TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain yang Pernah Membela Marseille dan Tottenham

Pierre-Emile Hojbjerg terbaru!

Pierre-Emile Hojbjerg (instagram.com/olympiquedemarseille)

Intinya Sih...

  • Pierre-Emile Hojbjerg dipinjam oleh Olympique Marseille dari Tottenham Hotspur untuk musim 2024/2025.
  • Hojbjerg merupakan pemain keenam yang memperkuat kedua klub, setelah Chris Waddle, Mido, William Gallas, Clinton N'Jiae, dan Georges-Kevin Nkoudou.
  • Para pemain sebelumnya memiliki kiprah beragam di kedua klub, dengan harapan Hojbjerg bisa menjadi andalan di Marseille.

Olympique Marseille berhasil mendatangkan Pierre-Emile Hojbjerg pada musim panas 2024. Pemain asal Denmark ini dipinjam dari Tottenham Hotspur selama semusim untuk 2024/2025. Kedatangannya ini bertujuan untuk menambah kualitas di lini tengah tim agar kompetitif.  

Bergabungnya Hojbjerg ke Marseille ini menambah panjang daftar pemain yang juga pernah berseragam Tottenham. Ia merupakan pemain keenam yang memperkuat kedua klub. Sebelumnya, ada lima pemain yang sudah lebih dulu. Siapa saja dan seperti apa kiprahnya? Simak informasinya berikut ini!

1. Chris Waddle tampil moncer di Marseille dan Tottenham

Chris Waddle (tottenhamhotspur.com)

Chris Waddle pernah memperkuat Tottenham pada periode 1985–1989. Selama 4 tahun di klub London ini, ia menjadi andalan di lini serangan. Sosoknya yang serbabisa membuatnya diandalkan dalam 165 laga. Ia mampu tampil produktif dengan kontribusi 41 gol dan 13 assist. 

Performa impresifnya tersebut membuat Marseille kepincut. Waddle dibeli seharga 4,5 juta pound sterling atau Rp92 miliar pada musim panas 1989. Ia membela klub selama 3 tahun hingga 1992. Selama periodenya tersebut, ia sukses menjuarai Ligue 1 Prancis selama 3 musim beruntun. Secara total, ia mencatatkan 140 laga dengan gelontoran 28 gol dan 36 assist.

2. Mido mampu menjadi striker andalan kedua klub

Mido (tottenhamhotspur.com)

Mido lebih dahulu membela Marseille dalam kariernya. Namun, ia hanya singkat berada di klub Prancis tersebut. Pemain asal Mesir ini hanya memperkuat klub semusim pada 2003/2004. Ia menjadi andalan dalam 34 laga dengan mengemas 9 gol dan 7 assist. 

Pada Januari 2005, Mido menjalani masa peminjaman di Tottenham. Kiprahnya yang apik membuatnya dipermanenkan. Ia menghabiskan waktu selama 2,5 musim hingga 2007. Secara keseluruhan, ia memainkan 61 laga dengan kontribusi 19 gol dan 5 assist.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Membela Bayern Muenchen dan Tottenham

3. William Gallas merupakan bek andalan Marseille dan Tottenham

William Gallas (x.com/SpursOfficial)

William Gallas berada di Marseille saat awal kariernya. Ia memperkuat klub selama 4 tahun pada 1997–2001. Ia menjadi bek andalan dengan catatan 108 pertandingan. Penampilan apiknya ini yang mengantarkannya berkarier ke Inggris setelah dibeli Chelsea. 

Pemain asal Prancis ini membuktikan diri sebagai salah satu bek ikonis di Premier League. Selain Chelsea, ia juga memperkuat Arsenal sebelum akhirnya pindah ke Tottenham pada 2010. Ia memperkuat Tottenham selama 3 tahun hingga 2013 dengan memainkan 78 pertandingan.

4. Clinton N’Jie lebih menonjol ketika bersama Marseille

Clinton N'Jie (x.com/OM_Officiel)

Pada musim panas 2015, Tottenham membeli Clinton N'Jiae dibeli dari Olympique Lyon. Namun, kiprahnya bersama klub London ini tidak istimewa. Pada musim debutnya, ia hanya memainkan 14 laga. Ini yang membuatnya kemudian dipinjamkan pada musim panas 2016. 

N'Jiae kemudian dipinjamkan ke Marseille untuk musim 2016/2017. Kiprahnya yang impresif tersebut membuatnya dipermanenkan. Total, ia memperkuat klub selama 3 tahun pada 2016–2019. Ia tampil sebanyak 83 kali dengan kontribusi 16 gol dan 10 assist. 

Verified Writer

Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya