TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Pelatih Barcelona dengan Kemenangan Terbanyak pada Awal Musim LaLiga

Hansi Flick dekati rekor Tata Martino

Hansi Flick (fcbarcelona.com)

Intinya Sih...

  • Hansi Flick membawa Barcelona meraih 7 kemenangan beruntun pada awal musim LaLiga 2024/2025
  • Rekor tersebut hanya terpaut satu kemenangan dari rekor terbanyak yang dicatat Tata Martino pada 2013/2014
  • Barcelona mencetak 23 gol dan kebobolan 5 gol, menjadi tim dengan catatan gol terbanyak di LaLiga musim ini

Barcelona membuat keputusan yang tepat dengan menunjuk Hansi Flick sebagai pelatih baru untuk mengarungi musim 2024/2025. Pelatih asal Jerman itu bahkan tak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan skuad Blaugrana. Terbukti, Flick mampu membawa Barcelona berada di puncak klasemen dengan menyapu bersih tujuh pertandingan awal dengan kemenangan.

Koleksi tujuh kemenangan pada awal musim merupakan catatan terbanyak kedua dalam sejarah tim. Flick hanya berjarak satu kemenangan dengan rekor yang diciptakan Gerardo Martino pada 2013/2014. Berikut delapan pelatih Barcelona dengan kemenangan beruntun terbanyak pada awal musim.

1. James Bellamy memenangi enam laga pembuka pada 1929/1930

James Bellamy (fcbarcelona.com)

James Bellamy menjadi pelatih Barcelona periode 1929--1931. Ia merupakan pelatih pertama yang menangani Barcelona di LaLiga pada 1929. Pada musim yang sama, Bellamy sukses membawa Barcelona merengkuh gelar juara LaLiga perdana dalam sejarah tim.

Bellamy membawa Barcelona meraih enam kemenangan beruntun pada awal musim. Modal itu cukup untuk membawa mereka meraih gelar juara pada akhir musim dengan koleksi 25 poin. Barcelona berjarak dua poin dari Real Madrid yang menjadi runner-up.

2. Johan Cruyff meraih enam kemenangan pada awal musim 1990/1991

Johan Cruyff (fcbarcelona.com)

Setelah James Bellamy, tak ada pelatih Barcelona yang mampu meraih enam kemenangan beruntun pada awal musim LaLiga. Catatan tersebut baru bisa disamai Johan Cruyff pada 1990/1991. Modal apik itu berhasil diteruskan Cruyff untuk membawa Barcelona meraih gelar juara pada akhir musim.

Musim 1990/1991 merupakan awal dominasi Barcelona di LaLiga. Mereka meraih empat gelar juara LaLiga secara beruntun pada 1990/1991--1992/1994. Tak hanya itu, Cruyff juga membawa Barcelona meraih masing-masing satu Copa del Rey, Piala Winners, dan Piala Champions.

3. Louis van Gaal mencetak enam kemenangan pada 1997/1998

Louis van Gaal (fcbarcelona.com)

Louis van Gaal ditunjuk sebagai pelatih Barcelona pada 1997. Pada musim pertamanya, Van Gaal langsung membawa Blaugrana merengkuh gelar juara LaLiga. Bahkan, Barcelona dibawanya memenangi enam laga pembuka musim 1997/1998.

Enam tim yang dikalahkan Barcelona adalah Real Sociedad, Valencia, Deportivo La Coruna, Sporting Gijon, Tenerife, dan Mallorca. Rentetan kemenangan itu akhirnya terhenti pada pekan ketujuh ketika ditahan imbang 2-2 oleh Compostela. Dalam 6 pertandingan itu, Barcelona sukses mencetak 16 gol dan hanya kebobolan 4 gol.

4. Pep Guardiola mendulang enam kemenangan pada musim keduanya di Barcelona

Pep Guardiola (fcbarcelona.com)

Pep Guardiola hanya bertahan selama 4 musim bersama Barcelona pada 2008--2012. Namun, ia merupakan pelatih tersukses dengan raihan 14 trofi. Ia juga merupakan pelatih pertama yang membawa Barcelona meraih sextuple pada 2008/2009.

Salah satu prestasi apik Guardiola adalah ketika membawa Barcelona meraih enam kemenangan beruntun pada awal musim LaLiga 2009/2010. Blaugrana mampu melibas Sporting Gijon, Getafe, Atletico Madrid, Racing Santander, Malaga, dan Almeria. Catatan kemenangan itu dihentikan Valencia yang mampu menahan imbang Barcelona tanpa gol pada pekan ketujuh.

Baca Juga: 4 Pemain yang Dipinjamkan Barcelona pada Musim Panas 2024

5. Tito Vilanova meraih enam kemenangan pada 2012/2013

Tito Vilanova (fcbarcelona.com)

Tito Vilanova merupakan asisten pelatih dari Pep Guardiola. Ia kemudian diangkat sebagai pelatih utama pada 2012 ketika Guardiola meninggalkan tim. Vilanova langsung membawa Blaugrana tampil sebagai juara LaLiga pada musim pertamanya.

Gelar juara yang diraih Vilanova terbilang sangat spektakuler. Ia membawa Barcelona meraih enam kemenangan beruntun pada awal musim. Barcelona pada akhirnya keluar sebagai juara dengan koleksi seratus poin yang masih menjadi rekor hingga saat ini.

6. Hansi Flick sukses meraih tujuh kemenangan pada debutnya di Laliga

Hansi Flick (fcbarcelona.com)

Hansi Flick tampil apik pada musim awal musim 2024/2025. Pelatih asal Jerman itu membawa Barcelona meraih tujuh kemenangan beruntun pada awal musim LaLiga. Tujuh tim yang menjadi korban keganasan Barcelona, yakni Valencia, Athletic Bilbao, Rayo Vallecano, Real Valladolid, Girona, Villarreal, dan Getafe.

Dari tujuh pertandingan tersebut, Barcelona sukses mendulang 23 gol dan hanya kebobolan 5 gol. Catatan gol  Barcelona merupakan yang terbanyak di LaLiga sejauh ini. Sementara itu, jumlah kebobolan mereka hanya kalah dari Atletico Madrid yang baru kecolongan tiga gol. 

Flick saat ini harus memutar otak karena cukup banyak pemain yang mengalami cedera. Bahkan, beberapa di antaranya merupakan pemain penting, seperti Marc Andre ter Stegen, Frenkie de Jong, Ronald Araujo, hingga Dani Olmo. Beruntung, Barcelona memiliki banyak talenta muda berbakat lulusan La Masia. Peran mereka cukup terlihat di bawah arahan Flick.

7. Ernesto Valverde meraup tujuh kemenangan pada 2017/2018

Ernesto Valverde (fcbarcelona.com)

Ernesto Valverde membawa Barcelona memenangi tujuh pertandingan pembuka LaLiga 2017/2018. Blaugrana sukses menundukkan Real Betis, Deportivo Alaves, Espanyol, Getafe, Eibar, Girona, dan Las Palmas. Rentetan hasil positif itu akhirnya terhenti pada pekan kedelapan ketika hanya mampu menahan imbang Atletico Madrid 1-1.

Modal apik pada awal musim membuat Barcelona merengkuh gelar juara. Bahkan, Barcelona hampir mencetak sejarah sebagai juara LaLiga tanpa terkalahkan. Sayang, rekor apik tersebut gagal tercipta setelah takluk 4-5 dari Levante pada pekan ke-37.

8. Gerardo Martino memegang rekor dengan delapan kemenangan pada 2013/2014

Gerardo Tata Martino (uefa.com)

Gerardo Martino atau yang akrab disapa Tata Martino merupakan pelatih Barcelona dengan rekor kemenangan beruntun terbanyak pada awal musim LaLiga. Pelatih asal Argentina itu membawa Blaugrana merengkuh delapan kemenangan beruntun pada awal musim 2013/2014. Catatan apik tersebut dihentikan Osasuna pada pekan kesembilan.

Sayang, awal musim yang impresif gagal membuat Barcelona menjadi juara. Mereka hanya menempati peringkat kedua di bawah Atletico Madrid. Hasil imbang kontra Atletico Madrid pada pekan terakhir membuat mereka gagal keluar sebagai juara. 

Hansi Flick hanya tertinggal satu kemenangan dari rekor yang dibukukan Tata Martino. Flick bisa menyamai rekor tersebut jika meraih kemenangan kontra Osasuna pada pekan kedelapan

Baca Juga: 3 Pelatih Barcelona yang Memenangkan 7 Laga LaLiga Pertamanya

Verified Writer

Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya