TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penjualan Termahal Manchester City, Julian Alvarez Pecahkan Rekor!

Alvarez merapat ke Atletico Madrid

Julian Alvarez (x.com/Atleti)

Intinya Sih...

  • Julian Alvarez hengkang dari Manchester City ke Atletico Madrid dengan biaya transfer 75 juta euro atau Rp1,29 triliun.
  • Hengkangnya Alvarez membuat Manchester City memecahkan rekor penjualan pemain termahal setelah hanya dibeli seharga 21,4 juta euro atau Rp370 miliar.
  • Alvarez berhasil tampil produktif dengan kontribusi 36 gol dan 18 assist dari 108 pertandingan di berbagai ajang bersama Manchester City.

Julian Alvarez memutuskan untuk hengkang dari Manchester City pada musim panas 2024. Penyerang asal Argentina ini memilih bergabung dengan Atletico Madrid. Biaya kepindahan senilai 75 juta euro atau Rp1,29 triliun menjadi kesepakatan kedua klub. 

Biaya transfer tersebut membuat Manchester City memecahkan rekor penjualan pemain termahal. Padahal, Julian Alvarez hanya dibeli seharga 21,4 juta euro atau Rp370 miliar dari River Plate pada 2022 lalu. Ini tentunya menjadi keuntungan meski juga harus kehilangan pemain kunci. Dalam beberapa musim terakhir, klub sendiri kerap melego pemainnya dengan harga tinggi. Inilah penjualan termahal Manchester City.

1. Kepindahan Julian Alvarez ke Atletico Madrid senilai 75 juta euro (Rp1,29 triliun) memecahkan rekor

Julian Alvarez (x.com/Atleti)

Hengkangnya Julian Alvarez ke Atletico Madrid ini cukup mengejutkan. Maklum saja, ia baru memperkuat Mancheser City selama 2 musim. Meski singkat, segala trofi telah berhasil diraih, termasuk treble winners pada 2022/2023 lalu. Ia berhasil tampil produktif dengan kontribusi 36 gol dan 18 assist dari 108 pertandingan di berbagai ajang.

Atletico Madrid menebus Alvarez dengan harga 75 juta euro atau Rp1,29 triliun. Bagi klub ibu kota Spanyol ini, jumlah tersebut membuat sang pemain menjadi pembelian termahal kedua. Ia dikontrak selama 6 tahun hingga 2030 mendatang. Meski mahal, Los Rojiblancos menaruh harapan tinggi berkat pengalamannya. Kedatangannya bakal menambah produktivitas gol tim.

2. Chelsea membeli Raheem Sterling seharga 56,2 juta euro (Rp973 miliar)

Raheem Sterling (instagram.com/sterling7)

Pada musim panas 2022, Raheem Sterling meninggalkan Manchester City setelah 7 tahun mengabdi. Chelsea menebusnya dengan biaya 56,2 juta euro atau Rp973 miliar. Pemain asal Inggris ini tertarik pindah sebab proyek baru yang dibangun The Blues.

Perekrutan Sterling saat itu berdasarkan pengalaman matangnya di sepak bola Inggris. Sebelum memperkuat Manchester City, ia tampil impresif bersama Liverpool. Dalam 2 musim terakhir sejak kepindahannya ke Stamford Bridge, pemain berusia 29 tahun ini menjadi andalan. Ia mampu mengemas 19 gol dan 12 assist dari 81 kali bertanding bersama Chelsea.

Baca Juga: Mengenal Nico O'Reilly, Permata Terbaru Manchester City

3. Ferran Torres kembali ke Spanyol setelah dibeli Barcelona dengan harga 55 juta euro (Rp952 miliar)

Ferran Torres (fcbarcelona.com)

Ferran Torres mengadu nasib di Inggris bersama Manchester City pada 2020–2022. Selama 2,5 musim memperkuat The Citizens, ia kesulitan bersaing dengan hanya memainkan 43 laga. Dari jumlah penampilannya tersebut, ia menghasilkan 16 gol dan 4 assist 

Pada Januari 2022, Barcelona memulangkannya ke Spanyol. Torres ditebus seharga 55 juta euro atau Rp952 miliar. Secara perlahan, ia menjadi andalan di lini serangan Blaugrana. Ia sudah mencatakan 113 laga dengan kontribusi 25 gol dan 13 assist. Ia juga turut berperan membantu tim menjuarai LaLiga Spanyol dan Supercopa de Espana 2022/2023 lalu.

4. Pada musim panas 2022, Gabriel Jesus pindah ke Arsenal usai ditebus dengan 52,5 juta euro (Rp907 miliar)

Gabriel Jesus (instagram.com/dejesusoficial)

Gabriel Jesus hengkang dari Manchester City setelah membela klub selama 5,5 tahun pada 2017–2022. Pemain asal Brasil ini pindah ke Arsenal. Biaya kepindahannya mencapai 52,5 juta euro atau Rp907 miliar. 

Tak butuh waktu lama, Jesus langsung menjadi striker andalan Arsenal. Meski sempat absen akibat cedera, ia mampu mencatatkan 69 penampilan di berbagai kompetisi. Ia berkontribusi dengan membukukan total 19 gol dan 15 assist.

Verified Writer

Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya