TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penjualan Pemain Termahal RB Leipzig, Termasuk Dani Olmo!

Dani Olmo merapat ke Barcelona

Dani Olmo (fcbarcelona.com)

Barcelona sukses menggaet Dani Olmo pada musim panas 2024. Ia ditebus dari RB Leipzig dengan harga senilai 55 juta euro atau Rp958 miliar. Kontrak berdurasi 5 tahun bakal membuatnya berada di Camp Nou hingga 2029 mendatang.

Biaya transfer tersebut membuat Olmo masuk daftar penjualan pemain termahal RB Leipzig. Dalam beberapa musim terakhir, klub asal Jerman ini memang sering melego para pemainnya. Meski yang dilepas adalah sosok kunci, RB Leipzig seperti tak kehabisan talenta.

Dani Olmo berada di urutan kelima sebagai penjualan termahal RB Leipzig. Lalu, siapa saja yang lainnya? Simak berikut ini.

1. Josko Gvardiol menjadi penjualan termahal ketika ditebus Manchester City 90 juta euro (Rp1,57 triliun)

Josko Gvardiol (instagram.com/josko_gvardiol)

Pada musim panas 2023 lalu, Manchester City memecahkan rekor penjualan termahal RB Leipzig. Klub asal Inggris ini memboyong Josko Gvardiol yang saat itu naik daun sebagai bek muda. Biaya senilai 90 juta euro atau Rp1,57 triliun menjadi kesepakatan transfer kedua klub. 

Gvardiol pun membuktikan bahwa harganya sepadan dengan kualitasnya. Musim debutnya pada 2023/2024, ia menjadi andalan dengan memainkan 42 laga. Ia juga bermain produktif dengan mengemas 5 gol dan 3 assist. Bek asal Kroasia ini berperan penting membantu Manchester City menjuarai English Premier League, UEFA Supercup, dan Piala Dunia Antarklub.

2. Dominik Szoboszlai pindah ke Liverpool dengan biaya 70 juta euro (Rp1,22 triliun)

Dominik Szoboszlai (liverpoolfc.com)

Pada jendela transfer yang sama, Dominik Szoboszlai juga meninggalkan RB Leipzig dengan harga mahal. Liverpool berani menebus klausul rilisnya yang senilai 70 juta euro atau Rp1,22 triliun. Klub asal Inggris ini membayar mahal untuk mendatangkannya ke Anfield. 

Penampilan Szoboszlai di Liverpool terbilang masih belum konsisten. Gelandang asal Hungaria ini sempat bermain apik pada awal musim. Namun, performanya menurun pada paruh kedua musim. Meski demikian, ia mampu memainkan 45 laga dengan kontribusi 7 gol dan 4 assist. Ia juga turut membantu The Reds menjuarai Piala Liga Inggris 2023/2024. 

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor Punggung 8 Liverpool sebelum Dominik Szoboszlai

3. Chelsea membayar 60 juta euro (Rp1,04 triliun) untuk mendapatkan Christoper Nkunku

Christopher Nkunku (chelseafc.com)

Tak cuma kedua pemain di atas, RB Leipzig juga menjual lagi pemain kuncinya pada musim panas 2023. Christopher Nkunku hengkang dengan harga mahal setelah ditebus Chelsea. Pemain asal Prancis itu berlabuh ke London dengan biaya 60 juta euro atau Rp1,04 triliun).

Sayangnya, kiprah Nkunku di Chelsea tidak berjalan mulus. Ia banyak menderita cedera pada 2023/2024. Pada awal musim, ia mengalami cedera lutut dan membuatnya absen 3 bulan. Setelah itu, ia menderita cedera pinggul dan juga berkutat dengan masalah pada hamstring-nya. Musim lalu. ia hanya memainkan 14 laga dengan sumbangsih 3 gol. 

4. Naby Keita ditebus Liverpool dengan biaya 60 juta euro (Rp1,04 triliun)

Naby Keita (liverpoolfc.com)

Sebelum tiga pemain di atas, rekor penjualan termahal cukup lama dipegang oleh Naby Keita. Pada musim panas 2018, Liverpool memboyong sang pemain ke Anfield dengan biaya 60 juta euro atau Rp1,04 triliun. Performa impresifnya membuat Liverpool kepincut. 

Sayangnya, harga yang dibayarkan Liverpool tidak sepadan dengan kontribusinya. Keita lebih sering absen akibat cedera. Selama 5 tahun membela Liverpool, ia hanya berlaga sebanyak 127 kali dengan mengemas 11 gol dan 7 assist. Meski demikian, ia mampu membawa Liverpool berjaya dengan menjuarai Liga Champions, Premier League, UEFA Super Cup, Piala Dunia Antarklub, Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Community Shield.

Verified Writer

Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya