TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menilik Rekor Manchester United Melawan Tim Eredivisie di Kancah Eropa

Manchester United akan bertemu FC Twente

Manchester United mengalahkan Ajax Amsterdam di final Liga Europa 2017. (uefa.com)

Manchester United mengawali kiprah mereka di Liga Europa 2024/2025 dengan menjamu FC Twente di Old Trafford pada Kamis (26/9/2024). Ini akan menjadi pertemuan pertama kedua tim. Namun, Twente bukanlah tim Eredivisie Belanda pertama yang menjadi lawan Manchester United di kompetisi Eropa.

The Red Devils beberapa kali bertemu wakil Belanda di Liga Europa atau Liga Champions. Bahkan, ada yang menjadi lawan pada partai final. Berikut enam tim Eredivisie yang menjadi lawan Manchester United di kancah Eropa.

1. Willem II Tilburg menjadi tim Eredivisie pertama yang dihadapi Manchester United

Willem II menghadapi Manchester United pada babak pertama Piala Winners 1963/1964. (willem-ii.nl)

Willem II Tilburg menjadi tim Eredivisie pertama yang dihadapi Manchester United. Pertemuan itu terjadi pada babak pertama Piala Winners 1963/1964. Bagi Willem, itu merupakan kompetisi Eropa pertama yang mereka mainkan sepanjang sejarah tim.

Pada leg pertama, Manchester United secara mengejutkan hanya mampu bermain imbang dengan skor 1-1. The Red Devils baru tampil ganas ketika gantian menjadi tuan rumah pada leg kedua. Tak tanggung-tanggung, Willem dihajar dengan skor telak 6-1 yang membuat agregat akhir menjadi 7-2.

2. Manchester United belum pernah kalah melawan AZ Alkmaar

AZ Alkmaar menahan imbang Manchester United pada fase grup Liga Europa 2019/2020. (uefa.com)

Pertemuan antara Manchester United dan AZ Alkmaar terjadi pada fase grup Liga Europa 2019/2020. Manchester United dan AZ Alkmaar tergabung di Grup L bersama Partizan dan Astana. Pada pertemuan pertama yang digelar di kandang AZ, kedua tim berbagi angka setelah pertandingan selesai tanpa gol. 

Pada pertemuan kedua yang digelar di Old Trafford, Manchester United tampil lebih baik. The Red Devils mampu mengandaskan AZ dengan skor telak 4-0. Mason Greenwood mencetak brace, sementara Ashley Young dan Juan Mata masing-masing menyumbang satu gol.

Kedua tim sama-sama lolos ke fase gugur dengan Manchester United sebagai juara grup dan AZ sebagai runner-up. Langkah AZ terhenti pada babak 32 besar dari LASK. Sementara itu, Manchester United melaju hingga semifinal sebelum dikandaskan Sevilla.

3. Manchester United lebih dominan atas Feyenoord Rotterdam

Manchester United mengalahkan Feyenoord Rotterdam pada fase grup Liga Europa 2016/2017. (uefa.com)

Manchester United dan Feyenoord Rotterdam pernah dua kali tergabung di satu grup kompetisi Eropa. Pertemuan pertama terjadi di Liga Champions 1997/1998. Pertemuan kedua terjadi di Liga Europa 2016/2017.

Dari empat pertandingan, Manchester United lebih dominan dengan raihan tiga kemenangan. Mereka meraih dua kemenangan pada 1997/1998 dengan skor 2-1 dan 3-1. The Red Devils juga menang 4-0 pada 2016/2017. Sementara itu, Feyenoord hanya mampu meraih satu kemenangan pada 2016/2017 dengan skor 1-0.

Baca Juga: 5 Pemain Serie A yang Menyeberang ke Eredivisie pada 2024/2025

4. PSV Eindhoven menjadi tim Eredivisie yang paling sering dihadapi Manchester United

PSV Eindhoven mengalahkan Manchester United pada fase grup Liga Champions 2015/2016. (uefa.com)

PSV Eindhoven menjadi tim Eredivisie yang paling sering menjadi lawan Manchester United. Kedua tim total berhadapan sebanyak enam kali. Rekor keduanya terbilang seimbang karena sama-sama meraih dua kemenangan dan sisanya berakhir imbang.

Kedua tim pertama kali bertemu pada babak pertama Piala UEFA 1984/1985. Pada leg pertama, Manchester United hanya mampu bermain imbang tanpa gol kontra PSV. Pada leg kedua, gol tunggal Gordon Strachan pada perpanjangan waktu membawa Manchester United lolos ke babak berikutnya.

Kedua tim kembali bertemu pada fase grup Liga Champions 2000/2001. PSV memenangi pertemuan pertama dengan skor 3-1. Skor serupa kembali terjadi pada pertemuan kedua, tetapi untuk kemenangan Manchester United.

Manchester United dan PSV terakhir kali berhadapan pada fase grup Liga Champions 2015/2016. Kali itu, Manchester United gagal meraih kemenangan. Mereka takluk 1-2 di kandang PSV dan hanya mampu bermain imbang tanpa gol di Old Trafford.

5. Ajax Amsterdam menjadi lawan Manchester United pada final Liga Europa 2017

Manchester United mengalahkan Ajax Amsterdam di final Liga Europa 2017. (uefa.com)

Ajax Amsterdam menjadi satu-satunya tim Eredivisie yang pernah dihadapi Manchester United di final kompetisi Eropa. Pertemuan itu terjadi pada final Liga Europa 2017. Saat itu, Manchester United keluar sebagai pemenang berkat dua gol dari Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan.

Sebelumnya, Manchester United dan Ajax pernah berjumpa pada babak kedua Liga Europa 2011/2012 dan babak pertama Piala UEFA 1976/1977. Dalam empat pertemuan tersebut, kedua tim sama-sama meraih dua kemenangan. Namun, Manchester United menjadi tim yang selalu meraih tiket ke babak berikutnya karena unggul secara agregat.

6. FC Twente menjadi lawan perdana Manchester United di Liga Europa 2024/2025

FC Twente (x.com/fctwente)

FC Twente menjadi tim pertama yang akan dihadapi Manchester United di Liga Europa 2024/2025. Manchester United sedikit diuntungkan karena pertandingan tersebut dihelat di Old Trafford. Pertandingan ini juga merupakan pertemuan pertama kedua tim di kompetisi Eropa.

Manchester United di atas kertas memang lebih diunggulkan. Namun, mereka harus tetap waspada dengan kejutan yang siap diberikan Twente. Sebab, Twente merupakan penghuni peringkat ketiga Eredivisie 2023/2024.

Kita juga akan menyaksikan penampilan Mees Hilgers, yang telah memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Hilgers yang berposisi sebagai bek akan diuji oleh barisan penyerang Manchester United. Hilgers saat ini bermain reguler sebagai benteng di lini belakang Twente.

Manchester United bersiap menghadapi FC Twente pada pertandingan pembuka Europa League 2024/2025. Mereka harus tetap waspada meski memiliki rekor cukup apik ketika menghadapi wakil Eredivisie, terutama di Old Trafford.

Baca Juga: 3 Kemenangan Terbesar Manchester United Sedekade Terakhir

Verified Writer

Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya