TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Pemain Italia yang Memperkuat AS Roma pada 2024/2025

Salah satunya Stephan El Shaarawy

Stephan El Shaarawy (instagram.com/stewel92)

AS Roma merupakan salah satu klub besar di Italia. Terlebih lagi, statusnya sebagai klub ibu kota membuat mereka mendapat banyak sorotan.

Salah satu yang menarik adalah komposisi pemain yang ada di skuad untuk musim 2024/2025. AS Roma tidak banyak diperkuat pemain asal Italia. 

Dari 26 pemain yang terdaftar, hanya ada 6 nama yang berasal dari Italia. Sebagian besar pemain berasal dari negara di Eropa lain dan Amerika Latin.

Lalu, siapa saja para pemain Italia yang ada di skuad AS Roma 2024/2025? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Stephan El Shaarawy merupakan sosok serbabisa di lini serang

Stephan El Shaarawy (instagram.com/stewel92)

Stephan El Shaarawy merupakan pemain kenamaan Italia. Ia sudah memperkuat AS Roma sejak 2021 lalu. Namun, ini adalah periode keduanya setelah yang pertama pada 2016–2019. Selama di ibu kota Italia, pemain berusia 31 tahun ini mampu menjadi andalan di lini serang.

Berkat sosoknya yang serbabisa sebagai pemain depan, El Shaarawy diandalkan dalam 281 laga di berbagai kompetisi. Posisi aslinya adalah winger kiri, tetapi juga dapat beroperasi sebagai second striker, winger kanan, gelandang serang, hingga gelandang sayap. Ini yang membuatnya produktif dengan gelontoran 61 gol dan 41 assist. 

2. Lorenzo Pellegrini berperan sebagai pemain kreatif sekaligus kapten AS Roma

Lorenzo Pellegrini (instagram.com/officialasroma)

Lorenzo Pellegrini menjadi salah satu pemain Italia yang punya peran penting di AS Roma. Ia merupakan gelandang serang yang menjadi tumpuan kreativitas permainan tim. Ia menjadi salah satu pemain senior sebab sudah berada di Stadio Olimpico sejak 2017 lalu. 

Sejauh ini, Pellegrini sudah mencatatkan 286 laga dengan kontribusi 53 gol dan 56 assist Tak cuma itu, ia juga bertugas sebagai kapten. Ia juga membantu AS Roma menjuarai UEFA Europa Conference League 2021/2022. Musim ini bakal menjadi musim ketujuh baginya di ibu kota Italia.

3. Bryan Cristante merupakan pemain senior di AS Roma

Bryan Cristante (instagram.com/officialasroma)

Bryan Cristante juga salah satu sosok senior di skuad AS Roma. Ia telah membela tim Serigala Ibu Kota sejak 2018 lalu. Bermula sebagai pemain pinjaman dari Atalanta, perannya yang mengesankan sebagai gelandang bertahan membuatnya dipermanenkan. 

Seiring waktu, Cristante tak cuma andal di posisi gelandang bertahan. Pemain berusia 29 tahun ini juga kerap dipasang sebagai gelandang sentral dan gelandang serang, bahkan bek tengah. Berkat sosoknya yang serbabisa, ia diandalkan dengan catatan 284 penampilan. Ia juga cukup produktif dengan sumbangsih 15 gol dan 18 assist. 

Baca Juga: 3 Opsi Pemain Depan AS Roma 2024/2025, Artem Dovbyk Terbaru

4. Gianluca Mancini mampu berperan kokoh di lini pertahanan

Gianluca Mancini (instagram.com/gianlumancio_23)

Gianluca Mancini juga memiliki jalan serupa dengan Bryan Cristante. Pada musim panas 2019, AS Roma meminjamnya dari Atalanta. Menariknya, ia berposisi asli sebagai gelandang bertahan, tetapi diplot sebagai bek tengah ketika di AS Roma. 

Berkat penampilannya yang menjanjikan, AS Roma memermanenkannya. Secara perlahan, Mancini mampu menjadi sosok penting di lini pertahanan tim. Sejauh ini, ia sudah memainkan 232 laga di berbagai ajang dengan kontribusi 15 gol dan 9 assist. 

5. Tommaso Baldanzi menjalani musim penuh perdana pada 2024/2025

Tommaso Baldanzi (instagram.com/tommasobaldanzi)

Tommaso Baldanzi bakal menjalani musim penuh perdananya pada 2024/2025. AS Roma mendatangkannya pada Januari 2024 lalu untuk meningkatkan kreativitas tim. Pada paruh kedua 2023/2024 lalu, ia tampil menjanjikan dengan dipercaya turun dalam 18 laga di semua ajang.

Kualitasnya sebagai pemain muda mampu ditunjukkan dengan baik. Pada musim ini, Baldanzi berpotensi menjadi tumpuan tim untuk bermain dengan kreatif. Pemain berusia 21 tahun ini punya banyak kesempatan untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya bersama AS Roma.

6. Niccolo Pisilli baru dipromosikan ke tim utama AS Roma

Niccolo Pisilli (x.com/OfficialASRoma)

Nicolo Pisilli dipromosikan secara penuh ke tim utama AS Roma pada 2024/2025. Namun, ia sejatinya sudah debut pada Mei 2023 lalu. Pada 2023/2024 lalu, ia mampu bermain sebanyak lima kali di tim utama. Ia juga mencetak gol perdananya untuk tim Serigala Ibu Kota. 

Kini, Pisilli bakal bermain di tim utama untuk menambah kedalaman lini tengah tim. Dengan usianya yang masih 19 tahun, berada di skuad dengan pemain berpengalaman bakal membantunya berkembang. Ia berpotensi menjadi andalan baru AS Roma musim ini.

Dari sederet pemain di atas, semua mempunyai peran masing-masing. Beberapa di antaranya merupakan sosok muda sehingga bisa menjadi prospek jangka panjang. Setelah pemecatan Daniele De Rossi sebagai pelatih, kini AS Roma ditangani Ivan Juric. Mampukah mereka membantu tim untuk kembali kompetitif pada 2024/2025? Patut ditunggu.

Baca Juga: 4 Pemain dengan Nilai Pasar Tertinggi di Serie A 2024/2025

Verified Writer

Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya