TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Raih Emas Olimpiade, Sepak Bola Wanita Amerika Lanjutkan Dominasi

Amerika Serikat masih superior! #Olimpiade2024

Timnas sepak bola wanita Amerika Serikat meraih emas di Olimpiade Paris 2024. (x.com/USWNT)

Tim sepak bola wanita Amerika Serikat (AS) berjaya lagi di Olimpiade. The Stars and Stripes sukses mengalahkan Brasil 1-0 pada final yang digelar di Parc des Princes, Sabtu (10/8/2024). Gol tunggal Mallory Swanson membawa tim menyabet medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Keberhasilan ini kembali mengukuhkan superioritas tim sepak bola wanita AS di Olimpiade. Ini merupakan emas kelima yang sudah diraih AS sejak cabang olahraga ini digelar pada 1996 lalu. Jumlah tersebut merupakan yang banyak sekaligus menunjukkan dominasi mereka.

1. AS sukses meraih emas kelima Olimpiade

Trinity Rodman dan Naomi Girma merayakan keberhasilan Amerika Serikat meraih emas di Olimpiade Paris 2024. (x.com/USWNT)

Medali emas yang diraih AS di Olimpiade Paris 2024 merupakan yang kelima sepanjang keikutsertannya. Sejak pertama kali dipertandingkan di Olimpiade Atlanta 1996, AS sudah memperlihatkan kualitasnya. Saat itu, status tuan rumah berhasil dimanfaatkan dengan baik. AS mampu mengalahkan China dengan skor 2-1 untuk mendapatkan emas pertama. 

Edisi selanjutnya di Olimpiade Sydney 2000, AS gagal mengulangi keberhasilan tersebut. Namun, mereka masih bisa meraih perak. Baru setelah itu, dominasi mereka terlihat dalam tiga edisi beruntun. AS sukses menunjukkan superioritasnya dengan menyabet emas di Olimpiade Athena 2004, Beijing 2008, dan London 2012. 

2. Raihan emas AS di Olimpiade Paris 2024 diperoleh dengan memenangkan semua laga

Mallory Swanson (fifa.com)

Langkah AS di Olimpiade Paris 2024 terbilang mulus tanpa hambatan. Tergabung di Grup B bersama Australia, Jerman, dan Zambia, AS tak mendapatkan kesulitan. Tim besutan Emma Hayes menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan. 

Pada fase gugur, AS juga mampu menunjukkan kualitasnya. AS menang 1-0 atas Jepang pada perempat final. Sementara di semifinal, AS juga mengalahkan Jerman dengan skor serupa. Penentuan medali emas diperebutkan dengan Brasil. AS berhasil menang via gol tunggal Mallory Swanson.

Baca Juga: 6 Pebasket Partizan Belgrade yang Bermain di Olimpiade 2024

3. Akhiri penantian 12 tahun untuk meraih emas lagi

Timnas sepak bola wanita Amerika Serikat meraih emas di Olimpiade Paris 2024. (ussoccer.com)

Setelah mendominasi sepak bola wanita di Olimpiade, AS mengalami penurunan performa. Pada dua edisi setelahnya, AS kesulitan bersaing. Di Olimpiade Rio 2016, AS memang tampil meyakinkan selama fase grup. Namun, mereka disingkirkan Swedia pada perrempat final. 

Baru di Olimpiade Tokyo 2020, AS mulai kembali ke bersaing. Meski tidak meraih emas, AS mampu mendapatkan medali perunggu. Ini menandai kebangkitan setelah gagal total di edisi sebelumnya. Modal inilah yang dibawa mereka ke Olimpiade Paris 2024. 

Verified Writer

Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya