itu, Inggris membawa ambisi berbeda ke final Euro 2024. The Three Lions bakal mengincar gelar juara pertama mereka sepanjang sejarah. Ini sekaligus menebus kegagalan mereka pada edisi 2020 lalu. Saat itu, mereka takluk dari Italia lewat adu penalti. 

Misi untuk mewujudkan frasa football's coming home kian dekat bagi Inggris. Sebagai negara yang dianggap mengawali berkembangnya sepak bola, hal tersebut memang melekat ketika Inggris berlaga di final. Namun, satu-satunya keberhasilan yang mereka dapat hanyalah juara Piala Dunia 1966. Euro 2024 bakal menjadi pembuktian pasukan Gareth Southgate.

Verified Writer

Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya