TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Terakhir yang Membela Arsenal dan Fulham sebelum Smith Rowe

Dua tim rival asal London

Emile Smith Rowe (fulhamfc.com)

Fulham telah merampungkan pembelian Emile Smith Rowe dari Arsenal pada bursa transfer musim panas 2024. The Cottagers mengontrak pemain berusia 24 tahun tersebut hingga musim panas 2029. Smith Rowe bisa bisa menjadi opsi serangan baru bagi Fulham karena posisinya yang cukup fleksibel.

Smith Rowe memang seakan dipinggirkan oleh Mikel Arteta pada 2023/2024. Smith Rowe hanya 13 kali diberi kesempatan turun ke lapangan di English Premier League (EPL). Hal itulah yang memantapkan pemain berkebangsaan Inggris tersebut untuk hengkang ke Craven Cottage.

Sebelum Smith Rowe, ada beberapa pemain yang lebih dulu membela dua tim asal London tersebut. Berikut lima pemain yang membela Fulham dan Arsenal sebelum Emile Smith Rowe. 

1. Calum Chambers sempat menjalani masa peminjaman ke Fulham

Calum Chambers (premierleague.com)

Calum Chambers bergabung ke Arsenal dari Southampton pada 2014. Awalnya, penampilan Chambers terlihat cukup apik ketika dimainkan di posisi bek tengah maupun bek kanan. Ia bahkan masuk nominasi Golden Boy pada 2014.

Namun, penampilan tersebut tak mampu dipertahankan oleh Chambers. Hal itu membuat menit bermainnya semakin menurun. Alhasil, ia pun beberapa kali dipinjamkan ke tim lain. Salah satu tim yang pernah meminjam Chambers adalah Fulham pada 2018/2019.

Bersama The Cottagers, Chambers menjalani peran baru sebagai gelandang. Tak disangka, penampilannya ternyata sangat memuaskan. Bahkan, Chambers terpilih sebagai pemain terbaik Fulham 2018/2019. Kini, pemain berusia 29 tahun tersebut tampil bersama Cardiff City di Championship.

2. Bernd Leno memilih hengkang ke Fulham usai meninggalkan Arsenal

Bernd Leno (arsenal.com)

Bernd Leno didatangkan Arsenal dari Bayer Leverkusen pada 2018 sebagai pengganti bagi Petr Cech yang mulai termakan usia. Kiper asal Jerman itu kemudian menjadi pilihan nomor satu selama tiga musim. Namun, posisi Leno mulai tergeser pada 2021/2022 setelah Arsenal mendatangkan Aaron Ramsdale.

Leno yang tak ingin hanya menjadi penghangat bangku cadangan memutuskan untuk menerima pinangan Fulham pada 2022. Pilihannya pun terbilang tepat karena ia kembali menjadi pilihan utama di bawah mistar. Pada 2023/2024, Leno yang tampil penuh dalam 38 pertandingan mampu mencatatkan 10 cleansheet.

Baca Juga: 5 Eks Arsenal yang Bisa Dibeli Gratis pada Musim Panas 2024  

3. Alex Iwobi merupakan pemain binaan Arsenal

Alex Iwobi (fulhamfc.com)

Alex Iwobi merupakan pemain binaan akademi Arsenal. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut kemudian promosi ke tim utama pada 2015. Iwobi total memainkan 149 pertandingan dengan koleksi 15 gol sebelum hengkang dari Emirates Stadium pada 2019.

Usai meninggalkan Arsenal, Iwobi sempat membela Everton sebelum akhirnya berlabuh ke Fulham pada 2023. Bersama Fulham, pemain asal Nigeria tersebut menjadi salah satu sosok penting di lini tengah. Pada musim pertamanya, Iwobi mencatatkan 30 penampilan dengan sumbangan 5 gol di EPL. 

4. Cedric Soares sempat dipinjamkan Arsenal ke Fulham

Cedric Soares (premierleague.com)

Cedric Soares didatangkan Arsenal dari Southampton pada 2020 dengan status pinjaman. Ia mendapat kontrak permanen setelah masa peminjamannya selesai. Sayang, performa Cedric tak mampu membuatnya menjadi pilihan utama Mikel Arteta di posisi full back.

Pada Januari 2023, Arsenal meminjamkan pemain asal Portugal tersebut ke Fulham selama setengah musim. Bersama The Cottagers, Cedric total memainkan delapan pertandingan di semua kompetisi. Sayang, Fulham sepertinya tak berminat untuk mempermanekannya. Arsenal juga dikabarkan telah melepas sang pemain.

Verified Writer

Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya