TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pemain Spanyol Ukir Rekor Usai Bekuk Prancis di Euro 2024

Lamine Yamal tak berhenti buat rekor! #EURO2024

Lamine Yamal (uefa.com)

Intinya Sih...

  • Spanyol melaju ke final Euro 2024 setelah mengalahkan Prancis 2-1 di semifinal.
  • Lamine Yamal mencetak gol spektakuler, memecahkan rekor sebagai pemain termuda di Euro, dan mematahkan rekor Pele.
  • Dani Olmo menjadi penentu kemenangan Spanyol dengan gol ketiganya dalam turnamen ini, menyamai rekor David Silva.

Spanyol memastikan diri melaju ke final Euro 2024 usai membekuk Prancis dengan skor 2-1 pada semifinal di Allianz Arena, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB. Fakta ini juga menandai kembalinya La Furia Roja ke partai puncak setelah 12 tahun. 

Sebenarnya, Spanyol sempat berada dalam posisi sulit saat Prancis unggul cepat lewat tandukan Randal Kolo Muani di menit sembilan. Namun, Spanyol bisa membalasnya dengan mencetak dua gol dalam kurun waktu empat menit. Gol spektakuler Lamine Yamal pada menit 21 disempurnakan oleh Dani Olmo dengan skema yang keren pula. 

Kemenangan ini tak hanya membawa Spanyol ke final Euro 2024. Pada laga ini, ada tiga pemain Spanyol yang mengukir rekor. Siapa dan apa saja rekor yang diciptakan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Lamine Yamal pecahkan rekor Pele

Lamine Yamal (uefa.com)

Sensasi Yamal terus berlanjut di Euro 2024. Setelah melakoni enam laga, akhirnya sang wonderkid menciptakan gol pertamanya di pentas internasional. Bukan hanya gol biasa, torehan pertamanya untuk Spanyol terbilang spektakuler. Dia melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, membuat bola melengkung dan menukik, membuat kiper Prancis, Mike Maignan.

Pada usia 16 tahun 362 hari, Yamal mengukir rekor sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Euro. Sebelumnya, pencetak gol termuda dicatatkan oleh pemain Swiss, Johan Vonlanthen, pada usia 18 tahun 141 hari saat melawan Prancis pada laga fase grup Euro 2004.

Selain itu, Yamal juga memecahkan rekor sebagai pencetak gol termuda di turnamen mayor Piala Dunia atau Euro. Dia melewati rekor yang dibuat Pele pada usia 17 tahun 239 hari. Legenda Brasil itu mencetak gol saat melawan Wales pada perempat final Piala Dunia 1958.  

Rekor Pele lainnya juga berhasil dipecahkan Yamal. Dia menjadi pemain termuda yang mentas di semifinal Piala Dunia atau Euro. Sebelumnya, Pele bermain pada usia 17 tahun 244 hari saat melawan Prancis pada semifinal Piala Dunia 1958. 

Baca Juga: Sindiran Keras Lamine Yamal ke Prancis Usai Spanyol ke Final Euro 2024

2. Dani Olmo samai catatan David Silva

Dani Olmo (uefa.com)

Dani Olmo menunjukkan ketajamannya di lini serangan Spanyol. Aksi individu di dalam kotak penalti Prancis yang diakhiri dengan sepakan tajamnya berujung gol, dan menjadi penentu kemenangan sekaligus membawa Spanyol ke final. 

Ini merupakan gol ketiga Olmo di Euro 2024. Opta mencatat, dia menjadi pemain pertama Spanyol yang mampu melakukannya dalam tiga laga beruntun. Sebelumnya, dia mencetak gol pada perempat final kontra Jerman dan menjebol gawang Georgia pada babak 16 besar. 

Sejauh ini, Olmo sudah mengemas tiga gol dan dua assist. Ini membuatnya menjadi pemain Spanyol dengan jumlah keterlibatan gol terbanyak di turnamen mayor. Dia menyamai pencapaian David Silva yang membuat dua gol dan tiga assist di Euro 2012 lalu.

Baca Juga: Gak Cari Alasan, Prancis Akui Kedigdayaan Spanyol

Verified Writer

Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya