TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jelang Borussia Dortmund vs Real Madrid di Final UCL 2023/2024

Berpotensi berjalan ketat!

Real Madrid (uefa.com)

Partai puncak UEFA Champions League alias Liga Champions Eropa 2023/2024 bakal bergulir akhir pekan ini. Borussia Dortmund menantang Real Madrid untuk memperebutkan Si Kuping Besar. Laga final dihelat di Wembley Stadium, London, Inggris, Minggu (2/6/2024) pukul 2:00 WIB. 

Real Madrid menjadi unggulan pada laga ini. Maklum saja, wakil Spanyol tersebut merupakan rajanya Liga Champions. Mereka merupakan pemilik gelar juara terbanyak dengan koleksi 14 trofi. Namun, Borussia Dortmund bukanlah lawan yang mudah ditaklukkan. Perjalanan mereka di Liga Champions musim ini tak bisa dianggap remeh. Wakil Jerman tersebut mengalahkan sederet tim unggulan untuk mencapai partai final. 

Jelang bentrokan kedua tim, mari melihat pratinjau laga yang mempertemukan Borussia Dortmund dan Real Madrid di final Liga Champions 2023/2024 melalui ulasan di bawah ini!

1. Riwayat pertemuan menunjukkan Real Madrid lebih dominan dari Borussia Dortmund

Real Madrid melawan Borussia Dortmund di Liga Champions 2017/2018. (x.xom/realmadrid)

Kedua tim sudah bersua dalam 14 laga di Liga Champions. Dari jumlah pertemuan tersebut, Real Madrid unggul dengan mencatatkan enam kemenangan. Sementara, Borussia Dortmund mampu meraih tiga kemenangan. Sisanya berakhir imbang sebanyak lima kali.

Pertemuan terakhir keduanya terjadi di Liga Champions 2017/2018. Real Madrid dan Dortmund satu grup saat itu. Dalam dua kali bertemu pada fase grup, Real Madrid mampu memenangi keduanya. Mereka menang 3-1 ketika bertandang. Saat bermain di markas sendiri juga menang dengan skor 3-2.

2. Real Madrid selalu digdaya di partai final

Selebrasi Real Madrid usai lolos ke final Liga Champions 2023/2024. (x.com/realmadrid)

Real Madrid bakal melakoni final ke-18 di ajang Liga Champions. Jumlah ini merupakan yang terbanyak dibandingkan klub lainnya. Dari final tersebut, mereka mampu memenanginya sebanyak 14 kali. Mereka tercatat hanya tiga kali gagal menjadi juara. 

Jika melihat performa Real Madrid di final, maka hanya kedigdayaan yang ditunjukkan. Terakhir kali mereka kalah terjadi pada 1980/1981. Kala itu, mereka takluk dari Liverpool. Selepas itu, Los Blancos selalu merengkuh trofi Liga Champions ketika mentas di final. 

Dalam sedekade terakhir, Real Madrid berhasil melaju ke final sebanyak lima kali dan sukses memenangkan semuanya. Hal tersebut termasuk mencetak sejarah dengan juara 3 musim beruntun pada 2016–2018. Penampilan final terakhir mereka terjadi pada 2021/2022. Saat itu, Real Madrid mengalahkan Liverpool di final untuk meraih trofi ke-14.

Baca Juga: 4 Pemain Borussia Dortmund 2013 yang Kembali Tampil di Final UCL

3. Borussia Dortmund melawan ketidakmungkinan

Selebrasi Borussia Dortmund usai lolos ke final Liga Champions 2023/2024. (uefa.com)

Bagi Borussia Dortmund, final kali ini merupakan partisipasi mereka yang ketiga. Sebelumnya, Die Borussen sudah pernah mentas di partai puncak pada 1997 dan 2013. Namun, mereka hanya berhasil menjuarai Liga Champions pada 1997. Jika dilihat dari segi pengalaman, laga melawan Real Madrid bak melawan ketidakmungkinan.

Kendati demikian, perjalanan Dortmund menembus final juga tak boleh diremehkan. Pada fase gugur, mereka menyingkirkan tim-tim kuat, seperti PSV Eindhoven, Atletico Madrid, dan Paris Saint-Germain. Meski tidak diunggulkan, mereka bisa menebar ancaman di partai final. Selain itu, solidnya pertahanan tim juga bakal menjadi keunggulan yang bisa dimaksimalkan.

Verified Writer

Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya