TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Teun Koopmeiners, Gelandang Anyar Juventus asal Belanda

Menambah kualitas lini tengah Bianconeri

Teun Koopmeiners, gelandang anyar Juventus pada musim panas 2024 (instagram.com/teunkoopmeiners)

Juventus sedang memasuki era baru pada 2024/2025. Selain mendatangkan pelatih baru, Thiago Motta, Bianconeri juga menjual beberapa pemain yang dirasa tidak cocok bagi klub. Sejumlah pemain pun lalu didatangkan pihak klub pada bursa transfer musim panas 2024 sebagai penggantinya.

Salah satu pemain baru yang diboyong Juventus pada musim panas 2024 adalah Teun Koopmeiners dari klub Serie A lainnya, Atalanta BC. Biaya fantastis sebesar 54,7 juta euro atau Rp927 miliar mesti dikeluarkan Juventus untuk gelandang berusia 26 tahun ini. Harga yang terbilang cukup mahal, tetapi pantas mengingat kualitas yang dimiliknya. Koopmeiners sendiri telah lama mencuri perhatian berkat penampilan cemerlangnya selama membela AZ Alkmaar dan Atalanta.

Untuk mengenal lebih lanjut Teun Koopmeiners, mari simak beberapa fakta tentang dirinya berikut!

1. Teun Koopmeiners mulai mendapat sorotan bersama AZ Alkmaar

Teun Koopmeiners memulai karier profesionalnya bersama AZ Alkmaar. (instagram.com/teunkoopmeiners)

Teun Koopmeiners mengawali kariernya bersama klub lokal, Vitesse’22, sebelum bergabung dengan akademi AZ Alkmaar pada 2009. Ditempa di bawah didikan sistem akademi AZ Alkmaar, kemampuannya pun kian terasah di sana. Hingga akhirnya, penampilan mengesankannya di tim muda membuat Koopmeiners diberi debut di tim utama De Kaasboeren pada Oktober 2017. Meski masih berusia 19 tahun, ia lalu dipercaya untuk tampil dalam 31 laga di semua kompetisi 2017/2018. Koopmeiners pun turut menyumbangkan 1 gol dan 6 assist pada musim debutnya itu.

Setelah musim debut seniornya pada 2017/2018, Koopmeiners mulai tampil reguler di skuad inti. Ia dipercaya untuk mengisi pos gelandang bertahan AZ, tetapi juga sering dimainkan sebagai bek atau gelandang tengah. Performa mengesankannya bersama AZ lalu membuat Koopmeiners dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eredivisie Belanda 2020/2021.

Tak hanya menjadi andalan klub, Koopmeneiners lalu diberi kepercayaan sebagai kapten AZ Alkmaar pada 2019/2020. Ia pun memimpin rekan setimnya dalam persaingan di Eredivisie Belanda dan kompetisi antarklub Eropa hingga akhir 2021/2022. Namun, setelah 4 musim berlalu, Koopmeiners memutuskan untuk hengkang dari AFAS Stadium pada akhir 2021/2022 untuk bergabung dengan Atalanta BC. Total, 154 pertandingan dijalaninya selama berseragam De Kaasboeren dengan catatan 43 gol dan 17 assist.

2. Menjadi pemain kunci Atalanta BC selama 3 musim

Teun Koopmeiners memenangi Liga Europa 2023/2024 bersama Atalanta BC. (instagram.com/teunkoopmeiners)

Teun Koopmeiners resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Atalanta BC pada musim panas 2021. Biaya sebesar 14 juta euro atau Rp238 miliar mesti dirogoh La Dea untuk mendatangkan kapten AZ Alkmaar itu. Memilih nomor punggung 7, Koopmeiners pun langsung menjadi andalan klub asal Kota Bergamo itu.

Menariknya, jika Koopmeiners sebelumnya mayoritas dimainkan sebagai gelandang bertahan, ia lebih sering bermain sebagai gelandang serang bersama Atalanta di bawah taktik Gian Piero Gasperini. Dengan posisi dan perannya tersebut, gelandang asal Belanda itu lalu menjadi sosok vital di lini tengah klub. Selain itu, versatilitas Koopmeiners turut menambah variasi pilihan bagi sang pelatih dalam meracik taktiknya.

Bersama Atalanta, Koopmeiners dipercaya untuk tampil dalam 129 pertandingan selama 3 musim. Sebanyak 29 gol dan 15 assist mampu disumbangkannya untuk klub. Koopmeiners pun turut berperan penting dalam kesuksesan La Dea memenangi Liga Europa 2023/2024 usai menang 3-0 atas Bayer Leverkusen. Ini menjadi trofi perdana klub dalam 61 tahun terakhir. Selain itu, kemenangan Atalanta tersebut sukses mengakhiri rekor tak terkalahkan Bayer Leverkusen selama 51 laga.

Baca Juga: 6 Pencetak Gol Termuda Juventus di Liga Champions

3. Telah membela Timnas Belanda sejak kelompok usia muda

Teun Koopmeiners bersama Timnas Belanda (instagram.com/teunkoopmeiners)

Di level internasional, Teun Koopmeiners telah membela negaranya, Belanda, di kelompok usia muda sejak 2015. Debutnya bersama tim senior De Oranje baru didapatkannya pada Oktober 2020. Itu terjadi pada laga persahabatan melawan Meksiko. Perlahan tapi pasti, Koopmeiners akhirnya mulai mendapat tempat di skuad Belanda.

Kini, Koopmeiners telah mengoleksi 21 caps bersama Belanda. Ia pun turut menjadi bagian dari skuad De Oranje di Euro 2020, Piala Dunia 2022 Qatar, hingga UEFA Nations League. Pada Euro 2024, Koopmeiners sejatinya kembali diikutsertakan dalam skuad Timnas Belanda. Naas, ia mengalami cedera sepekan menjelang pagelaran bergengsi Benua Biru. Koopmeiners pun akhirnya gagal memperkuat Belanda di Euro 2024.

Verified Writer

Gilang Rama W.

A long-life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya