TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pengguna Nomor Punggung 4 Chelsea sebelum Tosin Adarabioyo

Sebagian besar mampu berprestasi

Tosin Adarabioyo (chelseafc..com)

Intinya Sih...

  • Tosin Adarabioyo bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2024 setelah kontraknya bersama Fulham habis.
  • Adarabioyo memilih nomor punggung 4 yang sebelumnya dipakai oleh Benoit Badiashile, Andreas Christensen, Cesc Fabregas, David Luiz, dan Claude Makelele.
  • Pemain sebelumnya yang memakai nomor punggung 4 memiliki kiprah sukses di Chelsea dengan berbagai prestasi.

Tosin Adarabioyo bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2024. Ia berlabuh ke Stamford Bridge dengan status bebas transfer setelah kontraknya habis bersama Fulham. Ia meneken kontrak berdurasi 4 tahun, yang berlaku hingga 2028 mendatang. 

Kedatangan Adarabioyo ini untuk menambah kedalaman skuad di lini pertahanan. Sang pemain memilih untuk menggunakan nomor punggung 4 yang identik dengan bek tengah. Sebelumnya, ada banyak pemain yang mengenakan nomor ini di Chelsea sebelum Adarabioyo. Siapa saja mereka dan seperti apa kiprahnya? Simak berikut ini.

1. Benoit Badiashile belum konsisten sebagai bek tengah

Benoit Badiashile (instagram.com/benoit.badishile)

Benoit Badiashile merupakan pengguna nomor punggung 4 terakhir. Pemain asal Prancis ini datang pada musim panas 2022. Ia memilih nomor punggung tersebut pada musim debutnya 2022/2023. Pada musim keduanya, ia berganti ke nomor punggung 5.

Kiprah Badiashile di Chelsea terbilang belum konsisten. Ia sudah membela The Blues selama 2 musim, tetapi baru bermain sebanyak 33 kali. Faktor cedera dan kurangnya kepercayaan menjadi alasan yang mendasarinya. Pada musim baru nanti, ia harus menunjukkan kualitasnya sebab bersaing dengan banyak nama di posisi bek tengah.

2. Andreas Christensen mengukir kesuksesan bersama Chelsea

Andreas Christensen (chelseafc.com)

Andreas Christensen berada di Chelsea sejak belia ketika masuk ke akademi pada 2012 lalu. Ia tampil menonjol sehingga dipromosikan ke tim utama pada 2014. Meski sempat dipinjamkan hingga 2016, ia kemudian menjadi andalan ketika kembali ke Chelsea. Secara total, ia berada di Chelsea selama hampir sedekade hingga 2022. 

Pemain asal Denmark ini kerap berganti nomor punggung. Christensen pernah memakai nomor 31, 27, 3, sebelum mengenakan 4 pada musim-musim terakhirnya. Ia telah memainkan total 161 laga bersama Chelsea, juga mengukir kesuksesan dengan menjuarai Liga Champions Eropa, Liga Europa, Piala FA, Piala Liga Inggris, UEFA Supercup, dan Piala Dunia Antarklub. 

Baca Juga: 5 Penyerang Spanyol yang Membela Chelsea sebelum Samu Omorodion

3. Cesc Fabregas menjadi gelandang kreatif selama membela Chelsea

Cesc Fabregas (x.com/ChelseaFC)

Cesc Fabregas memperkuat Chelsea selama 5 tahun pada 2014–2019. Dalam masa kerjanya tersebut, pemain asal Spanyol ini ikonis dengan nomor punggung 4. Selama berkarier di London Barat, ia memainkan 198 laga dengan kontribusi 22 gol dan 57 assist. 

Sosoknya di lini tengah merupakan tumpuan utama kreativitas Chelsea. Fabregas mampu membawa permainan lebih mencair dengan umpan-umpannya yang terukur. Performa konsistennya ini pun menghasilkan trofi penting bagi The Blues, di antaranya 2 gelar juara English Premier League, 1 Liga Europa, 1 Piala FA, dan 1 Piala Liga Inggris.

4. David Luiz diandalkan di lini pertahanan Chelsea

David Luiz (chelseafc.com)

David Luiz menjalani dua periode berbeda bersama Chelsea, yakni pada 2011–2014 dan 2016–2019. Pada periode pertamanya, ia mengenakan nomor punggung 4. Sementara, pada masa kerja keduanya, ia memakai nomor punggung 30. 

Pemain asal Brasil ini menjadi andalan di lini pertahanan Chelsea. Secara keseluruhan, Luiz mencatatkan 248 penampilan dengan sumbangsih 18 gol dan 11 assist. Prestasinya juga mentereng, yakni 2 titel juara Liga Europa, 2 Piala FA, 1 Liga Champions, dan 1 Premier League.

Verified Writer

Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya