TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jelang AC Milan vs Liverpool pada Matchday 1 UCL 2024/2025

Duel klasik sarat gengsi!

AC Milan melawan Liverpool di fase grup Liga Champions 2021/2022. (uefa.com)

Duel klasik bakal tersaji pada matchday pertama UEFA Champions League (UCL) alias Liga Champions Eropa 2024/2025. AC Milan akan menerima kunjungan dari Liverpool. Pertandingan ini digelar di San Siro, Rabu (18/9/2024) pukul 2.00 WIB. 

AC Milan dan Liverpool punya sejarah satu sama lain ketika berhadapan di Liga Champions. Paling ikonis adalah final 2005. Liverpool berhasil mengalahkan AC Milan secara dramatis untuk merengkuh Si Kuping Besar. 

AC Milan dan Liverpool kini bakal berebut tiga poin perdana di pertandingan pembuka Liga Champions musim ini. Lantas, seperti apa persiapan keduanya jelang pertemuan pada matchday pertama? Simak pratinjau pertandingan kedua klub melalui ulasan berikut ini!

1. Dari riwayat pertemuan, AC Milan dan Liverpool cukup berimbang

Liverpool melawan AC Milan di final Liga Champions 2004/2005. (liverpoolfc.com)

AC Milan dan Liverpool terbilang jarang bertemu di Liga Champions. Namun, pertemuan keduanya selalu membekas. Kedua tim pernah bertemu sebanyak empat kali. Pertemuan perdana AC Milan dan Liverpool terjadi di final Liga Champions 2005.

Final tersebut menjadi salah satu laga terbaik yang pernah tersaji. Liverpool secara dramatis keluar sebagai juara usai membekuk AC Milan. Liverpool comeback dari ketertinggalan 0-3 menjadi 3-3. Setelah itu, Liverpool sukses merengkuh gelar juara Liga Champions untuk kelima kalinya setelah memenangi adu penalti dengan skor 3-2. 

Sementara itu, final ulangan terjadi 2 tahun setelahnya pada 2007. AC Milan membalas kekalahan dari Liverpool dengan meraih trofi Liga Champions yang ketujuh. Adapun, terakhir kali keduanya bersua adalah fase grup Liga Champions 2021/2022. Dalam dua laga, Liverpool berhasil mengungguli AC Milan dengan memenangkan keduanya.

2. Hasil berbeda dialami AC Milan dan Liverpool pada laga terakhir di liga domestik

AC Milan (x.com/acmilan)

AC Milan menyambut laga perdana Liga Champions dengan hasil apik di Serie A Italia. Pada laga terakhir, AC Milan mengalahkan Venezia dengan skor 4-0. Namun, hasil ini sejatinya juga buruk sebab merupakan kemenangan perdana musim ini. Sebelumnya, AC Milan menderita 1 kekalahan dan 2 keimbangan. Meski demikian, ini menjadi modal penting. Terlebih lagi, AC Milan diuntungkan sebab bermain di kandang sendiri alias di San Siro yang dikenal fanatik.

Sementara, Liverpool mengalami nasib berbeda di English Premier League. Virgil van Dijk cs baru menderita kekalahan perdana musim ini. Liverpool takluk 0-1 dari Nottingham Forest. Kekalahan melawan Nottingham Forest menjadi catatan penting. Sebab, Liverpool sebelumnya mampu memenangi tiga laga awal tanpa kebobolan. Hal tersebut akan menjadi pembelajaran untuk melawat ke markas AC Milan.

Baca Juga: Milan vs Liverpool: Penyisihan Rasa Final Liga Champions

3. Pembuktian pelatih baru kedua klub di Liga Champions

Arne Slot (premierleague.com)

AC Milan dan LIverpool sama-sama ditangani pelatih baru pada 2024/2025. AC Milan ditukangi Paulo Fonseca setelah menggantikan Stefano Pioli. Sementara, Liverpool dipimpin Arne Slot yang punya tugas berat sebagai suksesor Juergen Klopp. 

Bagi AC Milan, taktik yang dijalankan Fonseca belum sesuai dengan harapan. Ini dibuktikan dengan awal musim yang kurang impresif di Serie A. AC Milan baru menang pada laga keempat. Sebelum itu, AC Milan memetik 2 keimbangan dan 1 kekalahan. 

Sementara itu, Liverpool memulai musim lebih baik di Premier League. Dari 4 laga yang sudah dijalani, Arne Slot berhasil membawa Liverpool menang pada 3 laga awal. Meski pada laga keempat mengalami kekalahan, ini menjadi bekal penting untuk membenahi skuad.

Verified Writer

Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya