TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Terbanyak Membela Tim EPL Berbeda di Liga Champions

Raheem Sterling bermain bagi empat tim

Raheem Sterling (arsenal.com)

Intinya Sih...

  • Raheem Sterling mencetak sejarah sebagai pemain EPL paling banyak membela tim berbeda di Liga Champions.
  • Kolo Toure, William Gallas, Yossi Benayoun, dan David Batty juga pernah membela tiga tim EPL berbeda di Liga Champions.
  • Meski belum meraih gelar juara, Sterling berpotensi mengakhiri catatan buruk bersama Arsenal musim ini.

Arsenal bermain imbang tanpa gol menghadapi Atalanta pada pekan pertama Liga Champions Eropa 2024/2025, Jumat (20/9/2024). Pertandingan itu juga menjadi debut Raheem Sterling bersama Arsenal di Liga Champions. Raheem Sterling kini mencetak sejarah sebagai pemain yang paling banyak membela tim English Premier League (EPL) berbeda di Liga Champions. 

Sebelumnya, rekor itu dipegang Sterling bersama empat pemain lainnya. Mereka semua total membela tiga tim berbeda di Liga Champions. Berikut lima pemain yang paling banyak membela tim EPL Berbeda di Liga Champions.

1. Kolo Toure bermain untuk Arsenal, Manchester City, dan Liverpool di Liga Champions

Kolo Toure (x.com/Arsenal)

Kolo Toure pernah membela tiga tim EPL berbeda di Liga Champions, yakni Arsenal, Manchester City, dan Liverpool. Dari ketiga tim tersebut, Arsenal menjadi yang paling lama ia bela pada 2002--2009. Toure pernah membawa The Gunners ke final pada 2006. Saat itu, mereka gagal juara karena ditekuk Barcelona di partai puncak.

Setelah meninggalkan Arsenal, Toure sempat bermain bagi Manchester City dan Liverpool di Liga Champions. Namun, ia tak pernah membawa kedua tim itu melangkah jauh. Selain bersama tiga tim tersebut, Toure juga pernah merasakan tampil di Liga Champions bersama Celtic.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Meraih Kemenangan di UCL pada Hari Ulang Tahun

2. William Gallas membela tiga tim London berbeda di Liga Champions

William Gallas (chelseafc.com)

William Gallas pernah mentas di Liga Champions bersama tiga tim asal London. Ketiga tim tersebut adalah Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur. Sayang, Pemain asal Prancis itu tak pernah membawa ketiga tim tersebut meraih gelar juara.

Prestasi terbaik Gallas bersama Chelsea terjadi pada 2004/2005 ketika mencapai semifinal. Capaian serupa juga dibuat Gallas bersama Arsenal pada 2008/2009. Sementara itu, ia hanya mampu melangkah hingga perempat final kala membela Spurs pada 2010/2011. Selain bersama ketiga tim London tersebut, Gallas juga pernah tampil di Liga Champions bersama Marseille.

3. Yossi Benayoun pernah berkostum Liverpool, Arsenal, dan Chelsea di Liga Champions

Yossi Benayoun (liverpoolfc.com)

Yossi Benayoun pertama kali bermain di Liga Champions bersama Liverpool pada 2007/2008. Saat itu, ia mampu membawa The Reds melangkah hingga semifinal. Sayang, asa mereka untuk menembus final digagalkan Chelsea dengan agregat cukup ketat 3-4.

Benayoun kemudian memilih bergabung bersama Chelsea pada 2010. Menariknya, ketika Chelsea menjadi juara Liga Champions pada 2011/2012, Benayoun justru tak mendapat medali. Sebab, saat itu, ia tengah bermain di kompetisi yang sama bersama Arsenal dengan status pinjaman. 

4. David Batty bermain di Liga Champions bersama tiga tim non-Big Six EPL

David Batty (x.com/NUFC)

David Batty pernah tampil di Liga Champions bersama tiga tim EPL berbeda. Menariknya, ketiga tim yang dibela pemain yang berposisi sebagai Gelandang bertahan itu tak ada yang berstatus Big Six. Ketiga tim tersebut adalah Leeds United, Blackburn Rovers, dan Newcastle United.

Penampilan pertama Batty di Liga Champions terjadi bersama Blackburn Rovers pada 1995/1996. Sayang, ia tak mampu membawa Blackburn lolos ke fase gugur. Kegagalan serupa juga terjadi pada 1997/1998 ketika Batty memutuskan bergabung bersama Newcastle United. 

Prestasi terbaik Batty di Liga Champions tercipta bersama Leeds United pada 2000/2001. Ketika itu, Batty membawa Leeds melangkah hingga semifinal. Sayang, mereka gagal melewati Valencia untuk tampil di final. Batty sebelumnya juga pernah tampil pada 1992/1993, tetapi hanya sampai babak kualifikasi.

Verified Writer

Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya