TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain yang Dilepas VfB Stuttgart pada Musim Panas 2023

Ada Wataru Endo hingga Konstantinos Mavropanos

Wataru Endo (liverpoolfc.com)

VfB Stuttgart cukup aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Klub Bundesliga Jerman ini berbenah dengan mendatangkan beberapa pemain. Namun, Die Schwaben juga melepas sejumlah nama.

Beberapa nama yang dilepas sejatinya merupakan andalan. Akan tetapi, sang pemain meminta pergi untuk menjajal tantangan baru pada musim 2023/2024. Berikut sederet nama yang dilepas VfB Stuttgart pada musim panas 2023.

1. Wataru Endo merapat ke Liverpool

Wataru Endo (liverpoolfc.com)

Wataru Endo dilepas Stuttgart ke Liverpool pada musim panas 2023. Kepergian pemain berusia 30 tahun ini berlangsung dengan cepat. Hanya butuh waktu beberapa hari saja kepindahannya dari Jerman ke Inggris terjadi.

Liverpool menebus Endo dengan harga sekitar 19 juta euro atau Rp314 miliar. The Reds mengontrak pemain internasional Jepang ini selama 4 tahun. Ia akan diproyeksikan sebagai pengganti Fabinho yang hengkang ke Al-Ittihad.

Pada musim panas 2023, Liverpool sejatinya mencari gelandang muda. Moises Caicedo dan Romeo Lavia sempat menjadi incaran utama, tetapi keduanya bergabung dengan Chelsea. The Reds akhirnya memilih Endo sebagai alternatif. Hal tersebut juga didasarkan pengalaman yang dimilikinya sehingga tidak perlu adaptasi bermain terlalu lama bersama tim.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 3 Liverpool sebelum Wataru Endo

2. Konstantinos Mavropanos kembali ke Inggris membela West Ham United

Konstantinos Mavropanos (whufc.com)

West Ham United mendatangkan Konstantinos Mavropanos dari Stuttgart. The Hammers menebusnya dengan biaya 20 juta euro atau Rp330 miliar. Bek asal Yunani ini dikontrak selama 5 tahun.

Kehadiran Mavropanos di lini belakang West Ham ini menambah kedalaman skuad. Pemain berusia 25 tahun ini tidak asing dengan sepak bola Inggris. Ia merupakan mantan pemain Arsenal.

Kendati pernah bermain di Inggris, Mavropanos lebih sering dipinjamkan. Selama periode 2018–2022, Arsenal kerap meminjamkannya ke klub Jerman. Ia tercatat hanya bermain sebanyak 8 kali bersama The Gunners. Performanya baru konsisten ketika di Stuttgart. Hal tersebut yang membuat West Ham kepincut dan merekrutnya.

3. Florian Mueller pindah ke SC Freiburg

Florian Mueller (scfreiburg.com)

Florian Mueller pergi dari Suttgart dan bergabung dengan SC Freiburg. Kepindahannya terwujud usai kesepakatan transfer senilai 1,5 juta euro atau Rp24 miliar. Ia dikontrak selama 4 tahun hingga 2027 mendatang.

Pemain yang berposisi sebagai kiper ini punya catatan apik bersama Stuttgart. Mueller bergabung pada musim panas 2021 lalu dan menjadi andalan di bawah mistar gawang. Ia terhitung membela tim selama dua musim dengan catatan 52 pertandingan.

Musim 2022/2023 lalu, ia berperan besar dalam keberhasilan Stuttgart bertahan di Bundesliga. Mueller tampil gemilang saat laga play-off penentuan degradasi melawan Hamburg SV. Ia turun bermain dalam dua leg dan berhasil mengantarkan tim menang lewat agregat 6-1. 

4. Alou Kuol kembali ke Australia memperkuat Central Coast Mariners

Alou Koul (ccmariners.com.au)

Alou Kuol dilepas Stuttgart kembali ke klub lamanya di Australia, Central Coast Mariners. Ia pulang ke kampung halamannya setelah gagal bersaing. Sebelumnya, ia datang ke Jerman pada musim panas 2021 lalu.

Striker berusia 22 tahun ini sempat dianggap sebagai pemain potensial. Pada awal kedatangannya, ia bermain untuk Stuttgart II yang berkompetisi di kasta keempat liga Jerman, Regionalliga. Ia hanya bermain selama 6 bulan dan kemudian dipinjamkan.

Kuol lalu dipinjamkan pada paruh kedua musim 2021/2022 ke SV Sandhausen yang juga bermain di Regionalliga. Sayangnya, ia gagal bersinar dan kembali lagi ke Stuttgart pada musim panas 2022. Musim 2022/2023, ia lebih sering bermain untuk Stuttgart II dibandingkan tim utama. Ia hanya pernah mencatatkan satu pertandingan bersama Stuttgart.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dibeli VfB Stuttgart pada Musim Panas 2023

Verified Writer

Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya