TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pengguna Nomor Punggung 17 Juventus sebelum Samuel Iling-Junior

Beberapa di antaranya jadi andalan

Samuel Iling-Junior (instagram.com/samuelilingjr)

Samuel Iling-Junior menunjukkan peningkatan kualitas cukup signifikan bersama Juventus. Pemain berusia 20 tahun ini perlahan dipercaya bermain sebagai winger kiri di lini penyerangan. Perkembangannya sebagai pemain muda memiliki progres yang baik bersama Si Nyonya Tua. 

Pada 2023/2024, Iling-Junior memutuskan mengganti nomor punggungnya menjadi 17. Sebelumnya, ia memakai nomor punggung 43 ketika naik level dari Juve Next Gen menembus skuad utama Juventus 2022/2023 lalu. Kini, ia mempunyai identitas baru untuk menandai kariernya sebagai pemain utama di Allianz Stadium. 

Sebelumnya, sejumlah nama beken pernah menggunakan nomor punggung 17 selama berkarier di Juventus. Siapa saja mereka?

1. Filip Kostic menjadi andalan di sisi kiri permainan Juventus

Filip Kostic (twitter.com/juventusfc)

Filip Kostic merupakan pengguna nomor punggung 17 terakhir sebelum Samuel Iling-Junior. Ia menggunakan nomor ini di musim perdananya bersama Juventus pada 2022/2023 lalu. Mulai musim 2023/2024, ia mengganti nomor punggungnya menjadi 11.

Performa Kostic bersama Juventus terbilang konsisten dan stabil. Beroperasi di sisi kiri permainan tim, ia menjadi andalan untuk menusuk ke pertahanan lawan. Selain berperan sebagai gelandang kiri, pemain asal Serbia ini juga beberapa kali bertugas di sisi kiri serangan. Sejauh ini, ia sudah bermain dalam 75 pertandingan dengan koleksi 3 gol dan 15 assist.

Baca Juga: Profil Samuel Iling-Junior, Tolak Beasiswa dari Chelsea demi Juventus

2. Luca Pellegrini lebih sering dipinjamkan daripada bermain bersama Juventus

Luca Pellegrini (juventus.com)

Luca Pellegrini merupakan pemain Juventus yang kerap keluar masuk di tiap bursa transfer. Bergabung pada 2019 lalu, ia lebih sering dipinjamkan. Musim 2021/2022 menjadi satu-satunya periode di mana ia dipercaya berlaga bersama Si Nyonya Tua dengan total 21 kali bermain. Saat itu, ia memakai nomor punggung 17. 

Sejak kedatangannya, Pellegrini sering dipinjamkan ke klub-klub Italia lainnya. Ia tercatat pernah bermain untuk Cagliari, Genoa, dan saat ini bersama Lazio. Terkhusus bersama tim Elang Ibu Kota, ia bakal menjalani masa peminjaman selama 2 musim, terhitung mulai 2023–2025 mendatang. Faktor kalah bersaing menjadi salah satu alasan di balik seringnya ia dipinjamkan ke klub lain.

3. Mario Mandzukic menjadi mesin gol andalan Juventus

Mario Mandzukic (juventus.com)

Mario Mandzukic memperkuat Juventus pada periode 2015–2020. Ia menghabiskan waktu selama 4,5 tahun untuk menjadi ujung tombak serangan Si Nyonya Tua. Pemain berpaspor Kroasia ini identik dengan nomor punggung 17 selama kariernya di Turin.

Catatan 44 gol dan 18 assist dari 162 laga menjadi bukti produktivitasnya bersama Juventus. Deretan prestasi mentereng juga berhasil diperolehnya selama membela Si Nyonya Tua. Mandzukic mempersembahkan 5 trofi Serie A, 3 Coppa Italia, dan 2 Supercoppa Italiana ke Turin. Pada 1 Juli 2021 lalu, ia pensiun dengan klub terakhir yang dibelanya adalah AC Milan.

4. Paulo De Ceglie merupakan pemain serbabisa bagi Juventus

Paulo De Ceglie (juventus.com)

Paulo De Ceglie merupakan jebolan akademi Juventus yang berhasil menembus tim utama. Ia tercatat membela Si Nyonya Tua pada 2006–2017. Namun, ia juga beberapa kali dipinjamkan di awal dan akhir kariernya. Saat itu, ia beberapa kali mengganti nomor punggung seperti 11 dan 29. Nomor punggung 17 hanya dipakai saat musim 2014/2015. 

Periode keemasannya di Turin terjadi pada 2006–2014. Selama masa itu, De Ceglie merupakan pemain andalan dengan catatan 128 penampilan. Ia biasa beroperasi sebagai gelandang kiri dan bek kiri untuk Juventus. Miami Beach menjadi klub terakhir yang diperkuatnya sebelum pensiun pada 1 September 2021 lalu. 

Verified Writer

Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya