TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Pemain yang Pernah Memperkuat RB Salzburg dan Liverpool

Bobby Clark merapat ke RB Salzburg

Bobby Clark (redbullsalzburg.at)

Intinya Sih...

  • RB Salzburg merekrut Bobby Clark dari Liverpool dengan biaya 10 juta pound sterling atau Rp203 miliar, kontrak berdurasi 5 tahun.
  • Sadio Mane dan Naby Keita pernah membela RB Salzburg sebelum bersinar di Liverpool, sedangkan Dominik Szoboszlai dan Takumi Minamino melangkah ke Liverpool setelah bermain di RB Salzburg.
  • Bobby Clark dipercaya untuk bersinar di RB Salzburg di bawah kendali Pep Ljinders yang pernah bekerja sama dengannya di Liverpool, memiliki peluang besar menjadi bintang di Red Bull Arena.

RB Salzburg merekrut talenta muda potensial bernama Bobby Clark. Pemain berusia 19 tahun ini didatangkan dari Liverpool dengan biaya 10 juta pound sterling atau Rp203 miliar. Kontrak berdurasi 5 tahun akan membuatnya berada di klub Austria tersebut hingga 2029 mendatang.

Bobby Clark menambah daftar panjang para pemain yang pernah membela RB Salzburg dan Liverpool. Sebelumnya, sejumlah nama top pernah memperkuat kedua klub. Siapa saja mereka dan seperti apa kiprahnya? Simak ulasannya berikut ini!

1. Sadio Mane sama-sama diandalkan RB Salzburg dan Liverpool

Sadio Mane (liverpoolfc.com)

Sadio Mane membela RB Salzburg pada masa awal membangun karier pada 2012–2014. Selama 2 tahun tersebut, dia berkembang menjadi pemain tajam. Meski singkat, pemain asal Senegal ini berkontribusi dengan mencetak 45 gol dan 32 assist dari 87 laga. Dia mampu membantu tim menjuarai 2 kali Bundesliga Austria dan 2 gelar juara Austrian Cup. 

Sementara itu, bisa dibilang Mane mengalami puncak karier bersama Liverpool. Dia membela klub Merseyside ini selama 6 tahun pada 2016–2022. Dia mencatatkan 269 laga dengan kontribusi 120 gol dan 42 assist. Peran pentingnya di lini serangan membawa Liverpool bangkit dan meraih beragam prestasi, seperti juara Liga Champions Eropa, English Premier League, UEFA Super Cup, Piala Dunia Antarklub, Piala FA, dan Piala Liga Inggris.

2. Naby Keita bermain lebih baik ketika membela RB Salzburg

Naby Keita (x.com/FCRBS_en)

Naby Keita hanya memperkuat RB Salzburg pada 2014–2016. Selama 2 musim tersebut, dia merupakan gelandang andalan dengan catatan 87 laga. Dia tampil produktif dengan 20 gol dan 12 assist. Dia juga berhasil membawa tim menjuarai 2 Bundesliga Austria dan 2 Austrian Cup.

Namun, kiprahnya di Liverpool berbeda, sebab Keita lebih akrab dengan cedera. Selama membela Liverpool pada 2018–2023, dia hanya bermain sebanyak 121 kali dengan kontribusi 11 gol dan 7 assist. Padahal, dia direkrut dengan biaya mahal dari RB Leipzig saat itu. Meski mampu menghadirkan prestasi, pemain asal Guinea ini gagal berkontribusi secara maksimal.

3. Dominik Szoboszlai kini menjadi andalan Liverpool

Dominik Szoboszlai (instagram.com/szoboszlaidominik)

RB Salzburg merupakan salah satu klub awal Dominik Szoboszlai berkarier. Dia menghabiskan waktu di sini selama 3 tahun pada 2018–2021 sebelum pindah ke RB Leipzig. Pemain asal Hungaria ini memainkan 83 laga dengan catatan 26 gol dan 34 assist. 

Pada musim panas 2023 lalu, Liverpool membeli Dominik Szoboszlai dari RB Leipzig. Dia ditebus dengan harga mahal senilai 70 juta euro atau Rp1,20 triliun. Musim debutnya pada 2023/2024, dia tampil menjanjikan dengan bermain sebanyak 46 kali. Dia juga berkontribusi membuat 7 gol dan 5 assist serta membantu tim menjuarai Piala Liga Inggris. 

Baca Juga: 3 Pemain RB Salzburg Terakhir yang Dilepas ke Klub Serie A Italia

4. Takumi Minamino tampil lebih tajam bersama RB Salzburg

Takumi Minamino (x.com/RedBullSalzburg)

RB Salzburg merupakan klub Eropa pertama yang dibela Takumi Minamino. Pada Januari 2015, dia direkrut dari klub Jepang, Cerezo Osaka. Bersama klub Austria ini, dia menghabiskan waktu selama 5 tahun. Dia memainkan 199 laga dengan mengemas 64 gol dan 42 assist. 

Performa gemilang tersebut yang membuat Liverpool merekrutnya pada Januari 2020. Sayangnya, Minamino hanya menjadi pelapis di lini serangan. Selama 2,5 tahun di Anfield, dia bermain sebanyak 55 kali dengan kontribusi 14 gol dan 2 assist. Meski demikian, dia berhasil membantu Liverpool menjuarai Premier League, Piala FA, dan Piala Liga Inggris.

5. Andre Wisdom membela RB Salzburg dan Liverpool dalam waktu singkat

Andre Wisdom (liverpoolfc.com)

Andre Wisdom merupakan jebolan akademi Liverpool. Dia bermain di tim utama pada pada 2012–2014. Namun, perannya sebagai bek pelapis sehingga hanya memainkan 22 laga. Setelah itu, dia lebih menghabiskan waktu sebagai pemain pinjaman di klub lain.

RB Salzburg menjadi salah satu klub yang meminjamnya pada 2016/2017. Pada awal kedatangannya, Wisdom hanya berperan sebagai pemain pelapis. Secara perlahan, dia mampu diandalkan dalam 24 laga. Namun, penampilan tersebut tak membuatnya dipermanenkan.

Verified Writer

Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya