TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Pemain yang Pernah Berseragam Tottenham Hotspur dan AC Milan

Emerson Royal jadi pembelian teranyar AC Milan

Emerson Royal (acmilan.com)

AC Milan telah merampungkan pembelian Emerson Royal dari Tottenham Hotspur. Pemain asal Brasil tersebut didatangkan untuk memperkuat sektor bek kanan. Emerson diikat hingga 2028 dengan opsi perpanjangan semusim.

Emerson bukanlah pemain pertama yang pernah berseragam AC Milan dan Tottenham Hotspur. Kedua tim sempat beberapa kali saling bertukar pemain meski berkompetisi di liga yang berbeda. Termasuk Emerson Royal, berikut tujuh pemain yang pernah berseragam Tottenham Hotspur dan AC Milan.

1. Jimmy Greaves menjadi pemain pertama yang berseragam Tottenham Hotspur dan AC Milan

Jimmy Greaves (premierleague.com)

Jimmy Greaves memulai karier sebagai pesepak bola bersama Chelsea pada 1957. Ia kemudian hengkang ke AC Milan pada 1961. Namun, perjalanannya di Italia hanya berlangsung sesaat. Greaves hanya melakoni 14 pertandingan dengan catatan 9 gol.

Usai kisahnya bersama AC Milan berakhir, Greaves kembali ke London dengan membela Tottenham Hotspur. Bersama Spurs, karier Greaves mencapai puncaknya. Ia membawa Tottenham Hotspur meraih 2 gelar juara Piala FA dan 1 Piala Winners. Greaves total mencetak 266 gol dari 379 pertandingan di semua kompetisi. Sebuah rekor gol yang bertahan sangat lama sebelum dipecahkan Harry Kane.

2. Carlo Cudicini menjadi satu-satunya kiper yang pernah berseragam Spurs dan AC Milan

Carlo Cudicini (acmilan.com)

Carlo Cudicini merupakan anak dari Fabio Cudicini yang merupakan salah satu kiper hebat yang pernah dimiliki AC Milan. Fabio total memainkan 183 pertandingan di semua kompetisi. Fabio juga sukses memberikan berbagai gelar juara, dari Scudetto, Coppa Italia, Piala Winners, hingga Piala Champions.

Sayang, kesuksesan sang ayah rupanya gagal diikuti oleh Carlo Cudicini. Cudicini hanya memainkan tiga pertandingan selama berada di San Siro periode 1992--1995. Ia kemudian sempat membela beberapa tim Italia sebelum akhirnya hijrah ke Chelsea pada 1999.

Sempat menjadi pilihan utama The Blues, kedatangan Petr Cech membuat posisinya tergeser. Cudicini kemudian hengkang ke Tottenham Hotspur pada 2009. Di sana ia bermain sebanyak 37 pertandingan di semua kompetisi sebelum hengkang pada 2012.

3. Edgar Davids membela Tottenham Hotspur selama 2 musim

Edgar Davids (twitter.com/SpursOfficial)

Edgar Davids datang ke AC Milan dari Ajax Amsterdam pada 1996. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu total memainkan 29 pertandingan dengan sumbangan 2 gol di semua kompetisi sebelum hengkang ke Juventus pada 1998. Selama membela Rossoneri, Davids gagal meraih satu pun trofi.

Davids kemudian sempat berkelana dengan membela Barcelona dan Inter Milan. Pada 2005, Davids berlabuh ke Tottenham Hotspur. Ia memainkan 44 pertandingan dengan catatan 1 gol sebelum pulang ke Ajax pada 2006.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Tottenham Hotspur Sepanjang Masa

4. Christian Ziege sempat diganggu cedera ketika membela Spurs

Christian Ziege (acmilan.com)

Christian Ziege lebih dulu meraih kesuksesan bersama Bayern Munich dengan meraih 2 gelar juara Bundesliga dan 1 Piala UEFA, sebelum bergabung dengan AC Milan pada 1997. Selama 2 musim berseragam Rossoneri, pemain asal Jerman itu membukukan 49 pertandingan dan 4 gol di semua pertandingan. Ziege juga turut mengantar AC Milan merengkuh Scudetto pada 1998/1999.

Ziege kemudian mulai bertualang ke Inggris dengan membela Middlesbrough dan Liverpool sebelum akhirnya berlabuh ke Tottenham Hotspur pada 2001. Sayang, kariernya bersama Spurs diganggu cedera parah yang bahkan hampir membuatnya pensiun. Pada 2004, Ziege hengkang ke Borussia Monchengladbach usai mengemas 55 pertandingan dan 10 gol di semua kompetisi.

5. Kevin-Prince Boateng sempat membela Spurs pada awal karier

Kevin-Prince Boateng (tottenhamhotspur.com)

Kevin-Prince Boateng datang ke Tottenham Hotspur pada 2007 dari Hertha Berlin. Sayang, pemain berkebangsaan Ghana itu tak mampu benar-benar menembus skuad utama. Ia sempat dipinjamkan ke Borussia Dortmund sebelum akhirnya dilepas secara permanen ke Portsmouth pada 2009.

Pada 2010, Boateng pertama kali menginjakkan kaki di Serie A Italia dengan membela Genoa. Namun, belum sekali pun tampil bagi Genoa, Boateng langsung dipinjamkan ke AC Milan sebelum akhirnya dipermanenkan. Bersama Rossoneri, Boateng sukses meraih Scudetto pada 2010/2011. Sempat bergabung dengan Schalke 04, Boateng kembali ke San Siro pada 2015.

6. Adel Taarabt pernah bermain bagi Spurs dan AC Milan dengan status pinjaman

Adel Taarabt (twitter.com/acmilan)

Adel Taarabt mengawali karier sebagai pesepak bola bersama RC Lens. Pada 2007, ia dipinjamkan ke Tottenham Hotspur sebelum akhirnya dibeli secara permanen. Sayang, pemain yang sering beroperasi di sisi tengah dan sayap itu bisa dibilang tak terlalu sukses. Ia hanya mencatatkan 12 penampilan di semua kompetisi sebelum dilego ke Queens Park Rangers pada 2010.

Selama membela QPR, Taarabt sempat menjalani masa peminjaman ke AC Milan untuk musim 2013/2014. Bersama Rossoneri, Taarabt memainkan 16 pertandingan dengan sumbangan 4 gol di semua kompetisi. Namun, AC Milan sepertinya tak tertarik untuk mempermanekan pemain asal Maroko tersebut.

Verified Writer

Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya