TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Alasan Mengapa Amadou Onana Cocok dengan Permainan Aston Villa

Sosok gelandang bertahan yang spartan!

Amadou Onana (instagram.com/its_onana)

Aston Villa merekrut Amadou Onana dari Everton pada musim panas 2024. Ia didatangkan untuk menggantikan Douglas Luiz yang hengkang ke Juventus. Kepindahannya ini memakan biaya hingga 50 juta pound sterling atau Rp1,04 triliun. Harga tersebut membuatnya masuk ke daftar salah satu pembelian termahal klub. 

Harga mahal ini terbilang berani dibayarkan Aston Villa. Onana memang terhitung baru 2 tahun memperkuat Everton. Namun, sosoknya sebagai gelandang bertahan dinilai mampu menghadirkan stabilitas permainan. Bersama klub Merseyside tersebut, pemain berpaspor Belgia ini menjadi sosok kunci dengan telah memainkan 72 penampilan di berbagai ajang. 

Sederet kelebihan ditawarkan oleh pemain yang baru berusia 22 tahun ini. Setidaknya, ada tiga alasan mengapa Amadou Onana bakal cocok dengan gaya bermain Aston Villa di bawah asuhan Unai Emery. 

1. Sosok gelandang bertahan yang spartan

Aksi Amadou Onana saat bersama Everton. (instagram.com/its_onana)

Amadou Onana merupakan salah satu gelandang bertahan dengan tipikal bermain yang keras. Sosoknya yang tangguh dalam menjaga lini tengah tim membuatnya tak segan bermain spartan. Kualitasnya ini bisa meredam bola lawan sebelum masuk ke lini pertahanan. 

Kemampuan bertahan Onana di lima liga top Eropa pada 2023/2024 lalu impresif. Hal tersebut disokong dengan statistik dari Premier League. Dalam rata-rata per 90 menit, ia melakukan 3,06 tekel sukses, memenangkan 2,24 aerial duels, dan berhasil membuat 6,90 ball recoveries. 

Data tersebut menunjukkan bahwa Onana piawai dalam memutus serangan lawan. Ini menjadi kelebihan yang dimilikinya sebagai gelandang bertahan. Posturnya yang setinggi 195 cm memudahkannya dalam beradu fisik. Persentasenya dalam duel udara mencapai angka 74,3. Hanya ada tiga pemain yang lebih tinggi dibandingkan dirinya di Premier League musim lalu.  

2. Mumpuni soal urusan tekel dan merebut bola

Aksi Amadou Onana (kanan) saat bersama Everton. (instagram.com/its_onana)

Dengan gaya bermain yang spartan, Onana juga mempunyai keunggulan soal urusan tekel. Di antara para pemain Everton lainnya pada musim lalu, ia menempati urutan kedua dengan atribut bertahan terbaik. Jika digabungkan dengan intersep, ia menghasilkan angka 3,97 per 90 menit. 

Selain itu, Onana juga merupakan sosok yang jago dalam memutus serangan lawan. Ia kerap merebut bola dari lawan pada situasi-situasi penting. Berbekal fisiknya yang tinggi, hal itu menjadi keunggulan yang dimanfaatkannya dengan baik demi mendapatkan bola. 

Verified Writer

Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya