TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Klub yang Pernah Dibela Mikel Merino sebelum Arsenal

Sempat bermain di English Premier League

Mikel Merino (tengah) resmi diumumkan sebagai pemain baru Arsenal pada 2024/2025. (arsenal.com)

Arsenal resmi mengumumkan kedatangan gelandang Timnas Spanyol, Mikel Merino, pada bursa transfer musim panas 2024. Merino diboyong dari Real Sociedad dengan mahar mencapai 32 juta euro atau Rp548 miliar. Menandatangani kontrak berdurasi hingga Juni 2028, pemain berusia 28 tahun ini akan memakai nomor punggung 23 bersama klub Meriam London.

Arsenal sendiri akan menjadi klub kelima yang dibela Mikel Merino. Setelah memulai kariernya di Spanyol bersama Osasuna, ia sempat bergonta-ganti klub. Menariknya, Merino pernah bermain di English Premier League sebelum bergabung dengan The Gunners.

Klub mana saja yang pernah dibela Mikel Merino sebelum Arsenal? Berikut daftar namanya!

1. CA Osasuna menjadi klub awal karier sepak bola Mikel Merino

CA Osasuna merupakan klub pertama Mikel Merino. (twitter.com/Osasuna)

Mikel Merino memulai karier sepak bolanya bersama CA Osasuna. Uniknya, saat masih menimba ilmu di akademi, ia dilatih oleh sang ayah, Angel Merino. Merino senior sendiri pernah menjadi pemain Osasuna pada periode 1988—1994 dan mencatatkan hampir 300 penampilan bersama Los Rojillos.

Setelah menghabiskan waktu di tim muda Osasuna, Merino akhirnya mendapat debut di tim utama pada Agustus 2014. Ia mulai tampil reguler di posisi gelandang setelahnya. Bersama Osasuna, Merino bermain bersama tim utama dalam total 67 penampilan selama 2 musim. Sebanyak 8 gol dan 5 assist berhasil ia sumbangkan untuk klub asal Pamplona, Spanyol, itu. Marino pun turut berperan penting dalam mengantarkan Osasuna promosi ke LaLiga Spanyol pada 2015/2016 melalui jalur playoff.

2. Mikel Merino hanya membela Borussia Dortmund selama semusim

Mikel Merino bermain bersama Borussia Dortmund. (twitter.com//BVB)

Pada musim panas 2016/2017, Mikel Merino memutuskan hengkang dari Osasuna dan bergabung dengan klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund. Biaya 3,75 juta euro atau Rp64 miliar mewarnai kepindahannya ke Dortmund itu. Hanya saja, perjalanan Merino di Jerman tak seindah yang dibayangkan. Ia kewalahan bersaing dengan deretan gelandang senior milik Die Borussen.

Merino baru mendapat kesempatan di tim utama The Black Yellow pada Oktober 2016 di liga. Itu pun bermain sebagai bek. Hingga akhir 2016/2017, Merino hanya mencatatkan total sembilan penampilan di semua kompetisi. Beruntungnya, ia sempat merasakan raihan trofi DFB Pokal 2016/2017. Pada kompetisi Piala Jerman itu, Merino pernah tampil sekali di partai perempat final.

Baca Juga: Resmi, Arsenal Daratkan Mikel Merino

3. Newcastle United sempat meminjam Mikel Merino pada 2017/2018

Mikel Merino pernah menjalani masa peminjaman bersama Newcastle United pada 2017/2018. (newcastleunited.com)

Minim menit bermain, Mikel Merino lantas dipinjamkan kepada klub English Premier League, Newcastle United, pada 2017/2018. Ini menjadi sebuah kesempatan bagi gelandang asal Spanyol itu untuk memperbaiki kariernya. Tiba di Saint-James Park, Merino langsung menunjukkan performa yang meyakinkan pada awal musim.

Naas, Merino harus menderita cedera punggung menjelang pertengahan musim. Hal ini lalu berimbas kepada penampilannya. Setelah sembuh dari cedera, Merino tak sering lagi mendapatkan kepercayaan dari manajer The Magpies, Rafael Benitez. Meski begitu, ia mampu mencatatkan total 25 penampilan dengan catatan 1 gol serta 1 assist selama masa peminjamnnya tersebut.

Melihat performanya yang cukup menjanjikan, Merino akhirnya dipermanenkan Newcastle United pada 1 Juli 2018 dengan biaya 7 juta euro atau Rp120 miliar. Akan tetapi, pada 12 Juli 2018, pihak klub secara mengejutkan mengumumkan perpindahan pemain asal Spanyol itu ke Real Sociedad. The Magpies pun mendapat untung setelah menjual Merino dengan biaya 12 juta euro atau Rp205 miliar.

Verified Writer

Gilang Rama W.

A long-life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya