TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Rekor Gareth Southgate sebagai Manajer Timnas Inggris di Euro

Satu-satunya manajer yang pernah tampil di final #EURO2024

Gareth Southgate (twitter.com/England)

Gareth Soutgate berhasil membawa Inggris tampil pada partai final Euro 2024. Kepastian tersebut didapat usai menumbangkan Belanda dengan skor 2-1 pada semifinal. Pada partai final, The Three Lions sudah ditunggu Spanyol yang pada semifinal lainnya mengalahkan Prancis dengan skor serupa.

Sebagai manajer Inggris, Southgate tak jarang mendapat kritik karena dianggap tak menunjukkan permainan yang atraktif meski memiliki banyak pemain hebat. Namun, Southgate menjawab kritik tersebut dengan membawa Inggris tampil di final Euro 2024. Bahkan, Southgate memegang beberapa rekor yang cukup impresif bersama Inggris di Euro.

1. Manajer kedua yang tampil dalam dua edisi Euro bersama Inggris

Gareth Southgate (uefa.com)

Gareth Southgate merupakan manajer kedua yang pernah membesut Inggris dalam dua edisi Euro berbeda. Sebelumnya, Southgate juga menukangi Inggris di Euro 2020. Hal itu membuat Southgate menjadi manajer kedua setelah Roy Hodgson yang pernah memimpin Inggris dalam dua edisi Euro.

Hodgson menjadi manajer Inggris pada 2012 dan 2016. Dalam dua edisi tersebut, prestasi Hodgson bersama The Three Lions tak terlalu baik. Pada 2012, Inggris terhenti pada perempat final usai takluk dalam drama adu penalti kontra Italia. Empat tahun berselang, Inggris secara mengejutkan kalah dari Islandia pada 16 besar.

2. Orang kedua yang membela Inggris di Euro sebagai pemain dan manajer

Gareth Southgate gagal melakukan tendangan penalti ke gawang Jerman pada semifinal Euro 1996. (uefa.com)

Tak hanya membela Inggris di Euro sebagai manajer, Southgate juga pernah tampil di Euro ketika masih aktif sebagai pemain. Southgate masuk skuad Inggris pada 1996 dan 2000. Sayang, dalam dua edisi tersebut Southgate gagal membawa Inggris menjadi juara. Pada 1996, Inggris takluk dari Jerman pada semifinal, sementara pada 2000 Inggris gagal lolos dari fase grup.

Southgate menjadi orang kedua yang membela Inggris di Euro sebagai pemain dan manajer. Sebelum Southgate, orang pertama yang melakukan hal itu adalah Kevin Keegan. Legenda Liverpool tersebut merupakan kapten Inggris pada 1980. Ia kemudian bertukar peran sebagai manajer pada 2000.

Baca Juga: Kilas Balik 13 Stadion yang Pernah Jadi Venue Final EURO

3. Manajer dengan pertandingan dan kemenangan terbanyak di Euro bersama Inggris

Inggris menang 2-1 atas Belanda pada semifinal Euro 2024. (twitter.com/England)

Tampil dalam dua edisi Euro membuat Gareth Southgate menjadi manajer dengan penampilan terbanyak di Euro. Pertandingan kontra Belanda pada semifinal 2024 merupakan pertandingan ke-13 bagi Southgate bersama Inggris di Euro. Jumlah tersebut akan bertambah menjadi 14 pertandingan karena Inggris berhasil mencapai babak final. Southgate memecahkan rekor milik Roy Hodgson yang memimpin Inggris dalam delapan pertandingan di Euro.

Tak hanya memiliki rekor pertandingan terbanyak, Southgate juga memegang rekor sebagai manajer Inggris dengan kemenangan terbanyak di Euro. Dari 13 pertandingan, Southgate berhasil meraih kemenangan sebanyak 8 kali. Bahkan, Inggris hanya pernah sekali kalah di Euro yang didapat dari Italia pada partai final 2020.

Verified Writer

Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya