TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Klub yang Pernah Dibela Nico Gonzalez, Juventus Terbaru!

Selalu menjadi andalan klub

Nico Gonzalez, penyerang baru Juventus pada musim panas 2024 (juventus.com)

Juventus resmi mengumumkan Nico Gonzalez sebagai rekrutan baru mereka pada bursa transfer musim panas 2024. Gonzalez didatangkan dari klub Serie A Italia lainnya, ACF Fiorentina, dengan status pemain pinjaman selama semusim penuh. Terdapat obligasi pembelian dalam transfer ini sebesar 28,1 juta euro atau Rp482 miliar pada akhir 2024/2025.

Sepanjang kariernya, Juventus menjadi klub keempat yang dibela Nico Gonzalez. Gonzalez sendiri memulai karier di tanah kelahirannya, Argentina, sebelum malang-melintang di Eropa.

Lantas, klub mana saja yang pernah dibela Nico Gonzalez? Termasuk Juventus, berikut daftar namanya!

1. Argentinos Juniors merupakan klub profesional pertama Nico Gonzalez

Argentinos Juniors merupakan klub profesional pertama Nicolas Gonzalez. (twitter.com/AAAJoficial)

Nicolas Ivan Gonzalez atau akrab disapa Nico Gonzalez memulai karier profesionalnya bersama klub Argentina, Argentinos Juniors. Setelah menimba ilmu di akademi klub sejak belia, ia baru mendapat debut di tim utama Argentinos pada 2015/2016, di Copa Argentina. Perlahan tapi pasti, Gonzalez pun mulai mendapat tempat di tim utama klub berjuluk El Bicho itu setelahnya.

Bersama Argentinos Jrs, Gonzalez bermain di tim utama selama hampir 3 musim dengan total 47 penampilan. Dari penampilannya, ia sukses mencatatkan 11 gol dan 2 assist. Gonzalez pun turut berkontribusi penting dalam membantu klubnya menjuarai Primera Nacional (divisi dua Argentina) pada 2016/2017. Itu sekaligus memastikan mereka promosi ke kasta teratas. Berkat penampilan mengesankannya di Argentina, Gonzalez lalu direkrut klub Bundesliga Jerman, VfB Stuttgart, pada Juli 2018.

2. Gonzalez memulai perjalanannya di Eropa bersama VfB Stuttgart

Nicolas Gonzalez bersama VfB Stuttgart (twitter.com/VfB)

Nico Gonzalez resmi menjadi pemain VfB Stuttgart pada 2018/2019. Biaya sebesar 11,26 juta euro atau Rp199 miliar mesti dikeluarkan Stuttgart untuk merekrutnya. Kedatangannya di MHP Arena lantas menjadi awal dari perjalanan Gonzalez di Eropa.

Hanya saja, musim perdana Gonzalez bersama Stuttgart harus diwarnai terdegradasinya klub dari Bundesliga Jerman pada akhir 2018/2019. Di Bundesliga 2, penyerang asal Argentina ini lalu berperan penting dalam membantu tim berjuluk Die Schwaben itu kembali ke kasta tertinggi pada 2019/2020. Total, 14 gol dan 2 assist Gonzalez sumbangkan untuk Stuttgart pada musim itu. Ia lalu kembali membantu timnya bertahan di Bundesliga semusim setelahnya.

Gonzalez menghabiskan 3 musim bersama Stuttgart dengan total 79 penampilan dan sumbangsih 23 gol serta 10 assist. Sayangnya, Gonzalez lebih banyak menepi dari lapangan pada 2020/2021, musim terakhirnya di MHP Arena. Ini akibat cedera panjang yang dialaminya musim itu. Pada awal 2021/2022, Gonzalez akhirnya memutuskan hengkang dari Stuttgart untuk bergabung dengan ACF Fiorentina.

Baca Juga: 6 Pemain yang Didatangkan Fiorentina pada Musim Panas 2024

3. Namanya semakin melambung saat membela ACF Fiorentina

Nicolas Gonzalez menjadi pemain andalan ACF Fiorentina. (instagram.com/nicoigonzalez)

Nico Gonzalez mulai menjajal Serie A Italia bersama ACF Fiorentina pada 2021/2022. Tim berjuluk I Viola ini perlu merogoh kocek sebesar 24,5 juta euro atau Rp420 miliar untuk merekrutnya dari Stuttgart. Bersama Fiorentina, Gonzalez pun langsung menjadi andalan klub sejak awal kedatangannya.

Selama 3 musim berseragam Fiorentina, Gonzalez mampu mencatatkan 38 gol dan 19 assist dalam 125 laga di semua kompetisi. Kontribusinya ini turut memuluskan langkah I Viola ke final Liga Konferensi Eropa selama 2 musim berturut, 2022/2023 dan 2023/2024.

Selain itu, Gonzalez juga berhasil membantu klubnya lolos ke final Copa Italia 2022/2023. Sayang, ia tak mampu berkontribusi lebih jauh saat Fiorentina menelan kekalahan dan gagal membawa pulang trofi di ketiga final itu. Meski begitu, Gonzalez sempat masuk dalam Tim Terbaik Liga Konferensi Eropa 2022/2023.

Jika di klub-klub sebelumnya dominan dimainkan di posisi striker, Gonzalez lebih sering ditempatkan di posisi winger kanan dan beberapa kali winger kiri di Fiorentina. Hal ini membuatnya lebih leluasa bergerak dalam skema menyerang dan produktivitasnya ikut meningkat. Imbasnya, nama Gonzalez pun semakin melambung, lalu menjadi sorotan.

4. Kini, Gonzalez mencoba peruntungannya bersama Juventus

Nico Gonzalez merupakan salah satu rekrutan teranyar Juventus pada musim panas 2024. (juventus.com)

Pada musim panas 2024, Juventus melayangkan tawaran ke Fiorentina untuk mendatangkan Nico Gonzalez. Pemain berusia 26 tahun itu pun memutuskan untuk menerima tawaran tersebut. Gonzalez sendiri akan menjalani masa peminjaman selama semusim dahulu sebelum dipermanenkan Si Nyonya Tua pada 2025/2026.

Kedatangan Gonzalez diharapkan dapat menambah daya gedor di lini serang Juventus. Terlebih, ia dikenal sebagai salah satu pemain versatile yang dapat ditempatkan di berbagai posisi penyerang. Ini tentu menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan pelatih anyar Juventus, Thiago Motta, dalam menemukan formula taktik terbaiknya.

Nicolas Gonzalez akan memulai petualangannya bersama Juventus pada 2024/2025. Menarik dinanti sejauh mana ia akan berkontribusi untuk I Bianconeri. Mampukah Gonzalez bersinar di sana?

Baca Juga: 5 Penyerang Argentina yang Membela Juventus sebelum Nico Gonzalez

Verified Writer

Gilang Rama W.

A long-life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya