TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Pemain Kunci yang Bawa FC St. Pauli Promosi ke Bundesliga 2024/2025

Ada Jackson Irvine

Jackson Irvine (instagram.com/jacksonirvine_)

FC St. Pauli sukses keluar sebagai juara 2. Bundesliga Jerman 2023/2024. Tim besutan Fabian Huezeler ini meraup total 69 poin dari 34 kali berlaga. Hasil tersebut didapatkan dari 20 kemenangan, 9 hasil imbang, dan 5 kekalahan.

Raihan gelar juara 2. Bundesliga ini menandai kembalinya St. Pauli ke Bundesliga setelah 13 tahun absen. Terakhir kali mereka mentas di liga teratas Jerman terjadi pada 2011/2012 silam. Die Kiezkicker bakal kembali berkompetisi dengan klub-klub elite lainnya pada 2024/2025.

Kesuksesan St. Pauli promosi ke Bundesliga tentunya berkat kerja keras para pemain. Mereka menjadi elemen utama keberhasilan tim. Dari sekian banyak nama di dalam skuad, terdapat sederet pemain yang menjadi sosok kunci. Ada tujuh pemain St. Pauli yang berperan krusial di dalam permainan tim. Siapa saja mereka dan bagaimana kiprahnya?

1. Marcel Hartel tumpuan utama produktivitas gol tim

Marcel Hartel (x.com/fcstpauli)

Marcel Hartel merupakan pemain vital St. Pauli. Berposisi sebagai gelandang, ia menjadi pemain terproduktif di dalam tim. Meski bukan pemain depan, ia berhasil menciptakan 17 gol dan 13 assist dari 33 kali bertanding. Berkat perannya ini, produktivitas tim meningkat tajam. Namun, musim 2023/2024 merupakan musim terakhirnya bersama St. Pauli. Ia tidak memperpanjang kontraknya yang habis pada musim panas 2024.

2. Jackson Irvine menjadi jenderal lapangan tengah sekaligus kapten tim

Jackson Irvine (instagram.com/jacksonirvine_)

Jackson Irvine bertugas sebagai gelandang sentrai di St. Pauli. Ia bertandem dengan Marcel Hartel sebagai poros permainan sekaligus sumber kreativias tim. Pemain asal Australia ini diandalkan dalam 27 laga dengan berperan juga sebagai kapten. Ia bermain cukup produktif dengan kontribusi 6 gol dan 9 assist. 

3. Oladapo Afolayan melakoni musim penuh perdana dengan mengesankan

Oladapo Afolayan (instagram.com/dapo_afolayan)

Musim 2023/2024 merupakan musim penuh perdana Oladapo Afolayan bersama St. Pauli. Didatangkan pada Januari 2023, ia perlahan menunjukkan peran pentingnya di dalam tim. Beroperasi sebagai winger kanan, ia mengemas 6 gol dan 3 assist dari 31 kali berlaga. 

Baca Juga: 6 Pemain FC St Pauli 2023/2024 yang Pernah Bermain di Bundesliga

4. Nikola Vasilj tak tergantikan di bawah mistar gawang

Nikola Vasilj (instagram.com/nikolavasilj22)

Nikola Vasilj menjadi sosok kunci di garis pertahanan terakhir St. Pauli. Ia menjadi kiper tak tergantikan di sepanjang musim 2023/2024. Ia memainkan seluruh pertandingan 2. Bundesliga yang berjumlah 34. Dari penampilannya tersebut, ia mencatatkan 10 clean sheets. Jumlah kebobolannya hanya 36, menjadikan St. Pauli tim paling sedikit kebobolan.

5. Johannes Eggestein tampil sebagai striker utama

Johannes Eggestein (x.com/fcstpauli)

Johannes Eggestein menjadi ujung tombak serangan St. Pauli di 2. Bundesliga 2023/2024. Pemain asal Jerman ini diandalkan dalam 29 pertandingan. Penampilannya cukup tajam dengan mengemas 9 gol dan 4 assist. Meski keterlibatan golnya terbilang sedikit sebagai striker, ia tetap menjadi sosok kunci di lini serangan membantu produktivitas tim.

6. Hauke Wahl bermain tangguh di musim debutnya

Hauke Wahl (instagram.com/haukewahl)

Hauke Wahl memainkan 33 pertandingan bersama St. Pauli. Pemain berusia 30 tahun ini merupakan pemain anyar yang baru bergabung pada musim pans 2023. Musim perdananya berhasil dijalani dengan gemilang. Berkat pengalamannya, ia membantu tim merengkuh titel juara 2. Bundesliga sekaligus promosi ke Bundesliga 2024/2025.

7. Elias Saad tampil menjanjikan di sektor kiri penyerangan

Elias Saad (x.com/fcstpauli)

Elias Saad memainkan peran sebagai winger kiri di St. Pauli. Penampilannya cukup menjanjikan di musim penuh perdananya. Ia mampu menjadi andalan dengan dipercaya turun dalam 32 pertandingan. Dari jumlah penampilannya tersebut, ia mampu mengemas 7 gol dan 2 assist. 

Sederet pemain di atas merupakan sosok kunci keberhasilan St. Pauli menjuarai 2. Bundesliga. Namun, peran pemain lain juga tidak boleh dikesampingkan. Berkat kerja sama seluruh pemain, tim bisa juara sekaligus kembali mentas di Bundesliga 2024/2025.

Baca Juga: FC St Pauli, Klub Kiri yang Bakal Ramaikan Bundesliga 2024/2025 

Verified Writer

Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya