TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pelatih Inggris yang Menangani Klub Premier League 2024/2025

Salah satunya Eddie Howe!

Eddie Howe (premierleague.com)

English Premier League (EPL) dikenal sebagai liga top di Eropa yang kompetitif. Banyak pelatih yang menjajal tantangan dengan bersaing di kasta teratas Liga Inggris ini. Kompetisi yang ketat membuat para pelatih ingin menunjukkan kualitasnya dalam beradu taktik. 

Menariknya, tidak banyak pelatih lokal dari Inggris yang menukangi klub-klub Premier League. Ini seperti ironi bahwa di negara sendiri, para pelatih Inggris kalah pamornya dengan nama-nama dari negara lain. Tercatat, hanya ada empat pelatih asal Inggris yang menangani klub-klub Premier League 2024/2025.

1. Eddie Howe punya tugas membawa Newcastle United kembali kompetitif

Eddie Howe (premierleague.com)

Eddie Howe menjadi salah satu nama yang banyak diperbincangkan saat Newcastle United merekrutnya pada akhir tahun 2021. Saat itu, ia berhasil membawa The Magpies kompetitif di bawah kepemilikan baru. Sejumlah pemain bintang pun didatangkan ke St. James' Park. 

Hasilnya, Newcastle mampu finis di urutan keempat Premier League 2022/2023. Ini sekaligus membuatnya mereka mentas di Liga Champions Eropa 2023/2024. Sayangnya, pada musim tersebut, Newcastle mengalami penuruan performa akibat padatnya jadwal. Pada musim lalu, Alexander Isak cs. hanya bisa finis di peringkat tujuh Premier League. 

Pada musim 2024/2025, Eddie Howe punya tugas berat untuk membawa Newcastle kembali bersaing di papan atas Premier League. Jadwal yang tidak terlalu padat membuat kans mereka untuk kompetitif lagi terbuka. Dengan tambahan pemain baru, kehadiran mereka diharapkan dapat membantu tim kompetitif. 

2. Sean Dyche harus adaptif agar Everton tidak berkutat di papan bawah

Sean Dyche (premierleague.com)

Everton mengalami periode yang naik turun bersama Sean Dyche. Awalnya, juru taktik berusia 53 tahun ini datang sebagai penyelamat tim dari degradasi pada 2022/2023 lalu. Namun, penampilan tim juga tidak begitu konsisten. Musim penuh perdananya pada 2023/2024 lalu, Everton kerap kesulitan dan harus puas finis di peringkat 15.

Pada awal musim Premier League 2024/2025, Everton masih belum dinaungi keberuntungan. Dari empat laga yang dijalani, The Toffees mengalami kekalahan semuanya. Alhasil, klub asal Merseyside ini terbenam di dasar klasemen. Hal ini tentu bukan awal yang baik sehingga Sean Dyche harus adaptif agar tidak terjerembab di zona degradasi.

Dari laga-laga awal musim tersebut, Everton sejatinya mampu bermain produktif. Namun, mereka selalu gagal mempertahankan keunggulan. Kekalahan yang diderita Jordan Pickford dan kolega disebabkan tidak fokusnya tim ketika akhir laga. Ini menjadi hal yang harus dibenahi oleh Sean Dyche agar bisa bersaing di Premier League musim ini.

Baca Juga: 3 Pembelian Baru Everton pada Musim Panas 2024

3. Gary O'Neil berbenah bersama Wolverhampton Wanderers

Gary O'Neil (premierleague.com)

Musim debut Gary O'Neil bersama Wolverhampton Wanderers pada 2023/2024 lalu berjalan cukup menjanjikan. Di Premier League, ia membawa Wolves mengakhiri musim di peringkat 14. Meski belum bisa bersaing di papan atas, ini merupakan fondasi apik. 

Pada musim panas 2024, Wolves juga berbenah dengan mendatangkan sejumlah pemain. Ini dibutuhkan agar bisa kompetitif di Premier League 2024/2025. Namun, sejauh ini hasil tersebut belum bisa terlihat. Gary O'Neil masih belum menemukan permainan terbaiknya bersama tim. 

Verified Writer

Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya